Tips Untuk Memilih Tablet Windows OS

Saya baru sekali sih beli yang namanya tablet dengan sistem operasi yang menggunakan OS yang biasanya dipakai di komputer maupun laptop. OS yang saya maksud adalah OS Windows 10 yang dibuat oleh Microsoft. OS ini masih terbilang baru walaupun sudah beberapa tahun yang lalu diluncurkan, saya menyebutnya baru karena OS ini memang masih belum stabil hingga sistemnya terus ada yang baru lagi dan lagi.

Dari pengalaman saya yang pertama kali beli tablet windows, saya tidak begitu puas karena beberapa hal yang ada pada tablet tersebut. Dari situ saya akan menjabarkan beberapa poin penting ketika ingin memilih tablet dengan OS Windows ini.

  1. ROM, ukuran minimal rom yang saya sarankan agar tablet windows cukup maksimal adalah 32GB itupun hanya akan tersisa sekitar 15GB saja. dan alasan lain adalah untuk kedepannya Windows akan selalu Update, dibutuhkan minimal ruang kosong sebesar 8GB untuk Windows Update.
  2. Jangan Pilih Tablet Hibrid dengan dual OS misalnya dengan android. Kenapa? Bukannya Bagus?. Menurut saya, Windows itu memang bisa berdampingan dengan OS lain, tapi sistem di balik dual OS nya itu yang akan menghambat proses maintenance dari OS windows nya itu sendiri.
  3. Pilih Tablet Windows yang memiliki Support dan Driver yang dapat di-download dari situs resminya. Dari Pengalaman saya sendiri cukup sulit untuk mendapat Driver untuk tablet windows saya. Sebaiknya segera backup Driver dengan menggunakan software tertentu agar nantinya tidak pusing lagi saat mencari driver.
  4. Pilih Tablet Windows yang memiliki pengaman pada OTG, agar dapat meminimalisir terjadinya short yang berakibat fatal pada lubang USB. kenapa? karena windows mendukung lebih banyak perangkat USB yang dapat disambungkan.
  5. Prosesor, Sebagian prosesor yang digunakan adalah Intel, dan kartu grafis yang menjadi default adalah Intel HD Graphics. menurut saya untuk beberapa game tidak begitu baik berjalan. untuk bekerja menggunakan aplikasi office terbilang sangat lancar. (untuk proci tipe Zxxxx). pilihlah Proci yang terbaru dengan kemungkinan adanya peningkatan.
  6. Sebagian prosesor Intel Atom akan terasa panas, dan sayangnya saya tidak bisa merekomendasikan ini, karena dari pengalaman memang intel pada panas dibanding qualcomm atau mediatek.
  7. Pilihlah Tablet dengan ekspansi USB slot tambahan, sebaiknya pilih tablet dengan slot USB dan charger yang terpisah.
  8. Memilih tablet windows dengan dock keyboard tambahan, pilihlah dock yang kuat menempel dengan tablet, pada beberapa artikel yang saya baca tablet dengan dock keyboard bawaan tidak dapat maksimal jika docking tidak menempel pada slot docking pada tablet.
  9. Ukuran layar, bagi yang terbiasa dengan ukuran minimal 11.6″ ke atas pasti akan merasakan lelah jika menggunakan ukuran layar yang kecil. ukuran yang saya sarankan adalah 9 inch ke atas karena 8 inch apalagi 7inch cukup tidak nyaman digunakan dalam penggunaan aplikasi desktop windows.

Sekian dulu untuk saat ini.