Pentingnya Privasi

Saya pikir dengan laman ini bisa mengedukasi setidaknya sedikit pengetahuan saya tentang privasi. laman ini tulisannya gak akan terlalu panjang dan hanya mengingatkan kita akan privasi. Sepertinya gak akan banyak yang baca laman ini juga meski saya taruh link nya di tempat yang strategis di website ini. oke lah.

Jadi privasi ini apa? kalau menurut saya privasi ini adalah hal-hal yang seharusnya tidak diketahui publik. contoh paling gampangnya nih, nomer hp kamu, alamat kamu, akun asli kamu, muka kamu, nomor rekening kamu, gajimu berapa, password kamu, bahkan makanan favorit kamu bisa juga. ini berlaku juga untuk tidak mempublikasikan milik orang lain.

Privasi ini menurut saya gak diajarkan di sekolah maupun di perguruan tinggi, yang akhirnya orang Indonesia kebanyakan tidak mengerti akan hal ini. Bahkan yang sudah dewasa.

Di Australia saja, privasi ini sebenernya sudah menjadi budaya sejak kecil, di mana kita itu harus menghargai orang lain dengan cara menjaga privasi orang tersebut. semisal dengan tidak memfoto teman sendiri tanpa izin, tidak mem-video tanpa izin. tidak membuka aib orang lain.

Padahal kalau kita sudah kerja di suatu perusahaan ya, privasi ini sangat penting terutama menyangkut kerahasiaan perusahaan. Jika kita tidak teredukasi tentang privasi, suatu ketika ketika kita tidak sengaja membeberkan rahasia perusahaan, maka kita bisa mendapatkan sanksi bahkan dipecat. Seperti yang terjadi pada kasus unboxing Ducati di Mandalika.

Fokus saya, privasi ini sebenarnya ingin mengedukasi pembaca yang bercita-cita ingin menjadi konten kreator seperti youtuber. Youtuber bukan hanya sekedar mem-videokan sesuatu. Youtuber saat ini harus pintar, terutama dalam hal pengetahuan privasi, jangan sampai terlena demi konten dan uang, kita mengabaikan privasi diri sendiri bahkan privasi orang lain.

Sebenarnya konten youtuber di Indonesia ini banyak sekali privasi yang dilanggar, karena mungkin kita kurang teredukasi tentang apa-apa yang boleh dan apa-apa yang tidak boleh dipublikasikan.

Saya hanya ingin menyarankan, jika kita ingin menjadi konten kreator, belajarlah privasi sebelum hal buruk menimpa kita.