Pengertian Glosarium Oleh Glosarium.ORG

Daftar istilah memiliki beberapa macam, misalnya kamus dan glosarium, ada juga yang disebut dengan terminologi (bukan berarti terminal hehe tapi termĀ atau istilah). Perbedaan antara kamus dan glosarium ada pada bentuk, isi, dan penempatannya.

Kamus biasanya berbentuk buku seutuhnya, memiliki isi yang berkenaan dengan makna dan istilah kata, struktur dari daftarnya rapi dan alfabetis, terdapat tag kata awal dan akhir untuk mengenali pada setiap halamannya, terdapat cara membaca dan kode simbol tertentu untuk menjelaskan mengenai kata kerja, subjek, dan lain sebagainya. Pencariannya mudah karena terdapat indeks di dalamnya.

Sedangkan Glosarium bentuknya biasanya hanya satu sampai beberapa halaman saja, isi nya adalah penjelasan istilah asing atau belum diketahui sebelumnya dari sebuah buku, daftar istilah pada glosarium biasanya tidak alfabetis dan kadang tidak memiliki struktur untuk memudahkan pencarian (karena memang tidak begitu diperlukan), Tetapi pada beberapa buku pelajaran dan buku tertentu dapat kita temui glosarium yang alfabetis. Biasanya daftar istilah dirangkum mulai dari isi awal sebuah buku hingga akhir. Glosarium lebih sering ditempatkan pada halaman akhir dari sebuah buku.

Persamaan dari Kamus dan Glosarium adalah menerangkan suatu istilah secara umumnya.

Untuk Terminologi, saya belum mengetahui lebih lanjut tentang ini, akan tetapi terminologi memiliki kesamaan dengan Glosarium.