Komputer nyala tapi monitor gelap, cara mengatasi mudah

Minggu lalu saya menerima komputer dengan kondisi ketika dinyalakan komputernya hanya menyala kipas dan lampu nya saja. tetapi kondisi layar tidak menyala sama sekali dan monitor berada di mode saving energy yang artinya tidak ada sambungan sama sekali dari adaptor vga yang ada di CPU.

Setelah ditelusuri hingga membongkar berkali-kali seluruh bagian CPU, tetap saja belum membuahkan hasil yang bagus, kadang komputer dapat menyala kadang kembali lagi kondisinya menyala tapi layar mati.

Akhirnya karena komputer yang saya terima kondisinya cukup lama dan tidak begitu terawat oleh pemilik sebelumnya. saya putuskan untuk membersihkan setiap slot (yg male nya) kuningan yang ada di VGA, RAM, Kabel Sata, dan Slot Sata. saya bersihkan dengan penghapus merek fayberkastel haha. bersihkan secara perlahan lempengan kuningan pada setiap komponen tersebut dengan menggunakan penghapus hingga warna kuningannya tidak keruh alias kinclong lagi.

OK semua sudah bersih dan kinclong saatnya kembali dipasang dan hidupkan kembali komputer agan, selamat jika sudah nyala di tahap ini.

Masih belum nyala? Ada kemungkinan kendor pada bagian slot VGA, RAM, Kabel Sata, dan Slot Sata. dari pengalaman saya pada bagian RAm dan VGA slotnya kendor, saya coba untuk menekannya dengan cukup lalu menyalakan kembali komputer.

Masih belum nyala? Ada kemungkinan RAM tidak terbaca sempurna (rusak), segera lepas dan ganti. tapi sebelum ganti gunakan cara di atas yaitu membersihkan lempengan kuningan dari RAM dengan penghapus hingga mengkilap kuningnya.

Masih belum nyala? Ada kemungkinan kabel video (VGA, HDMI, dvi) Rusak, ganti dengan yang baru.

Masih belum nyala? Ada kemungkinan komponen inti seperti motherboard mengalami gangguan (rusak)

Semoga dapat membantu.