agregat

agregat adalah . arti agregat di Pelajaran & Umum

Berikut ini adalah arti . definisi dari kata agregat . glosarium yang ada di dalam kategori Pelajaran & Umum . mencakup di antaranya adalah: Bahasa Indonesia, Malaysia, PKN, IPA, IPS, Sosiologi, Biologi, Fisika, Hukum, Kesehatan, Geologi, Politik, Psikologi, dan lain sebagainya di Laman Update

Glosarium BidangPengertian agregat adalah:
Kamus istilah Teknik Sipilagregat : bahan batu-batuan yang netral dan merupakan bahan campuran beton (pasir, kerikil, batu pecah dll)
agregat : material granular misalnya pasir, kerikil, batu pecah dan kerak tungku pijar yang digunakan bersama-sama dengan suatu media pengikat untuk membentuk suatu beton atau adukan semen hidraulik
agregat : material granular misalnya pasir, kerikil, batu pecah dan kerak tungku pijar yang dipakai bersama-sama dengan suatu media pengikat untuk membentuk suatu beton semen hidraulik atau adukan
agregat : sekumpulan butir-butir batu pecah, kerikil, pasir atau mineral lainnya, baik berupa hasil alam maupun hasil buatan (asat.staff.umy.ac.id)
agregat : Material Pencampur campuran beton.
agregat : Sebuah campuran pasir dan batu, komponen utama dari beton.
Kamus BahasaPengertian agregat adalah:
Kamus Bahasa Indonesia (KBBI)agregat : ag.re.gat [n] (1) hasil proses agregasi; (2) mesin kecil pembangkit listrik; (3) Tan bahan-bahan mineral tidak bergerak, misal pasir, debu, batu, kerikil, pecahan batu yang bercampur semen, kapur, atau bahan aspal untuk mengikat campuran itu menjadi seperti beton; (4) Far satuan yang terbentuk oleh partikel yang terhimpun dalam suatu kelompok
Kamus Malaysia (Dewan)agregat : (agrégat) I : IB bp enjin utk membangkitkan tenaga elektrik.
agregat : (agrégat) II : jumlah: dia mendapat ~ yg baik dlm peperiksaan SRP.
Dalam entri KBBI Resmi (kbbi.kemdikbud.go.id/entri/agregat) agregat juga memiliki arti jumlah skor setelah dua tim yang sama melakukan pertandingan kandang dan tandang (tentang sepak bola) misalnya saat Indonesia melawan Thailand pada final asean. Indonesia menang pada laga kandang akan tetapi kalah telak pada laga tandang. meski menang di laga kandang. akan tetapi jumlah gol 2 laga kalah.

kata agregat berkaitan dengan kata agregasi yang berarti pengumpulan sejumlah benda yang terpisah-pisah menjadi satu kesatuan. sifat agregasi disebut agregatif.

Macam istilah agregat
agregat campuran : bahan batu-batuan yang netral (tidak bereaksi) dan merupakan bentuk sebagian besar beton (misalnya: pasir, kerikil, batupecah, basalt)
agregat halus adalah pasir alam sebagai hasil disintegrasi ‘alami’ batuan atau pasir yang dihasilkan oleh industri pemecah batu dan mempunyai ukuran butir terbesar 4,75 mm (No.4) (SNI 1969:2008) sumber lain menjelaskan agregat halus adalah pasir alam sebagai hasil desintegrasi alami batuan atau pasir yang dihasilkan oleh industri pemecah batu dan mempunyai ukuran butir terbesar 5,0 mm (asat.staff.umy.ac.id)
agregat kasar : adalah kerikil sebagai hasil disintegrasi ‘alami’ dari batuan atau berupa batu pecah yang diperoleh dari industri pemecah batu dan mempunyai ukuran butir antara 4,75 mm (No.4) sampai 40 mm (No. 1½ inci) (SNI 1969:2008)
agregat kering : [Tan] partikel tanah majemuk atau sekunder yang tidak dihancurkan oleh penyaringan kering
agregat ringan : agregat dengan berat isi kering oven gembur maksimum 1100 N (Revisi SNI 03-3402-1994). sumber lain menjelaskan agregat ringan adalah agregat yang dalam keadaan kering dan gembur mempunyai berat isi sebesar 1 100 kg/m 3 atau kurang (SNI 1969:2008)
agregat slag : limbah besi dan baja berbentuk bongkah panas yang telah diproses melalui penyemprotan air tekanan tinggi sehingga bongkahan slag pecah menjadi ukuran butir tertentu (asat.staff.umy.ac.id)
agregat standar : batu kapur (setara dengan batu kapur Monon Stone Co) berukuran lolos saringan 19,0 mm dan tertahan saringan No. 4 (4,75 mm) (asat.staff.umy.ac.id)
agregat ukuran tunggal (single sized) : adalah agregat yang ukuran butirannya sama (SNI 1970:2008) (asat.staff.umy.ac.id)
Sinonim: : agregat
n gabungan, komposit, konglomerasi, konglomerat, massa
Last modified: 6 February 2018
Kontributor: Kang GlosarID

Simpan Atau Bagikan Di Sosmed? Facebook - Twitter - Google+ - Linkedin

Daftar Istilah
Entri

Sekilas apa itu Glosarium.org

Multi-glosarium Daring mengumpulkan beraneka daftar pengertian kata-kata baru dan definisi peristilahan kata dari informasi buku maupun website lokal dan internasional di dunia maya (Internet) yang menjadikannya cakupan di Glosarid lebih luas daripada sebuah kamus bahasa biasa. Glosarid dapat diakses dari perangkat komputer maupun ponsel cerdas (Smartphone) melalui Browser.

Fungsi dibuatnya situs adalah untuk memudahkan pencarian mengenai pengertian . jenis kata yang bersangkutan . penggunaan istilah mengandung maksud kata (definitif) bervariasi dan makna ganda (ambigu) agar tidak ada keraguan akan makna isi kata dan penggunaan kata atau istilah tersebut di saat, tempat, dan bidang yang tepat.

Dalam pengembangannya situs ini . data tersedia dikumpulkan dan dicari melalui website, ebook, buku tahun 2008 s/d sekarang berupa:

  • Glosarium, Glosarium sendiri adalah suatu daftar alfabetis mengenai istilah dan penjelasan pengertiannya dalam ranah pengetahuan tertentu. umumnya istilah yang disajikan relevan dengan bidang ilmu atau kegiatan tertentu.
  • Glosarium dwibahasa. berasal dari glosarium di luar bahasa Indonesia yang didefinisikan ke dalam bahasa Indonesia.
  • Terjemahan atau translate. hasil mendefinisikan dari misalnya bahasa Inggris, Jepang, Arab, DLL.
  • Ekabahasa satu bahasa misal KBBI yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Untuk KBBI daring resmi dapat menuju website yang beralamat di http://kbbi.kemdikbud.go.id
  • Dwibahasa, yang sifatnya bilingual atau kedwibahasaan ialah perihal pemakaian dua bahasa seperti bahasa daerah dan bahasa nasional.
  • Umum, maksud nya disini adalah istilah yang pada umumnya digunakan akan tetapi artinya tidak terdapat pada kamus tertentu. misal kata-kata yang digunakan oleh sopir angkot maupun truk.
  • Tidak baku. misal arti kata tidak terdapat pada KBBI. atau kata yang ada di KBBI tetapi salah dalam penyebutan ataupun dalam penulisannya.
  • Bahasa komunitas tertentu yang biasanya seperti pada forum misalnya seperti kaskus dan jual beli yang pengertiannya hanya dimengerti oleh anggota dari komunitas tersebut.
  • Bahasa daerah yang ada di Indonesia
  • Kata dasar yang merupakan acuan untuk kata turunan.
  • Istilah mata pelajaran SD, SMP, SMA/SMK, buku BSE, ekstrakulikuler
  • Singkatan, akronim, thesaurus. dll
dan masih terdapat banyak kategori lainnya. kesemuanya berasal dari ribuan referensi yang diriset dan dipadukan menjadi satu sebagai Multi-glosarium oleh Glosarid. semoga dapat membantu yang sedang belajar kata menurut bidang tertentu.

  • Pada tabel sebelah kiri merupakan subjek bidang, atau mata pelajaran.
  • Arti kata ditampilkan berdasarkan bidang atau mata pelajaran yang ada di tabel sebelah kiri dan ditempatkan di sebelah kanan tabel untuk memudahkan penggunaan.
Telusuri?