working interest

Apa itu working interest? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari working interest. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian working interest adalah:

Subjek Definisi
Migas (Lemigas) (Minyak dan Gas) ? working interest : kepentingan kerja : Kepentingan atau hak penuh atas konsesi migas; dibedakan dari hak atas royalti atau kepentingan atas keuntungan bersih.(ep) (lemigas.esdm.go.id)
Definisi ?

Working Interest (WI) merujuk pada bagian dari kepentingan atau hak kepemilikan dalam suatu proyek atau aset sumber daya alam, seperti minyak, gas, atau tambang, di mana pemiliknya bertanggung jawab atas biaya operasi, pemeliharaan, dan eksploitasi aset tersebut. Dalam industri minyak dan gas, WI adalah bagian dari produksi yang menjadi tanggung jawab pemiliknya untuk biaya produksi, termasuk biaya operasional, pengeboran, pengembangan, dan infrastruktur yang terkait.

Pemilik working interest juga memiliki hak untuk menerima bagian dari produksi bersih dari aset tersebut sesuai dengan proporsi kepemilikan mereka. Bagian dari produksi yang diterima oleh pemilik WI biasanya lebih besar daripada bagian mereka dalam investasi karena mereka bertanggung jawab atas biaya operasional penuh.

Namun, perlu diingat bahwa dalam kemitraan atau kesepakatan kerjasama, ada kemungkinan bagi pemilik WI untuk menjual atau mentransfer sebagian atau seluruh kepentingan mereka kepada pihak lain, yang dapat mengubah proporsi dari kepentingan kerja mereka di dalam aset tersebut.

Prnggunaan Kata

Industri Minyak dan Gas: Dalam konteks ini, Working Interest merujuk pada kepemilikan atau bagian dari produksi minyak atau gas di suatu area atau sumur. Pemilik working interest bertanggung jawab atas biaya operasi, eksplorasi, dan pengembangan serta berhak atas bagian dari produksi bersih sesuai dengan proporsi kepemilikannya.

Pembagian Kepentingan di Aset atau Proyek: Dalam kemitraan atau kepemilikan bersama aset atau proyek lainnya, Working Interest menentukan tanggung jawab atas biaya dan potensi keuntungan yang akan diperoleh dari proyek tersebut. Ini bisa berlaku untuk berbagai bidang, tidak hanya sumber daya alam, di mana kepemilikan dan tanggung jawab berdasarkan proporsi Working Interest.

Investasi dan Kemitraan Bisnis: Dalam konteks investasi atau bisnis, Working Interest bisa merujuk pada kepemilikan atau bagian yang dimiliki seseorang atau perusahaan dalam suatu entitas atau proyek. Ini bisa mempengaruhi keputusan investasi, tanggung jawab, dan pembagian keuntungan atau kerugian.

Pembagian Keuntungan dan Biaya: Penggunaan lain dari Working Interest adalah untuk menentukan bagian dari pendapatan atau kerugian yang akan diterima atau ditanggung oleh pemiliknya. Ini penting dalam menentukan tanggung jawab finansial dan potensi keuntungan di antara pihak-pihak yang terlibat dalam suatu proyek atau bisnis.

Perjanjian dan Kontrak: Dalam perjanjian bisnis atau kontrak, istilah Working Interest digunakan untuk menetapkan hak dan kewajiban masing-masing pihak yang terlibat dalam proyek atau pengelolaan aset tertentu.

Cerita

Di kota kecil yang terletak di lembah subur, ada sebidang tanah yang dikenal sebagai Lahan PetroVale. Tanah ini memiliki potensi besar untuk menyimpan cadangan minyak yang melimpah. Dulu, seorang petani bernama Jonas memiliki seluruh tanah itu. Namun, Jonas tidak memiliki pengetahuan tentang potensi minyak di lahan tersebut.

Suatu hari, seorang geologis bernama Dr. Rachel berkunjung ke kota kecil itu. Dia tertarik pada geologi Lahan PetroVale dan meyakini ada potensi besar di sana. Rachel mengajak Jonas untuk bekerja sama. Mereka membuat kesepakatan: Rachel akan mengeksplorasi dan mengebor lahan tersebut, dan jika dia menemukan minyak, Jonas akan mendapatkan bagian dari keuntungan.

Kesepakatan mereka mewakili penerapan Working Interest. Rachel memiliki keahlian dan sumber daya untuk menjalankan eksplorasi dan mengebor, sehingga dia mendapatkan working interest. Sebagai pemilik tanah, Jonas tetap memiliki hak atas sebagian dari keuntungan (meskipun lebih kecil dari Rachel) karena tanah itu miliknya.

Rachel mulai bekerja, mengeksplorasi lahan dengan tekun. Dia menemukan deposit minyak yang besar. Produksi dimulai, dan uang mulai mengalir. Rachel memperoleh sebagian besar keuntungan dari hasil produksi karena dia bertanggung jawab atas biaya operasi penuh, sesuai dengan proporsi Working Interest-nya.

Jonas, sebagai pemilik lahan, mendapatkan bagian kecil dari keuntungan, tetapi tetap senang karena tanahnya memberinya peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus melakukan banyak pekerjaan. Mereka berdua berhasil karena bekerja sama dengan membagi risiko dan manfaat sesuai dengan kesepakatan Working Interest yang mereka buat.

Istilah Terkait

Net Revenue Interest (NRI) (Kepentingan Pendapatan Bersih)
NRI mengacu pada bagian dari hasil produksi yang diterima oleh pemilik WI setelah dikurangi dengan beban pajak dan biaya lainnya. Ini adalah bagian dari pendapatan kotor setelah dikurangi dengan deduksi-deduksi tertentu.

Joint Operating Agreement (JOA) (Perjanjian Operasi Bersama)
JOA adalah perjanjian antara pihak-pihak yang memiliki kepentingan dalam suatu proyek sumber daya alam, yang mengatur tanggung jawab, biaya, dan pengelolaan operasional bersama.

Carried Interest (Kepentingan yang Dibawa)
Carried interest adalah situasi di mana satu pihak mengambil tanggung jawab penuh atas biaya operasional atau eksplorasi atas nama pihak lain yang memiliki kepentingan, namun tidak perlu membayar sebagian atau seluruh biaya tersebut.

Working Interest Owner (Pemilik Kepentingan Kerja)
Merujuk pada pemilik atau pihak yang memiliki tanggung jawab atas biaya operasional dan pemeliharaan di suatu proyek sumber daya alam.

Overriding Royalty Interest (ORRI) (Kepentingan Royalti Tambahan)
ORRI adalah bentuk kepentingan dalam produksi minyak atau gas yang memberikan hak atas sebagian pendapatan tanpa memerlukan tanggung jawab atas biaya operasional. Ini serupa dengan royalty, tetapi ORRI biasanya terkait dengan kontrak spesifik.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata working interest, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai working interest secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “working interest” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.