Cari Arti Kata

wild type

Apa itu wild type? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari wild type. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian wild type adalah:

Subjek Definisi
Microbiology ? wild type : Strain of a microorganism that is isolated from nature. The native and original form of a gene or organism.
Definisi ?

Wild type atau tipe liar adalah istilah yang sering digunakan dalam biologi untuk merujuk kepada organisme yang memiliki karakteristik genetik atau fenotipik yang umum atau biasa ditemui dalam populasi alaminya. Dalam konteks genetika, istilah “wild type” mengacu pada individu atau organisme yang memiliki urutan DNA yang tidak mengalami perubahan atau mutasi yang signifikan dari generasi sebelumnya. Dengan kata lain, “wild type” adalah representasi standar dari sebuah spesies. Misalnya, dalam studi genetika pada lalat buah Drosophila, lalat dengan warna tubuh merah adalah contoh dari “wild type” karena warna merah merupakan warna yang umum ditemui pada lalat buah di alam liar. Istilah ini penting dalam penelitian genetika karena memungkinkan para ilmuwan untuk membandingkan organisme yang telah mengalami mutasi dengan organisme yang mempertahankan sifat-sifat genetik “wild type” untuk memahami dampak dari perubahan genetik tersebut. Dengan demikian, “wild type” memegang peranan yang penting dalam pemahaman kita terhadap keragaman genetik dalam suatu populasi.

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
GenetikaMerujuk kepada organisme dengan sifat genetik standar atau tidak bermutasi dari generasi sebelumnya.Lalat buah Drosophila dengan warna tubuh merah adalah contoh “wild type” dalam studi genetika.
Biologi MolekulerMenyatakan fenotip atau genotip yang umum ditemui dalam populasi alamiah suatu spesies.Penggunaan “wild type” dalam eksperimen genetika memungkinkan pembandingan dengan organisme bermutasi.
Penelitian MedisMengacu kepada mikroorganisme atau virus yang memiliki karakteristik genetik alami tanpa rekayasa atau modifikasi.Virus influenza “wild type” umumnya digunakan dalam penelitian vaksin.
MikrobiologiMenunjukkan strain bakteri yang merupakan representasi alami dari spesies tersebut tanpa mutasi atau rekayasa.Escherichia coli “wild type” digunakan sebagai kontrol dalam eksperimen mikrobiologi.
BotaniMerujuk kepada tumbuhan yang memiliki sifat morfologis dan fisiologis yang umum ditemui dalam populasi.Tumbuhan jagung dengan biji kuning adalah contoh “wild type” dalam penelitian botani.
ZoologiMenggambarkan spesimen hewan yang tidak mengalami modifikasi genetik atau mutasi yang signifikan.Tikus laboratorium yang memiliki sifat-sifat fisik standar adalah contoh “wild type” dalam penelitian zoologi.
EkologiMenyatakan organisme yang memiliki interaksi alami dengan lingkungannya dan tidak mengalami modifikasi genetik.Burung merpati liar adalah contoh “wild type” dalam ekosistem alam.
FarmakologiMengacu kepada organisme yang digunakan sebagai kontrol dalam uji klinis obat dan memiliki sifat-sifat standar.Mencari efek samping obat pada organisme “wild type” membantu menilai keamanan obat.

Istilah Terkait

Mutan (Mutant): Organisme atau sel yang mengalami perubahan genetik atau mutasi dari “wild type”.

Fenotipe (Phenotype): Karakteristik fisik atau sifat yang dapat diamati dari sebuah organisme, baik berasal dari “wild type” maupun mutasi.

Genotipe (Genotype): Kombinasi genetik yang dimiliki oleh sebuah organisme, termasuk gen-gen yang berasal dari “wild type”.

Mutasi (Mutation): Perubahan dalam urutan atau struktur DNA yang menghasilkan variasi genetik dari “wild type”.

Rekombinan (Recombinant): Organisme atau sel yang memiliki kombinasi genetik baru sebagai hasil dari rekombinasi genetik antara “wild type” dan organisme lain atau manipulasi genetik.

Variasi Genetik (Genetic Variation): Perbedaan dalam urutan atau struktur DNA antara individu-individu dalam suatu populasi, termasuk variasi dari “wild type”.

Alel (Allele): Versi alternatif dari sebuah gen yang dapat mempengaruhi fenotipe organisme dan dapat berasal dari “wild type” atau mutasi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata wild type, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai wild type secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “wild type” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.