Cari Arti Kata

wild card – (Olahraga)

Apa itu wild card? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari wild card. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian wild card adalah:

Subjek Definisi
Tenis ? wild card – Sebuah situasi khusus dimana pemain mendapatkan jatah untuk bermain pada suatu turnamen walaupun peringkatnya tidak mencukupi untuk dapat bermain dalam turnamen tersebut.
Definisi ?

Pernahkah Kamu menyaksikan momen dalam sebuah pertandingan olahraga di mana segalanya terasa bisa berubah secara tiba-tiba? Nah, itulah saatnya “wild card” masuk ke dalam permainan. Dalam dunia olahraga, istilah “wild card” tidak hanya sekadar kartu liar dalam permainan kartu, tetapi juga menjadi istilah yang cukup menarik.

Aku ingin mengajak Kamu mengintip sedikit lebih dalam tentang konsep yang menarik ini. “Wild card” dalam olahraga sebenarnya adalah kesempatan istimewa yang diberikan kepada seorang atlet atau tim untuk berpartisipasi dalam sebuah turnamen atau kompetisi, meskipun mereka tidak memenuhi syarat atau tidak mendapatkan tempat secara langsung melalui kualifikasi biasa.

Bayangkan turnamen tenis Grand Slam yang seru atau kompetisi sepak bola yang bergengsi; di sinilah “wild card” sering kali menjadi pembicaraan hangat. Atlet-atlet yang memiliki bakat atau sejarah yang mungkin terlewatkan atau terhalangi bisa mendapatkan kesempatan kedua melalui “wild card”. Ini bisa memberikan sentuhan dramatis yang luar biasa dalam kompetisi, memberikan harapan baru kepada mereka yang mungkin telah diabaikan sebelumnya.

Hal menariknya, pemberian “wild card” ini sering kali memicu diskusi hangat. Beberapa melihatnya sebagai kesempatan adil untuk menampilkan bakat yang belum terlihat sebelumnya, sementara yang lain mempertanyakan apakah pemberian “wild card” ini benar-benar adil bagi peserta lain yang telah melalui proses kualifikasi yang ketat.

Dalam beberapa kasus, “wild card” juga bisa menjadi strategi bagi penyelenggara acara untuk meningkatkan minat penonton dengan mengundang nama-nama besar yang mungkin absen secara resmi dari turnamen tersebut. Ini seperti memberikan kejutan menarik kepada penonton, menambahkan dinamika yang lebih dalam dalam atmosfer kompetisi.

Tentu saja, ada yang menarik dari bagaimana “wild card” ini bisa mengubah dinamika sebuah kompetisi. Bagi atlet atau tim yang mendapat kesempatan ini, ini bisa menjadi momen paling berharga untuk membuktikan potensi dan kualitas mereka di panggung besar.

Jadi, “wild card” bukan hanya sekadar istilah dalam dunia olahraga. Lebih dari itu, itu adalah kesempatan emas yang bisa mengubah jalannya sebuah kompetisi, memberikan cerita menarik, dan membuka pintu bagi atlet-atlet untuk membuktikan nilai mereka di panggung terbesar.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa “wild card” dalam dunia olahraga adalah kesempatan istimewa yang diberikan kepada atlet atau tim untuk berpartisipasi dalam sebuah kompetisi, meskipun mereka tidak memenuhi syarat atau tidak mendapatkan tempat secara langsung melalui kualifikasi biasa. Hal ini dapat memberikan sentuhan dramatis dan membuka kesempatan baru bagi mereka yang mungkin terlewatkan dalam proses seleksi awal.

Alasan Pemberian

Potensi Komersial: Terkadang, undangan wild card diberikan kepada atlet atau tim yang memiliki popularitas tinggi atau merupakan nama besar dalam olahraga tersebut. Ini bisa meningkatkan minat penonton dan daya tarik acara, memberikan keuntungan komersial bagi penyelenggara.

Cedera atau Absensi Terpaksa: Atlet atau tim yang seharusnya berpartisipasi, namun terhalang oleh cedera atau faktor tak terduga lainnya, bisa mendapatkan wild card untuk memungkinkan mereka tetap berkompetisi.

Mendukung Pengembangan Bakat: Kadang-kadang, wild card diberikan kepada atlet muda atau baru yang menjanjikan, memberi mereka kesempatan untuk bersaing di level yang lebih tinggi, meskipun mereka belum memenuhi syarat berdasarkan kualifikasi standar.

Menghadirkan Kejutan: Memberikan wild card kepada atlet atau tim yang memiliki potensi tak terduga untuk menciptakan kejutan dalam kompetisi bisa meningkatkan ketegangan dan minat penonton.

Mengakomodasi Pencapaian Terdahulu: Seorang atlet atau tim yang memiliki sejarah prestasi tetapi mungkin terhalangi dalam kualifikasi terkini bisa mendapat kesempatan kedua melalui wild card, memberi mereka peluang untuk membuktikan nilai mereka lagi.

Meningkatkan Persaingan: Pemberian wild card kadang-kadang digunakan untuk meningkatkan tingkat persaingan dengan memasukkan peserta tambahan yang bisa memperkaya kompetisi.

Mengatasi Keterbatasan Kuota: Dalam kasus di mana kuota peserta terbatas, wild card dapat digunakan untuk memperluas cakupan kompetisi tanpa mengurangi kualitasnya.

Aspek Sosial atau Diplomasi: Kadang-kadang, wild card diberikan untuk alasan sosial atau diplomasi, misalnya, untuk mewakili negara tertentu atau memberikan kesempatan pada atlet dari wilayah tertentu yang kurang terwakili.

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
OlahragaKesempatan istimewa bagi atlet atau tim.Memberikan “wild card” kepada pemain tenis untuk turnamen.
Kartu PermainanKartu dalam permainan kartu yang dapat digunakan fleksibel atau sebagai pengganti.Kartu “wild card” dalam permainan Uno memungkinkan pemain mengubah warna secara bebas.
Pekerjaan/BisnisOrang atau elemen yang dianggap tidak terduga atau tidak terencana.Dia adalah “wild card” dalam timnya karena seringkali memberikan ide-ide brilian secara tiba-tiba.
Teknologi/KomputerKarakter atau simbol yang dapat digunakan sebagai pengganti karakter lain dalam pencarian teks.Saat mencari file di komputer, menggunakan karakter “wild card” (*) memungkinkan pencarian yang lebih fleksibel.
Kebijakan/PolitikSeseorang atau kelompok yang tidak diikuti atau tidak terikat pada pandangan atau partai tertentu.Dalam politik, terdapat kandidat “wild card” yang tidak berafiliasi dengan partai utama.
Hiburan/EntertainmentKarakteristik atau elemen yang tidak terduga dalam film, pertunjukan, atau acara.Karakter “wild card” dalam cerita yang menambah ketegangan plot.
Keuangan/FinanceInvestasi atau aset yang memiliki risiko tinggi namun juga potensi pengembalian yang tinggi.Investasi dalam saham itu seperti “wild card” – bisa memberikan keuntungan besar atau kerugian besar.
Kesehatan/HealthcareFaktor atau elemen dalam diagnosis atau kondisi kesehatan yang tidak terduga.Penyakit langka ini adalah “wild card” dalam diagnosis kesehatan pasien.
Gaya Hidup/LifestylePeristiwa atau elemen yang menambah dinamika tak terduga dalam kehidupan sehari-hari.Sebuah undangan ke pesta itu adalah “wild card” dalam rencana akhir pekan.

Contoh Kasus Pemberian Wild Card

Serena Williams di French Open 2018:
Pada French Open 2018, Serena Williams, yang sebelumnya absen dari kompetisi karena melahirkan, mendapatkan wild card untuk berpartisipasi dalam turnamen tersebut. Keputusan ini memicu diskusi tentang apakah atlet yang absen karena alasan pribadi seharusnya mendapat wild card atau tidak. Williams kemudian mendapatkan sorotan saat mencapai babak keempat, menyoroti pentingnya pemberian wild card pada atlet dengan sejarah prestasi yang luar biasa.

Andre Agassi di US Open 2006:
Andre Agassi, seorang veteran dalam dunia tenis, mendapat wild card untuk berkompetisi di US Open 2006. Meskipun peringkatnya telah turun, Agassi adalah seorang legenda dalam olahraga tenis. Keputusan memberikan wild card pada Agassi mengundang perdebatan, tetapi Agassi berhasil menampilkan permainan yang mengesankan, mencapai babak semifinal dan menyulut semangat penonton.

Kim Clijsters di US Open 2009:
Setelah pensiun selama dua tahun untuk fokus pada keluarganya, Kim Clijsters mendapatkan wild card untuk berpartisipasi dalam US Open 2009. Meskipun tidak memiliki peringkat, Clijsters berhasil mengejutkan dunia dengan kembali ke lapangan tenis dan akhirnya memenangkan turnamen tersebut, menjadikannya salah satu kisah kembalinya yang luar biasa dalam sejarah olahraga tenis.

Istilah Terkait

Underdog (Lawan tidak diunggulkan) : Sebuah pihak atau tim yang dianggap kurang berpotensi atau memiliki kemungkinan kecil untuk menang dalam suatu pertandingan atau kompetisi.

Wildcard Entry (Undangan Wild Card) : Kesempatan yang diberikan kepada atlet atau tim yang tidak memenuhi syarat secara langsung untuk berpartisipasi dalam sebuah kompetisi melalui undangan khusus.

X-factor (Faktor X) : Sebuah elemen tak terduga atau tidak terduga yang memiliki potensi untuk mengubah hasil atau dinamika suatu situasi atau peristiwa.

Dark Horse (Kuda Hitam) : Kandidat yang memiliki sedikit perhatian awal tetapi muncul sebagai pesaing yang kuat atau mengejutkan dalam sebuah kompetisi.

Curveball (Bola Belok) : Sesuatu yang tak terduga atau tidak diantisipasi yang mengubah jalannya suatu situasi atau rencana dengan dramatis.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata wild card, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai wild card secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “wild card” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.