·

widescreen – (Multimedia)

Apa itu widescreen? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari widescreen. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian widescreen adalah:

Subjek Definisi
Penyiaran. ? widescreen : Perbandingan luas layar lebih besar 1 : 1,33. merupakan ciri film bersuara. Saat ini digunakan layar dengan perbandingan 1 : 1,65.
Definisi ?

Dalam dunia multimedia, istilah “widescreen” merujuk pada rasio aspek gambar yang lebih lebar daripada rasio aspek tradisional layar televisi atau monitor komputer. Rasio aspek adalah perbandingan antara lebar dan tinggi layar. Rasio aspek yang umum digunakan adalah 16:9 untuk widescreen dan 4:3 untuk layar tradisional.

Widescreen diciptakan untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif kepada pemirsa. Dibandingkan dengan layar 4:3 yang lebih kotak, widescreen memberikan lebih banyak ruang horizontal, memungkinkan lebih banyak konten untuk ditampilkan secara bersamaan. Hal ini sangat bermanfaat dalam menampilkan film, video, dan konten visual lainnya yang direkam atau dibuat dalam format widescreen.

Perkembangan teknologi juga telah mempengaruhi penggunaan rasio aspek. Seiring dengan kemajuan dalam produksi film dan konten multimedia, banyak produsen televisi, monitor komputer, dan perangkat lainnya yang mengadopsi rasio aspek 16:9 sebagai standar. Hal ini karena rasio aspek ini lebih sesuai dengan banyak konten yang diproduksi saat ini.

Penggunaan widescreen juga mempengaruhi cara kita menikmati konten multimedia. Film-film terbaru, video YouTube, dan banyak konten streaming diproduksi dalam format widescreen untuk memberikan pengalaman yang lebih luas kepada penonton. Bahkan, banyak perangkat seluler juga mengadopsi rasio aspek 16:9 agar pengguna dapat menikmati konten multimedia secara optimal.

Dalam menyaksikan konten di layar widescreen, penonton dapat merasakan efek visual yang lebih menyeluruh. Misalnya, saat menonton film dengan latar belakang panorama alam, layar yang lebih lebar dapat menampilkan pemandangan dengan lebih jelas dan detail.

Hal menariknya, widescreen juga memiliki dampak pada produksi konten. Para sineas dan kreator multimedia harus mempertimbangkan rasio aspek ketika membuat konten agar sesuai dengan preferensi tontonan audiens modern.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, format widescreen terus menjadi preferensi dalam dunia multimedia. Kemampuannya untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif membuatnya tetap relevan dalam era konten digital saat ini.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa widescreen memiliki peran penting dalam memberikan pengalaman menonton yang lebih luas dan imersif dalam dunia multimedia modern.

Contoh Ukuran

Aspect RatioDeskripsiPenggunaan
16:9Rasio widescreen standar yang umum digunakanFilm, TV, video streaming, monitor komputer
21:9Ultra-Widescreen, lebih lebar dari 16:9Gaming, film, produksi konten khusus
4:3Layar tradisional sebelum widescreenVideo game klasik, beberapa format televisi lama
1.85:1Rasio aspek umum dalam film layar lebarProduksi film layar lebar
2.39:1Rasio aspek sinemascopeFilm layar lebar, produksi film khusus

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
FilmPenggunaan rasio layar lebar dalam produksi filmFilm Hollywood modern, seperti “Avengers: Endgame”
TelevisiPenggunaan layar lebar untuk menampilkan program televisiSerial drama dengan format layar lebar
GamingPenggunaan aspek rasio yang lebih lebar dalam permainanGame RPG dengan tampilan visual yang luas
Monitor KomputerPenggunaan layar lebar pada monitor komputerPengeditan video, desain grafis dengan ruang lebih
PresentasiMenggunakan aspek rasio layar lebar dalam presentasiPresentasi produk atau konsep dengan visual yang baik
FotografiMenggunakan rasio aspek lebar dalam bidang fotografiFotografi lanskap dengan fokus pada panorama
PeriklananPenggunaan layar lebar dalam iklan dan promosiIklan televisi dengan tampilan visual yang menarik
Web DesignPenerapan aspek rasio lebar dalam desain situs webPenggunaan elemen visual yang responsif
AnimasiPenggunaan layar lebar dalam produksi animasiFilm animasi dengan detail visual yang kaya
MultimediaPenggunaan rasio aspek lebar dalam konten multimedia lainnyaKonten YouTube dengan format layar lebar

Istilah Terkait

Letterboxing (Pillarboxing) : Letterboxing adalah teknik yang digunakan untuk menampilkan konten widescreen pada layar yang memiliki rasio aspek yang lebih rendah. Ini menciptakan space kosong di atas dan bawah (pillarboxing) atau di samping (letterboxing) untuk mempertahankan rasio aspek yang benar.

Cinemascope : Cinemascope adalah sebuah teknik yang dikembangkan untuk menyajikan film dengan rasio aspek lebar yang luas, biasanya dengan rasio 2.39:1. Hal ini menciptakan pengalaman menonton yang lebih immersif dengan sudut pandang yang lebih luas.

Anamorphic Widescreen : Anamorphic widescreen adalah teknik yang digunakan dalam produksi film untuk merekam gambar lebar pada film standar 35mm. Ini menciptakan citra yang dimampatkan secara horizontal, yang akan diregangkan kembali menjadi lebar saat ditampilkan pada layar lebar.

Pan and Scan : Pan and Scan adalah teknik yang digunakan untuk mengubah film dengan rasio aspek lebar menjadi format 4:3 dengan memilih bagian terpenting dari gambar widescreen untuk ditampilkan pada layar tradisional.

16:9 (Sixteen-by-Nine) : Rasio aspek yang umum digunakan dalam televisi high-definition (HD) dan layar widescreen. Ini memiliki rasio horizontal terhadap vertikal sebesar 16 banding 9.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata widescreen, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai widescreen secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “widescreen” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.