·

volcano

Apa itu volcano? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari volcano. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian volcano adalah:

Subjek Definisi
Geologi EN ? volcano (Central Volcano) : A volcano constructed by the eruption of pyroclastics, volcanic bombs and other debris as well as lava flows from a central point, making a more or less cone shaped peak. Strato-Volcanoes and Shield-Volcanoes are good examples. See also Volcanic Province


volcano : Landform developed by accumulation of magmatic products near central vent.
Definisi ?

Volcano, atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai gunung api, merujuk pada suatu formasi geologis yang muncul dari kerak bumi ketika magma, gas, dan material lainnya naik ke permukaan. Secara sederhana, volcano adalah hasil dari aktivitas vulkanik yang melibatkan pelepasan panas, asap, dan bahkan lava. Proses ini sering kali terjadi di daerah-daerah tektonik, tempat lempeng-lempeng bumi bertemu dan berinteraksi.

Pengertian gunung api ini mencakup kondisi di mana magma, yang merupakan batuan cair yang sangat panas, mencapai permukaan melalui saluran vulkanik. Adalah fenomena alam yang telah ada selama ribuan tahun dan memiliki peran penting dalam pembentukan topografi bumi. Gunung api dapat menunjukkan berbagai tingkat aktivitas, mulai dari letusan kecil hingga letusan besar yang dapat mempengaruhi iklim global.

Dalam konteks ini, pentingnya memahami volcano tidak hanya terletak pada pemahaman struktur geologisnya, tetapi juga pada dampaknya terhadap lingkungan dan kehidupan manusia di sekitarnya. Oleh karena itu, pembelajaran mengenai gunung api menjadi hal menarik, mengingat kompleksitasnya dalam membentuk dan membawa perubahan signifikan bagi ekosistem sekitarnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa meskipun gunung api dapat menimbulkan ancaman, pemahaman mendalam tentang fenomena ini dapat membantu manusia untuk mengelola risikonya dengan lebih efektif.

Padanan Kata

  1. Indonesia: Gunung Api
  2. Inggris: Volcano
  3. Spanyol: Volcán
  4. Prancis: Volcan
  5. Jerman: Vulkan
  6. Mandarin: 火山 (Huǒshān)
  7. Arab: بركان (Barqan)
  8. Rusia: Вулкан (Vulkan)
  9. Jepang: 火山 (Kazan)
  10. Portugis: Vulcão

Contoh

3 Volcano Paling Terkenal di Dunia:

  1. Mount Vesuvius (Italia): Mount Vesuvius terkenal karena letusannya yang menghancurkan kota Romawi kuno, Pompeii, pada tahun 79 M. Keberadaannya di sepanjang Teluk Napoli membuatnya menjadi salah satu gunung api yang paling terkenal di dunia.
  2. Mount Fuji (Jepang): Mount Fuji adalah salah satu simbol Jepang dan gunung berapi tertinggi di negara itu. Bentuknya yang indah dan simetris menjadikannya destinasi populer bagi para pendaki dan pelancong.
  3. Mauna Loa (Hawaii, Amerika Serikat): Mauna Loa adalah gunung berapi terbesar di dunia jika diukur dari dasarnya di dasar laut. Letusan gunung ini lebih cenderung bersifat letusan perlahan dengan aliran lava yang meluncur ke bawah.

3 Volcano Terkenal di Indonesia:

  1. Mount Bromo (Jawa Timur): Mount Bromo adalah salah satu gunung berapi paling ikonik di Indonesia. Lanskapnya yang dramatis dengan lautan pasir dan kaldera yang indah menjadikannya tujuan wisata yang populer.
  2. Mount Merapi (Jawa Tengah): Mount Merapi adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia. Letusannya yang sering terjadi telah memberikan dampak besar terhadap wilayah sekitarnya.
  3. Krakatau (Selat Sunda): Krakatau dikenal karena letusan dahsyatnya pada tahun 1883 yang menghasilkan tsunami yang mematikan dan mengejutkan dunia pada waktu itu. Meskipun kini gunung ini telah pulih, namanya tetap terkait dengan sejarah letusan vulkanik yang signifikan.

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
GeologiDalam kajian geologi, “volcano” merujuk pada formasi geologis hasil dari aktivitas vulkanik yang melibatkan pelepasan magma, gas, dan material lainnya ke permukaan bumi.Gunung api adalah bentuk puncak dari suatu volcano.
Wisata AlamDalam konteks pariwisata alam, “volcano” sering digunakan untuk merujuk pada gunung berapi yang menjadi tujuan wisata karena keindahan atau aktivitas vulkaniknya.Wisatawan sering mengunjungi Mount Fuji di Jepang.
KeselamatanDalam hal keselamatan, kata “volcano” dapat digunakan untuk mengidentifikasi risiko dan mengelola dampak potensial dari letusan gunung berapi.Evakuasi diperlukan saat volcano menunjukkan tanda-tanda aktivitas.
SainsDalam konteks ilmiah, “volcano” merujuk pada fenomena alam yang dipelajari dalam ilmu vulkanologi.Ilmuwan vulkanologi memahami perilaku magma dalam volcano.
KlimatologiDalam kajian iklim, letusan gunung berapi dapat mempengaruhi iklim global.Partikel vulkanik dari letusan volcano dapat menciptakan efek rumah kaca.
Sejarah AlamDalam kajian sejarah alam, catatan letusan gunung berapi membantu memahami evolusi dan perubahan di bumi.Lapisan tanah vulkanik seringkali mengandung fosil-fosil penting.
Bencana AlamDalam konteks bencana alam, “volcano” digunakan untuk mengidentifikasi ancaman dan risiko terkait letusan gunung berapi.Pemerintah memiliki sistem peringatan dini untuk volcano aktif.
Budaya PopulerDalam budaya populer, “volcano” sering dijadikan tema dalam film, buku, dan seni sebagai sumber inspirasi atau konflik.Film “Dante’s Peak” menggambarkan dampak letusan volcano pada sebuah kota.

Istilah Terkait

Kaldera (Caldera): Kaldera adalah cekungan besar yang terbentuk setelah letusan gunung berapi, biasanya karena runtuhnya puncak gunung api ke dalam ruang magmanya.

Lahar (Lahar): Lahar adalah aliran lumpur vulkanik yang terbentuk dari campuran air, tanah, dan material vulkanik selama letusan gunung berapi.

Vent (Vent): Vent adalah lubang atau saluran melalui mana magma, gas, dan material lainnya dapat naik ke permukaan dari dalam gunung berapi.

Piroklastik (Pyroclastic): Piroklastik merujuk pada fragmen batuan, abu, dan gas yang dikeluarkan oleh letusan gunung berapi dan bergerak dengan kecepatan tinggi.

Magmatisme (Magmatism): Magmatisme adalah proses pembentukan dan pergerakan magma di dalam kerak bumi, yang dapat mengarah pada aktivitas vulkanik.

Kawah (Crater): Kawah adalah depresi di puncak gunung berapi yang terbentuk akibat letusan atau aktivitas vulkanik lainnya, sering kali menjadi tempat keluarnya gas atau lava.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata volcano, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai volcano secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “volcano” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.