Cari Arti Kata

usaha

Apa itu usaha? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari usaha. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian usaha adalah:

Subjek Definisi
IPA ? usaha : adalah suatu gaya yang dilakukan pada sebuah benda dan menyebabkan benda itu bergerak.


usaha : besaran fisika yang dihasilkan oleh gaya yang dikerjakan pada suatu benda itu berpindah tempat.


usaha : perkalian antara gaya dengan perpindahan yang searah dengan gaya

Fisika ? usaha : (kb) kerja yang dilakukan ketika suatu gaya menggerakkan sebuah benda. Besar gaya diukur sebagai kekuatan gaya (F) x jarak tempuh (s).


usaha : adalah suatu gaya yang dilakukan pada sebuah benda dan menyebabkan benda itu bergerak.


usaha : Hasil kali besar perpindahan dengan komponen gaya yang sejajar dengan perpindahan benda.


usaha : hasil kali gaya dan perpindahan.


usaha : usaha yang dihasilkan suatu gaya yang bekerja pad asebuah benda merupakan hasil kali gaya dengan jarak yang ditempuh suatu titik tempat gaya bekerja pada arah gaya tersebut

Perjuangan. ? usaha (n) kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya), berusaha (v) melakukan suatu usaha; bekerja giat (untuk mencapai sesuatu)
IPS / Ilmu Pengetahuan Sosial ? usaha : adalah segala kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia dalam rangka mencapai kemakmuran dan kesejahtera-an.
Kamus Definisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ? usaha : usa.ha
[n]
(1) kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu: bermacam-macam — telah ditempuhnya untuk mencukupi kebutuhan hidup; — meningkatkan mutu pendidikan;
(2) kegiatan di bidang perdagangan (dengan maksud mencari untung); perdagangan; perusahaan: — perkayuan mengalami kemajuan; — nya di bidang tenun ikat berkembang pesat
Malaysia (Dewan) ? usaha daya upaya (ikhtiar, kegiatan, perbuatan, dll) utk mencapai (melaksanakan, menyempurnakan) sesuatu: rajin dan ~ adalah tangga kejayaan;
sebelum Marsden, belum ada ~-~ utk menerbitkan teks dr naskhah Melayu lama secara ilmiah;

badan ~ badan yg melaksanakan sesuatu (usaha) utk memperoleh hasil;
~ bersama pekerjaan yg dilakukan bersama;
~ campuran usaha oleh beberapa pihak yg tergabung;
~ kerajinan tangan pekerjaan tangan (spt membuat tikar, mengukir, dll);
~ niaga usaha atau kegiatan perniagaan;
~ perladangan (perlombongan) pekerjaan perladangan (perlombongan);
Bahasa Sansekerta ? usaha : usaha, upaya (menguaktabirsejarah.blogspot.co.id — Dr. Purwadi, M.Hum — Eko Priyo Purnomo, SIP)
Definisi ? usaha : kb, upaya, kegiatan dengan mengarahkan tenaga dan pikiran; pekerjaan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata usaha, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai usaha secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “usaha” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.