underliner – (Kuliner)

Apa itu underliner? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari underliner. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian underliner adalah:

Subjek Definisi
Boga ? underliner : alas


underliner : alas untuk salad biasanya terbuat dari lettuce
Definisi ?

Di dunia kuliner, terdapat beragam teknik dan metode yang mendukung dalam menciptakan hidangan lezat dan menarik. Salah satu dari teknik tersebut adalah penggunaan underliner dalam penyajian hidangan. Meskipun mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, underliner memiliki peran yang penting dalam menghidupkan pengalaman kuliner.

Underliner merujuk pada alas atau piring tambahan yang ditempatkan di bawah piring utama saat menyajikan hidangan. Fungsinya bukan hanya sekadar elemen dekoratif, melainkan juga memiliki peran yang praktis. Underliner sering kali digunakan untuk memberikan lapisan tambahan di bawah hidangan, memberikan kontras visual yang menarik, dan melindungi meja atau permukaan penyajian dari panas atau kelembaban yang mungkin dilepaskan oleh hidangan.

Bahan yang digunakan untuk underliner bervariasi, mulai dari kayu, kaca, keramik, hingga logam. Keberagaman ini memungkinkan para koki dan penyaji untuk menyesuaikan tampilan dan suasana hidangan. Underliner juga dapat menjadi medium untuk menampilkan kekreatifan dan estetika dalam penyajian makanan, terutama dalam restoran-restoran yang menekankan pengalaman visual bagi para tamu.

Penggunaan underliner juga memiliki aspek fungsional yang penting. Dalam hidangan yang memancarkan panas atau kelembaban, underliner membantu menjaga suhu hidangan agar tetap optimal saat disajikan ke meja tamu. Selain itu, underliner dapat melindungi meja dari goresan atau kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh piring atau mangkuk yang berat.

Menariknya, underliner juga memiliki peran dalam menciptakan narasi atau tema dalam penyajian hidangan. Dengan memilih underliner yang sesuai dengan tema atau gaya masakan tertentu, penyaji mampu mengkomunikasikan suasana dan konsep kuliner yang ingin disampaikan kepada para tamu.

Penggunaan underliner bukanlah sekadar tambahan visual belaka dalam dunia kuliner. Perannya yang penting dalam menjaga suhu hidangan, memberikan kontras visual, serta melindungi permukaan penyajian membuatnya menjadi salah satu elemen tak terpisahkan dalam presentasi hidangan yang baik.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa underliner dalam dunia kuliner adalah alas tambahan yang ditempatkan di bawah piring utama saat menyajikan hidangan. Selain memberikan sentuhan visual yang menarik, underliner juga memiliki peran fungsional dalam menjaga suhu hidangan dan melindungi permukaan penyajian. Penggunaannya tidak hanya sekadar estetika, melainkan juga merupakan bagian integral dari pengalaman kuliner yang lengkap.

Penggunaan kata

KonteksDeskripsiContoh
KulinerAlas tambahan di bawah piring utama saat menyajikan hidanganMeletakkan piring pasta di atas underliner berwarna kontras untuk tampilan yang menarik.
PenerbitanGaris bawah teks yang digunakan untuk penekanan atau pengaturan struktur dalam dokumenDalam dokumen, judul bab sering kali menggunakan underliner untuk membedakan dari teks lain.
ElektronikaBagian dalam komponen elektronik yang menyediakan jalur atau sirkuit pada papan sirkuit cetakUnderliner pada papan sirkuit cetak menghubungkan berbagai komponen elektronik.
FashionGaris atau detail pada busana yang memberikan penekanan khususGaun tersebut memiliki detail underliner berkilauan yang menambah pesona pada desainnya.
PenulisanKalimat atau frase yang digunakan untuk merangkum ide pokok atau menekankan suatu poinPada esai, underliner digunakan untuk menyoroti konsep utama dari paragraf tersebut.

Istilah Terkait

Highlighter (Penanda): Alat tulis dengan tinta cerah yang digunakan untuk menyoroti atau menandai teks penting.

Emphasize (Menekankan): Memperlihatkan atau memberikan penekanan khusus pada suatu hal agar lebih diperhatikan.

Accentuate (Menggarisbawahi): Menekankan atau membuat lebih jelas sebuah fitur atau aspek tertentu agar terlihat lebih kuat atau menonjol.

Border (Batasan): Garis atau tepian yang mengelilingi atau membatasi area tertentu untuk menonjolkan bagian itu dari yang lain.

Marker (Penanda): Alat atau benda yang digunakan untuk menandai, menyoroti, atau menunjukkan lokasi atau poin penting.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata underliner, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai underliner secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “underliner” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.