under way – (Kelautan)

Apa itu under way? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari under way. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian under way adalah:

Subjek Definisi
Pelayaran ? under way : Tidak tertambat pada dermaga atau daratan dengan cara apapun. Biasa diartikan sebagai bergerak melaju pada perairan/laut.
Definisi ?

Kali ini, kita akan membahas konsep yang sering kali terdengar dalam dunia pelayaran, yaitu “under way.” Istilah ini memiliki pengertian khusus dalam konteks kapal laut. Ketika sebuah kapal laut dikatakan “under way,” hal ini menunjukkan bahwa kapal tersebut sedang bergerak atau dalam perjalanan.

Secara definisi, “under way” adalah kondisi saat kapal telah meninggalkan dermaga atau tempat berlabuhnya dan telah memulai perjalanan lautnya. Dalam istilah pelayaran, kondisi ini seringkali diartikan sebagai langkah awal suatu perjalanan laut yang melibatkan pergerakan kapal dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Hal menariknya, kondisi “under way” bukan hanya sekadar tentang bergerak dari satu tempat ke tempat lain, tetapi juga mencakup segala aktivitas dan kesiapan kapal ketika berlayar. Sebuah kapal yang sedang “under way” harus mematuhi aturan dan prosedur keselamatan laut yang ketat, termasuk navigasi yang cermat dan komunikasi yang efektif dengan kapal lain.

Dalam dunia pelayaran, kata kunci “adalah” dapat digunakan untuk merinci bahwa “under way” adalah status atau kondisi tertentu yang mencerminkan keberangkatan suatu kapal laut. Demikian juga, kata kunci “artinya” dapat menyoroti makna yang terkandung dalam istilah ini, menunjukkan bahwa kapal telah meninggalkan tempatnya dan berada dalam proses perjalanan aktif.

Sebagai analogi sederhana, kita dapat membayangkan kapal sebagai penjelajah yang memulai petualangan lautnya. Ketika kapal itu bergerak dari dermaga, itulah saat ia secara resmi “under way,” memulai perjalanan yang penuh tantangan dan keindahan di lautan luas.

Berbicara secara ilmiah, status “under way” juga dapat dikaitkan dengan parameter teknis seperti kecepatan kapal, arah angin, dan kondisi cuaca saat itu. Semua faktor ini memainkan peran penting dalam menentukan kesiapan dan keamanan kapal selama perjalanan laut.

Jadi, dengan memahami pengertian dan konteks di balik istilah “under way,” kita dapat lebih menghargai kompleksitas dan tanggung jawab yang melekat pada setiap perjalanan laut. Selamat mengeksplorasi dan selamat berlayar!

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa “under way” bukan sekadar status pergerakan kapal, tetapi juga mencakup aspek keselamatan, navigasi, dan kesiapan teknis yang melibatkan kapal dalam suatu perjalanan laut.

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
PelayaranMengindikasikan bahwa sebuah kapal sedang bergerak atau berlayar.Kapal itu segera akan berada “under way” dari pelabuhan.
Proyek KonstruksiMenunjukkan bahwa suatu proyek atau konstruksi sedang berlangsung.Proyek pembangunan jembatan sudah “under way.”
Pertemuan atau AcaraMenandakan bahwa suatu pertemuan atau acara sudah dimulai.Konferensi internasional sudah “under way” di ruang pertemuan.
Pembangunan BisnisMenggambarkan tahap awal perkembangan atau ekspansi suatu bisnis.Proses pembukaan cabang baru sedang “under way.”
OlahragaMenunjukkan bahwa suatu pertandingan atau turnamen sudah dimulai.Pertandingan sepak bola sudah “under way” di stadion.
Pekerjaan Rumah TanggaMengindikasikan bahwa pekerjaan rumah tangga atau tugas sudah dimulai.Proses pembersihan rumah sudah “under way.”
Konstruksi SastraDigunakan dalam sastra untuk menyiratkan plot atau pengembangan cerita yang telah dimulai.Novel detektif sudah “under way” dengan misteri yang menarik.
Pengembangan TeknologiMenandakan tahap pengembangan suatu teknologi atau proyek inovatif.Proyek pengembangan teknologi baru sudah “under way.”

Istilah Terkait

Berlayar (Sailing): Kegiatan atau proses kapal melalui perairan, melibatkan pemanfaatan angin sebagai sumber daya untuk pergerakan kapal.

Meluncur (Launching): Tindakan melepas atau memulai suatu objek, seperti kapal atau roket, untuk memasukkannya ke dalam pergerakan atau operasi.

Pengerjaan (Execution): Pelaksanaan atau implementasi suatu rencana, proyek, atau tugas yang telah direncanakan sebelumnya.

Mulai (Commencement): Awal atau permulaan suatu kegiatan atau peristiwa, menandakan dimulainya suatu proses atau perjalanan.

Pembukaan (Commencement): Seremoni atau acara resmi yang menandai dimulainya suatu peristiwa atau program tertentu.

Penerbangan (Takeoff): Proses pesawat udara meninggalkan landasan pacu untuk memulai penerbangannya, menandai awal suatu perjalanan udara.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata under way, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai under way secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “under way” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.