Cari Arti Kata

transkrip

Apa itu transkrip? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari transkrip. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian transkrip adalah:

Subjek Definisi
Kehumasan ? transkrip : Catatan kata demi kata dari suatu sumber untuk keperluan tertentu (biasanya direkam) pada tape recorder dan disalin dalam bentuk tulisan/ ketik.(Sumber : Kamus Komunikasi,Drs. Onong Uchjana Effendy, MA).
Kamus Definisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ? transkrip : tran.skrip
[n] salinan
Malaysia (Dewan) ? transkrip rekod (catatan) rasmi mengenai pencapaian dan kebolehan akademik seseorang pelajar (di maktab, universiti, dsb).
Definisi ?

Transkrip, dalam konteks yang umumnya dikenal, merujuk pada catatan atau rekaman tertulis yang mencatat percakapan, pidato, atau rekaman audio secara keseluruhan. Hal ini juga dapat mengacu pada dokumen resmi yang merekam riwayat akademis seseorang, yang mencatat mata kuliah yang diambil dan nilai yang diperoleh selama masa studi di lembaga pendidikan tertentu.

Transkrip memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam dunia pendidikan, transkrip akademis menjadi bukti resmi pencapaian belajar seseorang di institusi pendidikan. Ini mencatat setiap mata kuliah yang diambil, nilai yang diperoleh, dan terkadang informasi tambahan seperti jumlah kredit, jadwal kuliah, dan lainnya. Bagi mereka yang melamar pekerjaan, transkrip akademis bisa menjadi salah satu dokumen yang diminta oleh perekrut sebagai bukti kualifikasi dan kemampuan.

Selain transkrip akademis, dalam konteks media dan jurnalisme, transkrip juga merujuk pada salinan tertulis dari rekaman suatu acara, seperti wawancara, konferensi pers, atau pidato publik. Ini membantu dalam mendokumentasikan secara tepat apa yang telah dikatakan oleh narasumber.

Transkrip, baik dalam konteks pendidikan maupun media, memiliki peran yang vital dalam menyediakan informasi yang akurat, memfasilitasi komunikasi, dan memungkinkan catatan yang dapat dipertanggungjawabkan terkait suatu peristiwa atau pembicaraan.

Padanan Kata

  1. Bahasa Inggris: Transcript
  2. Bahasa Spanyol: Transcripción
  3. Bahasa Prancis: Transcription
  4. Bahasa Jerman: Transkript
  5. Bahasa Italia: Trascrizione
  6. Bahasa Rusia: Транскрипт (Transkript)
  7. Bahasa Mandarin: 文本 (Wénběn)
  8. Bahasa Jepang: 転写 (Tensha)

Penggunaan kata

KonteksDeskripsiContoh
PendidikanDokumen yang mencatat riwayat akademis seseorang, termasuk mata kuliah yang diambil, nilai yang diperoleh, jumlah kredit, dan informasi terkait studi di lembaga pendidikan.Transkrip akademis digunakan dalam proses penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi.
MediaSalinan tertulis dari rekaman audio atau video, seperti wawancara, konferensi pers, atau pidato publik.Jurnalis menggunakan transkrip untuk membuat artikel berita berdasarkan wawancara dengan tokoh politik.
PekerjaanDokumen yang mencatat pengalaman kerja, kualifikasi, dan pendidikan seseorang.Seorang pelamar pekerjaan melampirkan transkrip kerjanya sebagai bukti pengalaman kerja saat melamar pekerjaan baru.
IlmiahSalinan tertulis dari hasil percakapan atau rekaman penelitian atau eksperimen ilmiah.Dalam publikasi penelitian, para ilmuwan melampirkan transkrip hasil wawancara dengan subjek penelitian.
BisnisDokumen yang mencatat percakapan atau transaksi bisnis yang dilakukan dalam bentuk rekaman.Seorang pengusaha memiliki transkrip pertemuan dengan investor yang mencatat kesepakatan bisnis yang dicapai.
HukumSalinan tertulis dari peristiwa, percakapan, atau testimonial yang digunakan dalam proses hukum, seperti persidangan.Pengacara menggunakan transkrip sebagai bukti dalam persidangan untuk mendukung argumen hukum mereka.
PenelitianCatatan tertulis dari hasil observasi, wawancara, atau pembicaraan yang dilakukan selama proses penelitian.Seorang peneliti sosial mencatat transkrip dari wawancara dengan responden sebagai bagian dari data yang dianalisis dalam penelitiannya.
TeknologiProses mengubah rekaman audio menjadi teks tertulis menggunakan perangkat lunak atau layanan transkripsi.Perusahaan menggunakan teknologi transkripsi otomatis untuk menghasilkan transkrip dari panggilan layanan pelanggan guna menganalisis dan memperbaiki pengalaman pelanggan.

Istilah Terkait

Transliterasi (Transliteration): Proses mengubah teks dari satu skrip atau alfabet ke alfabet atau skrip lain tanpa mengubah makna kata.

Terjemahan (Translation): Mengubah teks dari satu bahasa ke bahasa lain dengan mempertahankan makna dari teks awal.

Subtitling (Subtitling): Menambahkan teks tertulis ke dalam video atau film untuk menerjemahkan dialog atau memberikan informasi tambahan kepada pemirsa.

Rekaman Audio (Audio Recording): Proses merekam suara atau percakapan yang dapat diubah menjadi transkrip tulisan.

Pengkodean Data (Data Coding): Proses mengorganisir data teks atau informasi tertulis ke dalam kategori atau kode tertentu untuk analisis lebih lanjut.

Referensi: Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata transkrip, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai transkrip secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “transkrip” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.