Lompat ke konten

tingkat kesehatan bank – (Ekonomi / Bisnis)

Apa sih yang dimaksud dengan kata atau istilah tingkat kesehatan bank? Glosarium.org mengumpulkan beberapa pengertian atau arti dari kata tersebut pada beberapa kamus dan subjek berikut ini: Leksikon Bank Indonesia, Ekonomi & Bisnis, dll.

Kita sajikan artinya menggunakan tabel berdasarkan bidang maupun kamusnya, dengan maksud untuk mempermudah penjelasan kata tingkat kesehatan bank.

Pengertian tingkat kesehatan bank adalah:

SubjekDefinisi
Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id) ?tingkat kesehatan bank : Adalah hasil penilaian kualitatif atas berbagai aspek yang berpengaruh terhadap kondisi atau kinerja suatu bank melalui Penilaian Kuantitatif dan Kualitatif terhadap faktor-faktor permodalan, kualitas asset, manajemen, rentabilitas, likuiditas dan sensitifitas terhadap risiko pasar (CAMELS). Lihat CAMELS.

Penilaian Kuantitatif adalah penilaian terhadap posisi, perkembangan, dan proyeksi rasio-rasio keuangan Bank. Penilaian Kualitatif adalah penilaian terhadap faktor-faktor yang mendukung hasil Penilaian Kuantitatif, penerapan manajemen risiko, dan Kepatuhan Bank. Berdasarkan penilaian terhadap faktor-faktor tersebut ditetapkan peringkat komposit (composit rating) sbb:
1. Peringkat Komposit 1 (PK-1), mencerminkan bahwa Bank tergolong sangat baik dan mampu mengatasi pengaruh negatif kondisi perekonomian dan industri keuangan.
2. Peringkat Komposit 2 (PK-2), mencerminkan bahwa Bank tergolong baik dan mampu mengatasi pengaruh negatif kondisi perekenomian dan industri keuangan, namun Bank masih memiliki kelemahan kelemahan minor yang dapat segera diatasi oleh tindakan rutin.
3. Peringkat Komposit 3 (PK-3), mencerminkan bahwa Bank tergolong cukup baik, namun terdapat beberapa kelemahan yang dapat menyebabkan peringkat kompositnya memburuk apabila Bank tidak segera melakukan tindakan korektif.
4. Peringkat Komposit 4 (PK-4), mencerminkan bahwa Bank tergolong kurang baik dan sensitif terhadap pengaruh negatif kondisi perekonomian dan industri keuangan atau Bank memiliki kelemahan keuangan yang serius atau kombinasi dari kondisi beberapa factor yang tidak memuaskan, yang apabila tidak dilakukan tindakan korektif yang efektif, berpotensi membahayakan kelangsungan usahanya.
5. Peringkat Komposit 5 (PK-5), mencerminkan bahwa Bank tergolong tidak baik dan sangat sensitif terhadap pengaruh negatif kondisi perekonomian dan industri keuangan serta mengalami kesulitan yang membahayakan kelangsungan usahanya.(4).
(Sumber: Bank Indonesia).

Definisi ?

Jika kesulitan untuk melihat tabel pada pengguna peramban mobile, saya sarankan untuk mencoba mengusap slide tabelnya ke arah kiri atau menggunakan mode lanskap agar tabel menjadi lebih lebar.

Mengenai definisi kata-kata yang ada pada situs ini semuanya memiliki sumber, oleh karena itu, bagi yang membutuhkan sumber artinya, dapat menghubungi pihak website ini melalui email, facebook, twitter, dan juga Youtube Channel. Akan tetapi dibutuhkan waktu setidaknya satu minggu prosesnya.

Semoga bermanfaat ulasan sederhana ini mengenai arti dari kata tingkat kesehatan bank. Dalam kesempatan selanjutnya mungkin kata ini akan dilengkapi dengan contoh penggunaan kata dan juga penjelasan yang lebih lengkap dan interaktif melalui video.

Jangan lupa juga Subscribe Youtube channel kita di Glosarium Online ya guys! untuk Update kata-kata menarik, viral dan populer yang ada di situs ini.


Penjelasan singkat | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata tingkat kesehatan bank | artinya apaan sih? | apa maksud kata-kata | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia | Kata-kata viral


tingkat kesehatan bank ekonomi bisnis