Lompat ke konten

tiga kewenangan utama lembaga pengawas bank – (Ekonomi / Bisnis)

Arti Kata Tiga Kewenangan Utama Lembaga Pengawas Bank Adalah

Apa sih yang dimaksud dengan kata atau istilah tiga kewenangan utama lembaga pengawas bank? Glosarium.org mengumpulkan beberapa pengertian atau arti dari kata tersebut pada beberapa kamus dan subjek berikut ini: Leksikon Bank Indonesia, Ekonomi & Bisnis, dll.

Kita sajikan artinya menggunakan tabel berdasarkan bidang maupun kamusnya, dengan maksud untuk mempermudah penjelasan kata tiga kewenangan utama lembaga pengawas bank.

Pengertian tiga kewenangan utama lembaga pengawas bank adalah:

SubjekDefinisi
Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id) ?tiga kewenangan utama lembaga pengawas bank : Adalah kewenangan yang dimiliki BI sebagai lembaga pengawas bank (sebelum pembentukan OJK), yaitu :
(1) Kewenangan di Bidang Perijinan

Bertujuan antara lain untuk menyeleksi figur yang akan menjdi pemegang saham dan pengurus bank. Pengetahuan dan pengenalan akan figur calon pemilik dan pengurus bank adalah isu sensisitif. Sebab, bila tidak ada seleksi ketat melalui proses fit and proper test, salah-salah seorang penjahat (white colour crime) bisa duduk sebagai pengurus bank.Bila sampai figur atau orang tak berkompeten duduk pada jajaran pemilik atau pengelola bank,jelas akan menjadi ancaman serius bagi kelangsungan hidup bank tersebut.
(2) Kewenangan di Bidang Pengaturan

Terkait wewenang lembaga pengawas bank dalam hal membuat aturan dan/atau mencabut aturan dilakukan untuk menjaga agar bank beroperasi dalam koridor prudential. Regulasi akan terus diperbaharui mengikuti perkembangan jaman. Perihal pengaturan ini, BIS menuangkan kedalam 13 Prinsip yakni BCP nomor 6 (enam) hingga 18 (delapan belas).
(3) Kewenangan di Bidang Pengenaan Saksi

Yakni kewenangan mengeluarkan dan mencabut izin bank dan wewenang membuat pengaturan dan merevisi aturan tersebut, wewenang lain yang juga penting dimiliki adalah menyelesaikan bank bermasalah dan menjatuhkan sanksi. Ini termasuk Prinsip Nomor 23 BCP. BIS menganggap wewenang ini penting karena dalam menangani bank bermasalah, kecepatan menangani masalah menjadi hal penting. Bila terdeteksi ada masalah dan/atau pelanggaran di sebuah bank, kalau tak cepat diambil tindakan akan melebar dan bukan hanya bisa membahayakan kelangsungan hidup bank itu sendiri, tapi juga bank-bank lain hingga sistem moneter di negara itu. (1). (Sumber : Bank Indonesia).

Definisi ?

Jika kesulitan untuk melihat tabel pada pengguna peramban mobile, saya sarankan untuk mencoba mengusap slide tabelnya ke arah kiri atau menggunakan mode lanskap agar tabel menjadi lebih lebar.

Mengenai definisi kata-kata yang ada pada situs ini semuanya memiliki sumber, oleh karena itu, bagi yang membutuhkan sumber artinya, dapat menghubungi pihak website ini melalui email, facebook, twitter, dan juga Youtube Channel. Akan tetapi dibutuhkan waktu setidaknya satu minggu prosesnya.

Semoga bermanfaat ulasan sederhana ini mengenai arti dari kata tiga kewenangan utama lembaga pengawas bank. Dalam kesempatan selanjutnya mungkin kata ini akan dilengkapi dengan contoh penggunaan kata dan juga penjelasan yang lebih lengkap dan interaktif melalui video.

Jangan lupa juga Subscribe Youtube channel kita di Glosarium Online ya guys! untuk Update kata-kata menarik, viral dan populer yang ada di situs ini.


Penjelasan singkat | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata tiga kewenangan utama lembaga pengawas bank | artinya apaan sih? | apa maksud kata-kata | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia | Kata-kata viral


tiga kewenangan utama lembaga pengawas bank ekonomi bisnis