taktikal

Apa itu taktikal? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari taktikal. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian taktikal adalah:

Kamus Definisi
Malaysia (Dewan) ? taktikal 1. berkaitan dgn taktik yg digunakan utk menjayakan sesuatu rancangan atau mencapai tujuan: semua pemain perlu mengikuti latihan ~ lima kali seminggu;
2. digunakan atau dilakukan utk bantuan serta-merta dlm sesuatu operasi ketenteraan (bkn senjata, pengeboman dsb): TUDM juga mempunyai pesawat ~ jarak sederhana.
Definisi ?

Taktikal adalah istilah yang merujuk pada strategi atau tindakan yang dilakukan dengan tujuan khusus untuk mencapai hasil tertentu dalam situasi tertentu. Dalam berbagai konteks, istilah ini sering digunakan dalam bidang militer, olahraga, bisnis, dan bahkan kehidupan sehari-hari.

Dalam konteks militer, taktikal berkaitan dengan strategi yang dilakukan di lapangan perang untuk mengatasi situasi tertentu, seperti pengaturan pasukan, penggunaan taktik tertentu, atau perubahan rencana yang responsif terhadap perubahan musuh. Ini termasuk penggunaan medan, penggunaan senjata, dan koordinasi pasukan untuk mencapai tujuan tertentu dalam pertempuran.

Di dunia olahraga, taktikal sering merujuk pada strategi atau permainan yang digunakan oleh tim atau atlet untuk mengungguli lawan. Ini bisa berupa formasi yang digunakan dalam permainan, seperti dalam sepak bola atau strategi yang dipakai dalam pertandingan catur.

Dalam dunia bisnis, taktikal sering berkaitan dengan langkah-langkah yang diambil untuk mencapai tujuan jangka pendek. Misalnya, perusahaan bisa menggunakan strategi pemasaran taktikal untuk memperkenalkan produk baru atau menarik pelanggan potensial dengan penawaran khusus dalam waktu terbatas.

Secara umum, taktikal menekankan pada upaya dan langkah-langkah yang diambil untuk mencapai tujuan tertentu dalam situasi yang spesifik. Ini berbeda dengan strategi yang lebih bersifat umum dan panjang jangka. Hal menariknya, penggunaan taktikal memerlukan adaptasi yang cepat terhadap perubahan situasi untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang bisa menggunakan pendekatan taktikal saat menghadapi masalah atau situasi yang memerlukan solusi cepat dan tepat. Ini melibatkan pemikiran cepat, pengambilan keputusan yang efisien, dan penggunaan sumber daya yang tersedia dengan cerdas.

Jadi, secara umum, taktikal melibatkan strategi atau tindakan yang spesifik dan responsif terhadap situasi tertentu dengan tujuan mencapai hasil yang diinginkan dalam waktu singkat.

Istilah Terkait

Strategi (Strategy): Merupakan rencana umum yang mencakup tujuan jangka panjang serta cara untuk mencapainya. Berbeda dengan taktikal yang lebih fokus pada langkah-langkah spesifik dalam situasi yang lebih terbatas, strategi lebih bersifat umum dan panjang jangka.

Operasi (Operations): Merujuk pada langkah-langkah atau tindakan konkret yang dilakukan untuk mewujudkan strategi yang telah ditetapkan. Operasi biasanya terkait dengan pengelolaan sumber daya dan tindakan yang lebih besar dalam pencapaian tujuan.

Manuver (Maneuver): Adalah tindakan cepat yang dilakukan untuk mengubah posisi atau mengatur ulang sumber daya secara fleksibel guna menghadapi situasi yang berubah. Ini dapat mencakup pergerakan fisik atau tindakan taktis dalam hal komunikasi atau keputusan.

Taktik (Tactics): Meskipun sering digunakan bersamaan dengan “taktikal”, taktik lebih merujuk pada langkah-langkah atau tindakan spesifik yang diambil dalam situasi yang lebih kecil atau detail untuk mencapai tujuan tertentu.

Reaksi Cepat (Quick Reaction): Ini menyoroti kemampuan untuk merespons dengan cepat terhadap perubahan situasi. Reaksi cepat bisa menjadi bagian penting dari taktikal karena memungkinkan penyesuaian dan pengambilan keputusan yang efisien dalam waktu singkat.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata taktikal, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai taktikal secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “taktikal” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.