Cari Arti Kata

sukuk – (Ekonomi / Bisnis)

Apa itu sukuk – (Ekonomi / Bisnis)? yang dimaksud dengan sukuk – (Ekonomi / Bisnis) adalah kata yang memiliki artinya, silahkan ke tabel. sukuk – (Ekonomi / Bisnis) biasanya ada dalam kamus atau glossary berikut ini untuk penjelasan apa arti makna dan maksudnya.


Pengertian sukuk adalah:

Subjek Definisi
SBSN. ? sukuk : Sukuk adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata ‘Sakk’ (صَكٌّ ) dengan bentuk jamaknya (plural) adalah ‘Sukuk’ (صُكُوْك ), yang berarti dokumen atau sertifikat. Berdasarkan The Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institutions (AAOIFI) Sharia Standards No. 17 tentang Investment Sukuk (Sukuk Investasi), Sukuk didefinisikan sebagai sertifikat bernilai sama yang merupakan bukti atas bagian kepemilikan yang tak terbagi terhadap suatu aset, hak manfaat, dan jasa-jasa, atau atas kepemilikan suatu proyek atau kegiatan investasi tertentu
Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id) ? sukuk : Walaupun belum ada keseragaman dalam pengertian sukuk diantara negara yang menggunakannya, namun secara umum sukuk diartikan sebagai efek beragun aset (asset – backed), dengan pendapatan yang stable (stable income), dapat diperdagangkan, dan merupakan ‘trust sertificate‘ yang memenuhi syariah. Persyaratan utama dalam menerbitkan suatu sukuk adalah keberadaan (existense) dari assets dalam neraca Pemerintah (balance sheet of the government), otoritas moneter, suatu korporasi, bank atau isntitusi keuangan atau entity manapun yang ingin memobilisasikan sumber-sumber keuangan (financial recources).

Pertimbangan syariah mengharuskan bahwa ‘pool of assets’ tidak boleh hanya terdiri dari piutang (debts) atas islamic financial contracts (misalnya; murabahah, istishna). Klasifikasi yang sesuai atas klas asset menentukan type dari sertificate yang akan diterbitkan. Penting untuk dicatat bahwa aset-aset tersebut dapat dipersiapkan untuk penerbitan trust sertificate dalam berbagai bentuk dan persyaratan sesuai kebutuhan dari entity penerbit.

Types of sukuk : AAOIFI (Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institution) mengklasifikasikan sukuk (islamic bonds) sekurang-kurang nya dalam 4 (empat) tipe:
(a) Mudaraba (Muqaradah) sukuk

Merupakan investasi yang mewakili kepemilikan (ownership) atas unit-unit atau nilai yang sama dalam Mudaraba equity dan dicatat atas nama pemegang (holders) dengan berbasis úndivided ownership’ dalam saham pada Mudaraba equity dan hasilnya (return) sesuai dengan persentase kepemilikan saham. Pemilik dari sukuk adalah Rabbul- maal (capital provider)
(b) Musharaka sukuk

Merupakan investasi dalam sukuk yang mewakli kepemilikan dari Musharaka equity. Musharaka sukuk tidak berbeda dengan sukuk pada huruf (a) kecuali dalam organisasi hubungan antara pihak penerbit sukuk yang membentuk suatu ‘committee’ dari pemegang sukuk (holders) yang dapat dijadikan rujukan dalam keputusan-keputusan investasi
(c) Ijarah sukuk

Disini sukuk mewakili kepemilikan dari nilai equal saham dalam suatu real estate yang disewakan atau manfaat dari real estate tersebut. Sukuk ini memberikan kepada pemiliknya hak untuk memiliki real estate, menerima sewa, atau melepas (menjual) sukuk-nya tanpa menghilangkan hak dari penyewa. Pemegang sukuk dibebani biaya perawatan dan biaya kerusakan pada real estate.
(d) Salam or Istishna sukuk Adalah sukuk yang mewakili kepemilikan atas suatu penjualan suatu commodity berbasis deffered delivery against immediate payment.(penyerahan barang ditangguhkan namun pembayaran tetap dilangsungkan).

Deffered commodity adalah sejenis piutang (debt) terhadap supplier (penjual) karena merujuk kepada commodity yang diterima berdasarkan deskripsi dari penjual. Istishna sukuk sama dengan salam sukuk, kecuali dalam istishna diizinkan menunda pembayaran dalam suatu transaksi istishna, tetapi tidak dalam suatu salam. Baik dalam salam maupun dalam istishna persoalan utama dalam penjualan adalah suatu kewajiban bagi manufacturer atau builder dalam istishna dan the seller dalam salam.

Jadi kedua instrument tidak dapat dijual atau diperdagangkan sebelum jatuh tempo jika pembeli ataupun penjual menerbitkannya. Dengan demikian sukuk diperlakukan sebagai investasi yang ditahan sampai jatuh tempo.(13).
(Sumber: Dari berbagai sumber).

Definisi ?


semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “sukuk – (Ekonomi / Bisnis)” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber. Untuk memahami lebih lanjut anda dapat membeli buku glosarium di toko buku terdekat maupun website toko buku online. misalnya beli buku ke Gramedia




Info sponsor! Jika anda tertarik, anda dapat mengikuti kelas online (bimbingan belajar online) atau bisa juga disebut kursus online maupun les private. yang saya lampirkan di bagian bawah atau sisi web ini.
- Squline, platform belajar bahasa asing live dengan instruktur yg profesional.


Istilah Umum | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata sukuk – (Ekonomi / Bisnis) | artinya apaan sih? | apa maksud perkataan sukuk – (Ekonomi / Bisnis) | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia


Bantu Perpanjang Hosting Glosarium.ORG sampai 3 tahun ke depan. Via KitaBisa