Cari Arti Kata

skedul

Apa itu skedul? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari skedul. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian skedul adalah:

Kamus Definisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ? skedul : ske.dul
[n cak] daftar perincian waktu yang direncanakan; jadwal
Definisi ? skedul : kb, daftar susunan pembagian waktu, jadwal.

Skedul, atau yang lebih dikenal dengan jadwal, adalah suatu rencana atau urutan kegiatan yang disusun dalam waktu tertentu. Ia seperti peta jalan yang memberikan arah bagi aktivitas harian atau perencanaan masa depan.

Bayangkan skedul sebagai panduan yang membantu Kamu menavigasi hari Kamu. Ia merupakan alat yang memungkinkan Kamu untuk mengatur waktu dengan efisien, membagi aktivitas, dan menetapkan prioritas. Skedul ini bisa berupa daftar tugas, jadwal rapat, atau rangkaian acara yang Kamu susun untuk mencapai tujuan.

Hal menariknya, skedul tidak hanya berguna untuk organisasi pribadi tetapi juga menjadi bagian integral dari manajemen dalam berbagai bidang, seperti bisnis, pendidikan, dan industri lainnya. Dalam konteks bisnis, skedul membantu dalam mengatur produksi, mengelola waktu pengerjaan proyek, serta menentukan tenggat waktu yang diperlukan.

Skedul juga memainkan peran penting dalam pendidikan. Bagi siswa, skedul membantu mereka mengatur waktu untuk belajar, mengerjakan tugas, dan berpartisipasi dalam aktivitas ekstrakurikuler. Bagi pendidik, skedul membantu mereka menyusun kurikulum, menentukan waktu pelajaran, dan mengatur kegiatan sekolah.

Dalam keseharian, skedul membantu kita membagi waktu antara pekerjaan, waktu luang, dan hal-hal lain yang ingin kita lakukan. Tanpa skedul, seringkali kita akan merasa kehilangan arah atau kehabisan waktu untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya penting.

Jadi, skedul bukan hanya sekadar daftar waktu atau kegiatan, tetapi lebih dari itu, ia adalah alat yang membantu kita mengorganisir hidup dan mencapai tujuan kita dengan lebih terarah.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa skedul, atau jadwal, adalah instrumen penting dalam kehidupan kita untuk mengatur waktu, mengelola aktivitas, dan mencapai tujuan dengan lebih terstruktur.

Contoh Skedul

Hari PertamaWaktuKegiatan
Pagi08:00 – 08:30Registrasi dan Pendaftaran Peserta
08:30 – 09:00Sambutan dan Pembukaan Seminar
09:00 – 10:30Modul 1: Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
10:30 – 10:45Istirahat
10:45 – 12:30Modul 2: Identifikasi Bahaya dan Pencegahan Kecelakaan
Siang12:30 – 13:30Istirahat dan Makan Siang
13:30 – 15:00Modul 3: Prosedur Darurat dan Evakuasi
15:00 – 15:15Istirahat
15:15 – 17:00Studi Kasus dan Diskusi
Malam17:00 – 18:00Evaluasi Hari Pertama dan Penutupan
Hari KeduaWaktuKegiatan
Pagi08:30 – 09:00Ringkasan Hari Pertama dan Pengantar Hari Kedua
09:00 – 10:30Modul 4: Peralatan Keselamatan Kerja
10:30 – 10:45Istirahat
10:45 – 12:30Modul 5: Kebijakan K3 dan Penutupan Seminar
Siang12:30 – 13:30Istirahat dan Makan Siang
13:30 – 15:00Ujian Penilaian
15:00 – 15:15Istirahat
15:15 – 16:30Pemberian Sertifikat dan Penutupan Resmi

Istilah Terkait

Jadwal (Schedule): Merupakan rencana yang spesifik yang mencakup waktu dan urutan kegiatan yang akan dilakukan. Ini mencakup waktu mulai, durasi, dan urutan kegiatan yang telah direncanakan.

Agenda (Agenda): Daftar atau ringkasan topik atau kegiatan yang akan dibahas atau dilaksanakan dalam suatu pertemuan atau acara tertentu. Agenda juga mencakup waktu yang dialokasikan untuk setiap topik.

Timeline (Timeline): Representasi visual dari urutan peristiwa atau kegiatan dalam rentang waktu tertentu. Biasanya digunakan untuk melacak dan memahami kronologi suatu proyek atau peristiwa.

Gantt Chart (Gantt Chart): Grafik yang mengilustrasikan jadwal proyek dengan menggambarkan waktu mulai dan selesai untuk setiap kegiatan. Ini membantu dalam memvisualisasikan waktu yang diperlukan untuk setiap tugas dalam suatu proyek.

Kronologi (Chronology): Penyajian urutan peristiwa atau kegiatan berdasarkan waktu. Ini digunakan untuk menggambarkan atau merekam serangkaian peristiwa dalam urutan kronologis.

Referensi: Kunjungi KBBI – Skedul

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata skedul, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai skedul secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “skedul” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.