Cari Arti Kata

sipil

Apa itu sipil? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari sipil. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian sipil adalah:

Subjek Definisi
IPS / Ilmu Pengetahuan Sosial ? sipil adalah berkenaan dengan rakyat yang bukan militer
Perjuangan. ? sipil (a) berkenaan dengan penduduk atau rakyat (bukan militer)
Kamus Definisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ? sipil : si.pil
[a] berkenaan dengan penduduk atau rakyat (bukan militer): bupati terpilih adalah orang — , bukan TNI
Malaysia (Dewan) ? sipil IB orang awam (bukan tentera): ia datang ke baris depan, tempat duduk para pembesar dr pihak ~, polisi dan militer;
hukum ~
undang-undang mengenai orang awam, undang-undang awam;
pemerintahan ~ pemerintahan oleh orang-orang awam (bukan tentera);
perang ~ perang saudara;
perkara ~ perkara dlm mahkamah mengenai hal-hal umum (bukan perkara jenayah dll).
Definisi ?

“Sipil” adalah istilah yang sering kita dengar, terutama dalam konteks hukum dan militer. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan “sipil”? Secara sederhana, pengertian “sipil” adalah segala sesuatu yang tidak terkait dengan militer atau kegiatan perang. Dalam konteks hukum, istilah ini merujuk kepada individu-individu atau kelompok-kelompok yang bukan bagian dari angkatan bersenjata atau aparat keamanan. Artinya, sipil adalah warga negara yang tidak memiliki keterlibatan langsung dalam urusan militer atau pertahanan negara. Akan tetapi, penting untuk dicatat bahwa dalam beberapa konteks, seperti dalam pembangunan infrastruktur, “sipil” juga dapat merujuk kepada teknis atau profesi di luar bidang militer. Dalam keseluruhan, pengertian “sipil” memiliki peran yang signifikan dalam menetapkan batasan antara kegiatan sipil dan militer dalam sebuah negara.

Padanan Terkait

BahasaPadananContoh
InggrisCivilCivilian population
IndonesiaSipilPenduduk sipil
MalaysiaAwamPenduduk awam
SpanyolCivilPoblación civil
PrancisCivilPopulation civile
JermanZivilZivile Bevölkerung
ItaliaCivilePopolazione civile
PortugisCivilPopulação civil
BelandaBurgerlijkBurgerbevolking
RusiaГражданскийГражданское население
Arabمدنيالسكان المدنيون
Mandarin民用民用人口

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
HukumMerujuk kepada individu atau kelompok yang bukan bagian dari angkatan bersenjata atau aparat keamanan.Hak asasi sipil dilindungi oleh undang-undang.
MiliterMengacu pada orang-orang yang bukan bagian dari personel militer atau struktur komando dalam angkatan bersenjata.Perlindungan sipil dijalankan selama konflik bersenjata.
InfrastrukturTerkait dengan pembangunan dan pengelolaan fasilitas publik seperti jalan, jembatan, dan bangunan sipil lainnya.Proyek konstruksi sipil memperbaiki jaringan transportasi.
TeknikMengacu pada bidang teknik dan ilmu terapan yang tidak berhubungan dengan teknologi militer.Insinyur sipil bertanggung jawab atas desain bangunan.
PendidikanMerujuk kepada program-program pendidikan di luar bidang militer atau pertahanan.Pendidikan sipil memberikan pengetahuan umum kepada siswa.
Administrasi PublikTerkait dengan tata kelola dan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak terlibat dalam operasi militer.Pelayanan publik diselenggarakan oleh birokrasi sipil.
KependudukanMerujuk kepada warga negara yang tidak terlibat dalam kegiatan militer atau keamanan negara.Pertumbuhan jumlah penduduk sipil dihitung setiap tahun.
Teknologi KomunikasiTerkait dengan jaringan telekomunikasi, internet, dan layanan komunikasi yang disediakan untuk masyarakat umum.Pemerintah mengatur infrastruktur komunikasi sipil.

Istilah Terkait

Warga Negara (Citizen) : Orang yang diakui secara hukum sebagai anggota suatu negara dan memiliki hak dan kewajiban tertentu di dalamnya.

Penduduk Awam (Civilians) : Semua orang yang bukan bagian dari personel militer atau aparat keamanan dan tidak terlibat dalam konflik bersenjata.

Masyarakat Umum (General Public) : Semua individu yang bukan bagian dari kelompok tertentu atau organisasi khusus dan mewakili populasi secara luas.

Non-Militer (Non-Military) : Segala sesuatu yang tidak terkait dengan angkatan bersenjata atau kegiatan perang.

Sipilisasi (Civilization) : Proses peradaban dan pembentukan masyarakat yang beradab, terutama melalui pengembangan struktur sosial, politik, dan ekonomi.

Tanggung Jawab Sipil (Civil Responsibility) : Kewajiban atau tugas moral yang dimiliki oleh individu atau kelompok untuk mendukung kepentingan umum dan kesejahteraan sosial.

Hukum Sipil (Civil Law) : Sistem hukum yang mengatur hubungan antara individu atau entitas swasta dalam masyarakat, berbeda dengan hukum pidana yang menangani pelanggaran kriminal.

Referensi: Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Referensi: Pusat Rujukan Persuratan Melayu (PRPM)

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata sipil, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai sipil secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “sipil” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.