Cari Arti Kata

sesame oil – (Kuliner)

Apa itu sesame oil? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari sesame oil. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian sesame oil adalah:

Subjek Definisi
Boga ? sesame oil : Minyak wijen
Definisi ?

Sesame oil, atau minyak wijen, merupakan minyak nabati yang diekstraksi dari biji wijen. Proses ekstraksi ini melibatkan biji wijen yang telah disangrai atau tidak, bergantung pada jenis minyak yang diinginkan. Kaya akan nutrisi, minyak wijen telah menjadi bagian integral dari berbagai budaya kuliner, pengobatan, dan kecantikan.

Minyak wijen memiliki ciri khas rasa dan aroma yang khas, memberikan sentuhan kaya pada berbagai masakan. Kandungan utama minyak ini adalah asam lemak tak jenuh tunggal, seperti asam oleat dan asam linoleat, yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, minyak wijen juga mengandung antioksidan, seperti sesamin dan sesamolin, yang membantu melawan radikal bebas dan peradangan dalam tubuh. Hal ini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Kepentingan minyak wijen tidak hanya terbatas pada dapur. Di bidang kecantikan, minyak ini digunakan karena sifatnya yang melembapkan dan mengandung vitamin E, menjadikannya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut.

Dalam penggunaannya, minyak wijen dapat digunakan sebagai bahan dalam masakan, terutama dalam hidangan Asia seperti masakan Tiongkok, Jepang, dan India. Selain itu, minyak ini juga sering digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan obat-obatan tradisional serta produk kecantikan.

Dalam menyajikan masakan, minyak wijen dapat digunakan sebagai bumbu tambahan untuk memberikan cita rasa yang khas. Namun, perlu digunakan dalam jumlah yang tepat karena rasa yang kuat.

Dengan segala manfaatnya, penggunaan minyak wijen sebaiknya tetap diimbangi dengan pemahaman akan takaran yang tepat serta konsultasi dengan ahli gizi atau dokter, terutama bagi individu dengan kondisi kesehatan tertentu atau alergi tertentu.

Begitulah gambaran mengenai minyak wijen, sebuah komponen penting dalam kuliner dan kesehatan yang memiliki manfaat beragam bagi tubuh dan kecantikan, serta menjadi bagian tak terpisahkan dari berbagai budaya kuliner di seluruh dunia.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa minyak wijen adalah sebuah minyak nabati yang kaya nutrisi, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, serta menjadi bahan penting dalam memasak berbagai hidangan khas Asia.

Contoh Masakan Terkait

Nama MasakanAsal Negara/DaerahDeskripsi
Teriyaki ChickenJepangPotongan ayam yang dimarinasi dengan campuran mirin, kecap, dan tentu saja minyak wijen, kemudian dipanggang.
Ma Po TofuTiongkokTahu yang dimasak dengan saus pedas yang mengandung minyak wijen, daging cincang, dan rempah-rempah khas.
Gado-GadoIndonesiaSalad sayuran dengan saus kacang yang juga mengandung minyak wijen sebagai salah satu bahan penyedapnya.
Sesame NoodlesTiongkokMie yang disajikan dengan saus wijen, biasanya ditambahkan dengan sayuran atau potongan daging sesuai selera.
Dak BulgogiKorea SelatanPotongan ayam yang dimarinasi dengan saus yang mengandung minyak wijen, kemudian dipanggang atau dimasak dalam wajan.
Spinach with SesameJepangBayam yang direbus kemudian disajikan dengan saus berbasis minyak wijen, garam, dan biji wijen sebagai taburan.
Sesame Seed BallsTiongkokCamilan manis yang terbuat dari tepung ketan yang digoreng dan diisi dengan pasta kacang merah, ditaburi wijen.
ZhongziTiongkokHidangan kue ketan yang dibungkus dengan daun dan diisi dengan bahan-bahan seperti daging, jamur, serta minyak wijen.
Taiwanese NoodlesTaiwanMie yang disajikan dengan campuran saus pedas dan minyak wijen, seringkali ditambah dengan bahan seperti daging.
Bang Bang ChickenTiongkokPotongan daging ayam yang dimasak dan disajikan dengan saus wijen, biasanya disajikan dingin sebagai hidangan ringan.

Istilah Terkait

Sesamin (Sesamin): Senyawa antioksidan dalam biji wijen yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Sesamolin (Sesamolin): Komponen lain dalam biji wijen yang memiliki sifat antioksidan, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Sesame Allergy (Alergi Wijen): Reaksi alergi terhadap biji wijen yang dapat menimbulkan gejala seperti ruam kulit, mual, atau bahkan sesak napas.

Sesame Paste (Pasta Wijen): Adonan yang terbuat dari biji wijen yang digiling hingga halus, seringkali digunakan dalam masakan untuk menambah rasa dan tekstur.

Sesame Seeds (Biji Wijen): Biji kecil yang digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat minyak wijen, juga seringkali digunakan sebagai taburan atau bahan dalam masakan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata sesame oil, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai sesame oil secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “sesame oil” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.