Lompat ke konten

sekuritisasi – (Ekonomi / Bisnis)

Arti Kata Sekuritisasi Adalah

Apa itu sekuritisasi? yang dimaksud dengan sekuritisasi adalah kata yang memiliki artinya dalam Leksikon Bank Indonesia, OJK, Ekonomi & Bisnis, dll.. berikut ini untuk penjelasan apa arti makna dan maksudnya.

Pengertian sekuritisasi adalah:

SubjekDefinisi
Keuangan (OJK). ?sekuritisasi : pengonversian sekelompok piutang dan jenis yang sama (biasanya kredit) menjadi surat berharga yang dapat diperdagangkan, meliputi piutang pokok dan bunga; kredit yang disekuritisasikan biasanya ialah kredit yang berkualitas tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dan menurunkan tingkat risiko kredit; dengan konversi kredit dan piutang, bank dapat meningkatkan rasio modal dan menerbitkan kredit-kredit yang baru; surat berharga yang akan dijual oleh bank kepada investor dijamin oleh aset yang akan dikonversikan sehingga sering disebut sebagai sekuritas terdukung aset (asset backed securities) (securitization).
Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id) ?sekuritisasi (Securitisation) :
(1) Adalah penerbitan surat berharga dengan jaminan Aktiva Bank, lazimnya berupa pinjaman jangka panjang dengan pengembalian secara cicilan (mortgage). Sekuritisasi demikian populer dengan istilah “Asset Securitisation“.
(2) Adalah penerbitan surat berharga oleh penerbit efek beragun asset yang didasarkan pada pengalihan asset keuangan dari kreditur asal yang di-ikuti dengan pembayaran yang berasal dari penjualan efek beragun asset kepada pemodal(pengertian yang sama dengan butir (1)
(3) Istilah Sekuritisasi digunakan juga untuk suatu kecendrungan pada perusahaan-perusahaan besar yang sudah kuat untuk mengganti pinjaman dari bank dengan menerbitkan sendiri surat hutang atas nama perusahaan dan menjualnya dipasar uang dan atau pasar modal. Keuntungannya antara lain nama perusahaan semakin dikenal dan perusahaan memiliki “tradable market instruments“ yang lebih mudah dikendalikan oleh manajemen ketimbang pinjaman dari bank.
(Sumber: Praktik Perbankan).
Definisi ?

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “sekuritisasi” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber. Untuk memahami lebih lanjut anda dapat membeli buku glosarium di toko buku terdekat maupun website toko buku online.

Arti kata sekuritisasi yang sudah tersedia pada website ini adalah sebagai bahan referensi semata yang bersifat umum.

Kita menyadari adanya keterbatasan dalam website ini terutama dalam upaya update/memberikan contoh sekuritisasi maupun penggunaan kata sekuritisasi. maka dari itu bagaimana jika Anda coba berbagi dan melengkapi cara penggunaan kata/istilah maupun contohnya dengan cara mengisi komentar di bawah ini. Yang artinya Anda sudah membantu website ini dan pengguna lain yang sama-sama membutuhkan informasi maksud dari sekuritisasi.


Istilah Umum | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata sekuritisasi | artinya apaan sih? | apa maksud perkataan sekuritisasi | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia | Kata-kata viral


sekuritisasi ekonomi bisnis