Cari Arti Kata

running time – (Multimedia)

Apa itu running time? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari running time. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian running time adalah:

Subjek Definisi
Radio ? running time : urut-urutan acara
Definisi ?

“Running time” dalam dunia multimedia adalah durasi total dari suatu konten multimedia, seperti film, video, atau audio. Hal ini mengacu pada panjang waktu yang dibutuhkan untuk memutar konten tersebut dari awal hingga akhir tanpa interupsi.

Dalam film, “running time” menunjukkan durasi keseluruhan film tersebut, mulai dari adegan pertama hingga adegan terakhir. Ini menjadi indikator bagi penonton tentang seberapa lama mereka akan menghabiskan waktu untuk menikmati cerita yang disajikan. Misalnya, film dengan “running time” yang panjang cenderung memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan karakter dan cerita, sementara yang lebih pendek biasanya lebih fokus pada cerita inti.

Bagi konten audiovisual lainnya, seperti video online atau program televisi, “running time” memengaruhi keputusan penonton untuk menyaksikan konten tersebut. Sebuah video pendek mungkin lebih menarik bagi mereka yang memiliki sedikit waktu, sementara konten yang lebih panjang mungkin menawarkan lebih banyak detail atau informasi.

“Running time” juga mempengaruhi produksi dan distribusi konten multimedia. Para pembuat film atau kreator konten harus mempertimbangkan panjang yang tepat agar konten mereka dapat menarik perhatian audiens tanpa terlalu memanjang yang dapat membuat kelelahan.

Secara umum, “running time” adalah parameter penting dalam mengevaluasi, membuat, dan menikmati konten multimedia, memberikan pandangan tentang seberapa lama audiens akan terlibat dengan cerita atau informasi yang disajikan.

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
FilmDurasi keseluruhan dari awal hingga akhir film.“Film ini memiliki running time sekitar 2 jam.”
TeaterWaktu yang dibutuhkan untuk pertunjukan teater dari awal hingga selesai.“Pertunjukan teater berlangsung selama 3 jam.”
MusikDurasi keseluruhan dari satu komposisi musik atau album.“Album ini memiliki running time sekitar 45 menit.”
OlahragaWaktu total yang dibutuhkan dalam satu pertandingan olahraga.“Running time pertandingan sepak bola adalah 90 menit.”
Acara TelevisiWaktu yang diperlukan untuk menyiarkan satu episode atau keseluruhan serial televisi.“Episode ini memiliki running time sekitar 40 menit.”
KonferensiDurasi dari awal hingga akhir acara konferensi atau presentasi.“Running time konferensi tersebut adalah 3 jam.”
PodcastPanjang waktu dari satu episode podcast atau seluruh seri podcast.“Podcast favorit saya memiliki running time 1 jam.”
Video GameWaktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan atau menjalani permainan video dari awal hingga selesai.“Game ini memiliki running time sekitar 20 jam.”

Istilah Terkait

Durasi (Duration): Durasi keseluruhan atau panjang waktu dari suatu konten multimedia atau kejadian tertentu.

Jam Tayang (Airtime): Waktu saat konten tayang atau disiarkan, khususnya pada media seperti televisi atau radio.

Panjang (Length): Ukuran waktu dari awal hingga akhir suatu konten atau kejadian, seringkali digunakan secara sinonim dengan “running time”.

Jam Kerja (Runtime): Waktu operasional atau berjalannya suatu program komputer, aplikasi, atau sistem.

Waktu Pemutaran (Playback Time): Waktu yang dibutuhkan untuk memutar sepenuhnya suatu konten, seperti video atau audio.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata running time, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai running time secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “running time” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.