risalah

Apa itu risalah? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari risalah. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian risalah adalah:

SubjekDefinisi
Agama Islam ?risalah : ajaran, tuntunan.
KamusDefinisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ?risalah : ri.sa.lah
[Ar n]
(1) yang dikirimkan (surat dsb);
(2) surat edaran (selebaran);
(3) karangan ringkas mengenai suatu masalah dalam ilmu pengetahuan;
(4) laporan rapat; notula
Malaysia (Dewan) ?risalah Ar 1. surat edaran (siaran): siaran itu dikeluarkan dgn rasmi melalui akhbar-akhbar dan beribu-ribu ~ yg ditaburkan;
2. karangan (rencana) ringkas mengenai sesuatu perkara: diusahakan buku-buku kecil atau ~-~ pengenalan tentang PBB;
~ ujian
Id karangan utk peperiksaan, disertasi;
3. sl yg diutuskan (surat, utusan, dll), yg dikirimkan;
menyebarkan (menyampaikan) ~ menyebarkan (menyampaikan) seruan agama (rasul-rasul);
Definisi ?risalah : kb, surat yang dikirimkan; surat edaran, ringkasan mengenai suatu ilmu.

Risalah, dalam konteks umum, adalah suatu pesan atau tulisan yang berisi informasi, ajaran, atau pandangan yang ingin disampaikan kepada orang lain. Istilah ini berasal dari bahasa Arab, yaitu “risālah,” yang artinya adalah pesan atau surat. Oleh karena itu, secara harfiah, risalah dapat diartikan sebagai suatu pesan yang hendak disampaikan.

Dalam konteks yang lebih spesifik, risalah seringkali merujuk pada karya tulis, pesan keagamaan, atau naskah yang mengandung ajaran moral atau filosofis. Risalah dapat berupa tulisan agama, panduan etika, atau penyampaian pemikiran yang memiliki tujuan tertentu.

Hal menariknya, istilah risalah sering digunakan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. Baik dalam agama, sastra, maupun politik, konsep risalah menjadi bagian penting untuk menyampaikan ide, norma, atau nilai-nilai tertentu kepada masyarakat.

Dalam dunia modern, risalah dapat diibaratkan sebagai pesan moral yang terselip di tengah hiruk-pikuk kehidupan. Sebagai contoh, pidato seorang pemimpin negara yang mengandung pesan perdamaian dan persatuan dapat dianggap sebagai suatu risalah modern.

Demikianlah, risalah, dengan pengertian dan definisinya yang bersifat luas, menjadi unsur yang kaya makna dan relevan dalam berbagai aspek kehidupan. Artinya, risalah bukan sekadar kata, melainkan juga menyimpan pesan-pesan berharga yang dapat membentuk pemahaman dan pandangan dunia seseorang.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa risalah memiliki pengertian sebagai pesan atau tulisan yang ingin disampaikan, baik dalam konteks agama, sastra, maupun kehidupan sehari-hari. Definisi ini mencakup makna yang luas dan menjadi bagian integral dari berbagai aspek kehidupan manusia.

Padanan Kata

  1. Bahasa Inggris: Epistle
  2. Bahasa Spanyol: Epístola
  3. Bahasa Prancis: Épître
  4. Bahasa Jerman: Epistel
  5. Bahasa Italia: Epistola
  6. Bahasa Rusia: послание (Poslanie)
  7. Bahasa Mandarin: 书信 (Shūxìn)
  8. Bahasa Jepang: 書簡 (Shokan)
  9. Bahasa Arab: رسالة (Risalah)
  10. Bahasa Portugis: Epístola

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
1. Konteks AgamaMerujuk pada tulisan atau pesan keagamaan yang memiliki ajaran moral atau filosofis.Risalah dalam Islam sering berisi ajaran dan petunjuk hidup.
2. Konteks SastraDigunakan untuk menyebut karya tulis, terutama yang mengandung nilai-nilai etika atau moral.Kumpulan risalah sastra klasik mencakup panduan hidup.
3. Konteks PolitikMerupakan pesan atau naskah yang mengandung ideologi politik atau pandangan tertentu.Pidato pemimpin negara bisa dianggap sebagai risalah politik.
4. Konteks PendidikanDapat merujuk pada materi ajar atau panduan pembelajaran tertentu.Risalah guru dapat membimbing siswa dalam pembelajaran.
5. Konteks SosialMerupakan pesan moral atau panduan etika yang relevan dalam kehidupan sehari-hari.Kampanye sosial sering menggunakan risalah untuk menyampaikan pesan.
6. Konteks BisnisDigunakan untuk merujuk pada pesan atau panduan dalam konteks bisnis atau manajemen.Risalah perusahaan berisi pedoman etika dan nilai perusahaan.
7. Konteks HukumMerupakan tulisan atau pesan yang berkaitan dengan hukum dan peraturan.Risalah hukum dapat berisi interpretasi atau analisis kasus.
8. Konteks TeknologiDapat merujuk pada panduan atau petunjuk teknis dalam pengembangan teknologi.Risalah pengembang software berisi petunjuk penggunaan sistem.

Istilah Terkait

Pesan (Message): Suatu komunikasi tertulis atau lisan yang berisi informasi atau instruksi yang ingin disampaikan kepada orang lain.

Naskah (Manuscript): Sebuah tulisan atau karya tertulis yang dapat mencakup berbagai genre, termasuk sastra, agama, atau ilmiah.

Epistel (Epistle): Sejenis surat atau tulisan formal, terutama yang memiliki nilai religius atau moral.

Petunjuk (Guidance): Informasi atau arahan yang diberikan untuk membimbing atau mengarahkan tindakan atau pemahaman seseorang.

Dokumen (Document): Sebuah rekaman tertulis atau cetakan yang berisi informasi, seringkali berupa panduan atau penjelasan.

Manifesto (Manifesto): Pernyataan atau deklarasi tertulis yang memuat tujuan, prinsip, atau pandangan yang ingin diadvokasi atau diumumkan.

Referensi: KBBI – Risalah

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata risalah, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai risalah secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “risalah” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.

Iklan Sponsor