resolusi – (Multimedia)

Apa itu resolusi? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari resolusi. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian resolusi adalah:

Subjek Definisi
Audio ? resolusi : VIDEO: Dalam tampilan layar Digital, in adalah jumlah Piksel berikut lebar dan tinggi gambar. Dalam layar tampilan apa pun, ini adalah pengamatan kejernihan rincian dalam gambar. Ini bisa berbeda untuk benda yang tidak bergerak dan benda bergerak, dan Resolusi penafsiaran bisa lain dari yang ditentukan secara teknis. AUDIO: istilah bebas yang digunakan untuk menguraikan persepsi rincian kecil dalam musik. Lihat: Piksel
Definisi ?

Resolusi dalam multimedia merujuk pada tingkat detail yang bisa direkam atau ditampilkan dalam suatu media, seperti gambar, video, atau layar. Ini diukur dalam jumlah piksel yang membentuk gambar atau layar.

Pada dasarnya, resolusi adalah cara kita mengukur seberapa jelas atau detail sebuah gambar atau video. Jumlah piksel pada layar atau gambar menentukan seberapa tinggi atau seberapa lebar informasi yang bisa ditampilkan. Misalnya, resolusi layar sering diukur dalam lebar x tinggi piksel, contohnya 1920×1080, yang berarti lebarnya 1920 piksel dan tingginya 1080 piksel.

Resolusi tinggi memberikan detail yang lebih baik, sedangkan resolusi rendah mungkin membuat gambar terlihat buram atau kurang jelas. Ini penting dalam multimedia karena semakin tinggi resolusinya, semakin banyak detail yang bisa ditampilkan. Misalnya, resolusi tinggi diperlukan untuk menikmati video berkualitas tinggi atau melihat gambar dengan detail halus.

Namun, semakin tinggi resolusinya, semakin besar pula ukuran file-nya. Misalnya, video dengan resolusi tinggi akan memerlukan lebih banyak penyimpanan daripada video dengan resolusi rendah. Ini menjadi pertimbangan penting dalam penggunaan multimedia, terutama di dunia digital yang terus berkembang.

Dalam ringkasnya, resolusi adalah pengukuran jumlah piksel dalam suatu gambar atau layar yang mempengaruhi tingkat detail yang bisa ditampilkan. Semakin tinggi resolusinya, semakin banyak detail yang bisa dilihat, namun juga memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa resolusi dalam multimedia adalah ukuran seberapa banyak detail yang bisa ditampilkan dalam suatu gambar, video, atau layar, diukur dalam jumlah piksel yang membentuk tampilan tersebut. Semakin tinggi resolusinya, semakin banyak detail yang bisa ditampilkan, namun juga memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan.

Contoh Ukuran

Ukuran Resolusi LayarContoh Penggunaan
320×240Layar ponsel lama, game klasik
640×480Webcam awal, monitor kecil
1280×720Video HD, layar laptop umum
1920×1080Video Full HD, monitor komputer standar
2560×1440Layar monitor tinggi (Quad HD)
3840×2160Video 4K, monitor Ultra HD
7680×4320Video 8K, resolusi tinggi terbaru

Contoh Resolusi Gambar Di Medsos

Facebook:
Profil Foto: Minimum 180×180 piksel.
Cover Foto: 820×312 piksel untuk desktop, 640×360 piksel untuk mobile.

Instagram:
Foto Profil: 110×110 piksel.
Foto pada Feed: 1080×1080 piksel (untuk kualitas terbaik).
Foto Story: 1080×1920 piksel (format vertikal).

Twitter / X:
Profil Foto: Minimum 400×400 piksel, maksimum 2MB.
Foto pada Feed: 1200×675 piksel (untuk tampilan terbaik).

LinkedIn:
Profil Foto: Minimum 400×400 piksel, maksimum 20.000×20.000 piksel.
Foto pada Feed: 1200×627 piksel.

Pinterest:
Profil Foto: Minimum 165×165 piksel.
Foto pada Feed: Disarankan 1000×1500 piksel.

YouTube:
Thumbnail Video: 1280×720 piksel (dalam rasio 16:9).
Foto Profil: Minimum 98×98 piksel.

Istilah Terkait

DPI (Dots Per Inch) (Titik Per Inci):
DPI adalah ukuran resolusi cetak yang mengacu pada jumlah titik atau “dots” yang bisa dicetak dalam satu inci pada kertas atau media cetak. Semakin tinggi DPI-nya, semakin tinggi pula kualitas cetak gambar atau teks.

PPI (Pixels Per Inch) (Piksel Per Inci):
PPI adalah ukuran resolusi layar yang mengacu pada jumlah piksel yang dapat ditampilkan dalam satu inci pada layar perangkat. Semakin tinggi PPI-nya, semakin tajam tampilan gambar atau teks pada layar.

Aspect Ratio (Rasio Aspek):
Aspect ratio adalah perbandingan antara lebar dan tinggi suatu gambar atau layar. Misalnya, rasio aspek layar standar 16:9 menunjukkan bahwa lebar layar adalah 16 unit dan tingginya 9 unit.

Native Resolution (Resolusi Asli):
Native resolution adalah resolusi asli atau bawaan dari layar perangkat. Ketika tampilan digunakan pada resolusi lain, gambar akan diubah atau diperbesar untuk sesuai dengan resolusi asli layar, yang bisa mempengaruhi kualitas tampilan.

Upscaling dan Downscaling (Penskalaan Naik dan Penurunan):
Upscaling adalah proses meningkatkan resolusi dari gambar atau video ke resolusi yang lebih tinggi, sedangkan downscaling adalah kebalikannya, yaitu mengurangi resolusi ke resolusi yang lebih rendah. Proses ini bisa mempengaruhi kualitas gambar atau video tergantung pada algoritma yang digunakan.

Resolusi Video – Sumber Youtube
Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata resolusi, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai resolusi secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata ā€œresolusiā€ berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.