reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis)

reksa dana syariah ekonomi bisnis

Arti kata reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis), Definisi reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis) adalah?

Apa itu reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis)? yang dimaksud dengan reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis) adalah kata yang memiliki artinya, silakan ke tabel. reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis) biasanya ada dalam kamus atau glossary berikut ini untuk penjelasan apa arti makna dan maksudnya.


Pengertian reksa dana syariah adalah:

SubjekDefinisi
Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id) ?reksa dana syariah : Adalah reksa dana yang beroperasi menurut ketentuan dan prinsip Syari‘ah Islam, baik dalam bentuk akad antara pemodal sebagai pemilik harta (shahib al-mal/rabb al-mal) dengan Manager Investasi sebagai wakil shahib al-mal, maupun antara Manajer Investasi sebagai wakil shahib al-mal dengan pengguna investasi.

Beberapa ketentuan Reksa Dana Syariah:
1. Mekanisme operasional terdiri atas:
o Antara pemodal dengan manajer investasi dilakukan dengan sistem wakalah
o Antara Manajer Investasi dan pengguna investasi dilakukan dengan sistem Mudharabah
2. Karakteristik sistem Mudharabah adalah:
o Pembagian keuntungan antara pemodal (shahibul maal) yang diwakili oleh Manajer Investasi dan pengguna investasi berdasarkan pada proporsi yang telah disepakati kedua belah pihak melalui Manajer Investasi dan tidak ada jaminan hasil investasi tertentu kepada pemodal
o Pemodal hanya menanggung risiko sebesar dana yang telah diberikan
o Manajer Investasi sebagai wakil tidak menaggung resiko kerugian atas investasi yang dilakukannya sepanjang bukan karena kelalaiannya(gross negligence/tafrith)
3. Jenis dan instrumen investasi
o Investasi hanya dapat dilakukan pada instrumen keuangan yang sesuai dengan Syari’ah Islam
o Instrumen keuangan dimaksud meliputi; Saham yang telah melalui penawaran umum dan pembagian dividen berdasarkan pada tingkat laba usaha; penempatan pada Deposito pada Bank Umum Syari’ah; Surat hutang jangka panjang yang sesuai dengan prinsip Syari’ah.
4. Jenis usaha emiten

Investasi hanya dapat dilakukan pada efek-efek yang diterbitkan oleh pihak (emiten) yang jenis kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan Syari’ah Islam
5. Jenis transaksi yang dilarang

Pemilihan dan pelaksanaan transaksi investasi harus dilaksanakan menurut prinsip kehati- hatian (ihtiyath/Prudential Management), serta tidak diperbolehkan melakukan spekulasi yang didalamnya mengandung unsur gharar.(7);(13).
(Sumber: Fatwa DSN).

Definisi ?

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis)” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.

Arti kata reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis) yang ada pada website ini adalah sebagai bahan referensi semata. Penggunaan website ini ditujukan untuk khalayak umum, maka dari itu, untuk referensi yang lebih mendetail mengenai terminologi, definisi reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis) lebih lanjut dapat mencarinya di Google Scholar atau website literasi lainnya.

Arti reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis) (dalam glosarium.org) menurut setiap bidang pelajaran, pekerjaan, maupun kamus, terkadang diisi pengertian menurut para ahli dan juga pengertian berdasarkan kutipan dari buku maupun dari publikasi yang didapat dari beberapa website universitas dan Instansi pemerintah yang dirasa penting dan dapat memperkaya wawasan suatu definisi.

Kita menyadari cukup kesulitan dalam upaya update contoh reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis) maupun penggunaan kata reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis). maka dari itu bagi yang mau berbagi cara penggunaan kata/istilah maupun contohnya dapat mengisi komentar di bawah ini.


Istilah Umum | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis) | artinya apaan sih? | apa maksud perkataan reksa dana syariah – (Ekonomi / Bisnis) | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

~ Mengisi kolom komentar ini tunduk pada peraturan Glosarium.org ~