Cari Arti Kata

reaction – (Olahraga)

Apa itu reaction? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari reaction. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian reaction adalah:

Subjek Definisi
Futsal ? reaction (Reaksi) – Gerakan cepat yang terjadi dalam keadaan sadar dan karena dilatih terus menerus terhadap suatu hal tertentu sehingga menimbulkan kebiasaan terhadap hal yang telah dilatih.
Definisi ?

Di dunia olahraga, istilah “reaction” merujuk pada kemampuan seorang atlet untuk merespons secara cepat dan efektif terhadap perubahan situasi atau stimuli yang terjadi di sekitarnya saat berkompetisi. Ini bukan sekadar tentang respons fisik semata, tetapi juga kognitif, di mana atlet harus secara cepat memproses informasi yang diterima dan mengambil tindakan yang tepat.

Reaction dalam olahraga memiliki peran penting dalam banyak cabang olahraga, seperti sepak bola, bola basket, tenis, dan bahkan olahraga individu seperti tinju atau atletik. Seorang atlet yang memiliki reaction time yang baik dapat memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan.

Hal menariknya, reaction time dapat ditingkatkan melalui latihan dan pengalaman. Latihan yang terfokus, baik dalam hal fisik maupun mental, dapat membantu meningkatkan ketepatan, kecepatan, dan kualitas respons atlet terhadap situasi yang muncul di lapangan atau arena pertandingan.

Faktor-faktor yang memengaruhi reaction time antara lain adalah faktor genetik, latihan, tingkat konsentrasi, dan bahkan tingkat kelelahan atlet. Ketika atlet berlatih secara konsisten, otak dan tubuhnya menjadi lebih terbiasa dalam merespons secara cepat terhadap situasi yang berubah dengan cepat.

Dalam olahraga, reaction yang cepat juga bisa menjadi faktor penentu antara kemenangan dan kekalahan. Seorang atlet yang mampu merespons dengan cepat terhadap gerakan lawan atau situasi yang berubah dapat memiliki keunggulan taktis yang signifikan.

Berbagai latihan dan teknik khusus dapat digunakan untuk meningkatkan reaction time, mulai dari latihan visual dan latihan fisik yang difokuskan pada peningkatan kecepatan respon otot. Semakin sering latihan dilakukan, semakin terampil pula atlet dalam merespons dengan cepat terhadap stimulus yang muncul di sekitarnya.

Dengan demikian, reaction dalam dunia olahraga bukan hanya sekadar kemampuan fisik semata, tetapi juga keterampilan kognitif yang dapat ditingkatkan melalui latihan yang terencana dan berkelanjutan.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa reaction dalam olahraga merupakan kemampuan penting bagi seorang atlet dalam merespons dengan cepat terhadap situasi yang berubah di arena pertandingan, dan kemampuan ini dapat ditingkatkan melalui latihan yang terfokus serta pengalaman yang terus-menerus.

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
OlahragaMerespons dengan cepat terhadap perubahan situasi di lapangan atau arena pertandingan.Seorang pemain sepak bola yang memiliki reaction time yang cepat dapat dengan cepat mengambil keputusan untuk menggiring bola atau mengoper ke rekan satu timnya.
KimiaProses di mana dua zat atau lebih bereaksi satu sama lain untuk membentuk produk baru.Ketika zat A bereaksi dengan zat B, hasilnya adalah terbentuknya zat C dan zat D.
BiologiRespons tubuh terhadap stimulus tertentu, seperti reaksi alergi atau respon terhadap patogen.Seorang individu dapat memiliki reaksi alergi terhadap debu, menyebabkan bersin atau hidung gatal.
PsikologiTanggapan emosional atau mental terhadap suatu kejadian atau stimulus.Seseorang mungkin memiliki reaksi emosional yang kuat terhadap film yang menyentuh hati.
FisikaRespons terhadap gaya atau tekanan eksternal, seperti reaksi dalam hukum Newton ketiga.Saat seseorang berjalan, mereka mendorong tanah ke belakang, dan tanah memberikan gaya yang sama ke depan, menyebabkan seseorang bisa bergerak maju.
ElektronikaRespon terhadap sinyal atau stimulus elektrik.Dalam rangkaian elektronik, transistor melakukan reaksi terhadap sinyal input untuk mengatur arus keluaran.
SosialRespons atau tanggapan terhadap suatu peristiwa atau situasi di masyarakat.Masyarakat memberikan reaction yang beragam terhadap keputusan pemerintah yang kontroversial.
KomputerRespon atau tanggapan dari perangkat lunak atau sistem komputer terhadap input pengguna.Saat pengguna menekan tombol keyboard, komputer memberikan reaction dengan menampilkan karakter yang sesuai di layar.
Reaction Youtuber

Istilah Terkait

Respons (Response): Tindakan atau tanggapan terhadap suatu stimulus atau situasi tertentu, bisa bersifat fisik, emosional, atau mental.

Reaksi Kimia (Chemical Reaction): Proses di mana dua atau lebih zat bereaksi satu sama lain untuk membentuk zat-zat baru dengan sifat yang berbeda.

Refleks (Reflex): Respons fisik yang instan terhadap stimulus tertentu tanpa melalui proses pemikiran yang sadar.

Respon Emosional (Emotional Response): Reaksi atau tanggapan yang berkaitan dengan perasaan atau emosi terhadap suatu kejadian atau stimulus.

Reaksi Rantai (Chain Reaction): Serangkaian reaksi berturut-turut di mana hasil dari satu reaksi menjadi stimulus untuk reaksi berikutnya.

Referensi: Klik di sini untuk membuka KBBI: Reaksi

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata reaction, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai reaction secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “reaction” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.