Cari Arti Kata

rangsangan

Apa itu rangsangan? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari rangsangan. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian rangsangan adalah:

Subjek Definisi
Sistem koordinasi, syaraf, indera ? rangsangan : perubahan lingkungan yang dapat diterima oleh reseptor.
Kamus Definisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ? rangsangan : rang.sang.an
[v]
(1) rangsang;
(2) dorongan
Malaysia (Dewan) ? rangsangan sesuatu yg merangsang, faktor (sumber dsb) yg menimbulkan sesuatu perasaan atau reaksi: Skinner juga berpegang pd teori behaviorisme, iaitu pembelajaran berlaku kalau ada ~ dan gerak balas;
Definisi ?

Rangsangan adalah apa pun yang memicu atau merangsang respon dari organisme atau sistem biologis. Ini bisa berupa stimulus fisik, kimia, atau bahkan sinyal dari lingkungan sekitar. Rangsangan bisa datang dalam berbagai bentuk, seperti cahaya, suara, sentuhan, atau zat kimia tertentu. Ketika organisme menerima rangsangan, sistem saraf atau reseptor khusus akan merespons dengan cara tertentu, seperti mengirimkan sinyal ke otak atau merangsang respons fisik yang sesuai.

Padanan Kata

Bahasa Inggris: stimulus
Bahasa Spanyol: estímulo
Bahasa Prancis: stimulus
Bahasa Jerman: Reiz
Bahasa Italia: stimolo
Bahasa Rusia: стимул (stimul)
Bahasa Mandarin: 刺激 (cìjī)
Bahasa Jepang: 刺激 (shigeki)
Bahasa Arab: محفز (muhaffiz)
Bahasa Korea: 자극 (jageuk)

Penggunaan Kata

Fisiologi dan Biologi: Rangsangan dalam konteks ini mengacu pada apa pun yang memicu respon dari organisme atau sistem biologis, seperti rangsangan sensorik (seperti cahaya, suara, atau sentuhan) yang memicu respons fisik atau reaksi biologis.

Pendidikan dan Pembelajaran: Rangsangan dapat merujuk pada teknik atau cara yang digunakan untuk membangkitkan minat atau respons dalam proses belajar, seperti penggunaan gambar, pertanyaan, atau eksperimen untuk memicu keingintahuan atau pemahaman.

Psikologi dan Emosi: Dalam konteks psikologis, rangsangan bisa berarti apa pun yang mempengaruhi atau memicu reaksi emosional seseorang, seperti situasi atau peristiwa yang memicu kebahagiaan, kecemasan, atau stres.

Perekonomian: Dalam ekonomi, rangsangan bisa merujuk pada upaya pemerintah atau lembaga untuk merangsang pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan fiskal atau moneter, seperti stimulus ekonomi yang ditujukan untuk meningkatkan konsumsi atau investasi.

Teknologi dan Komputasi: Dalam bidang teknologi, rangsangan bisa berarti sinyal atau input yang diberikan kepada sistem komputer atau perangkat elektronik untuk memicu respons atau aksi tertentu.

Cerita

Di kebun kecil yang tersembunyi di tepi hutan, ada kehidupan yang penuh keajaiban. Di tengah-tengahnya berdiri tumbuhan putri malu yang cantik. Ceritanya dimulai dengan embun pagi yang menari di helai daunnya yang halus. Setiap pagi, sinar matahari membangunkan tumbuhan ini dari tidurnya yang lelap.

Tumbuhan putri malu dikenal karena sifatnya yang unik: sensitif terhadap sentuhan. Namun, proses terjadinya rangsangan pada tumbuhan putri malu jauh lebih dalam dari sekadar itu.

Di balik dedaunan halusnya, sekelompok sel khusus menyimpan rahasia. Saat daunnya disentuh atau dirangsang oleh sentuhan, sel-sel ini cepat merespons. Ada sejenis perubahan yang terjadi dalam sel-sel itu yang membuat daun-daun tersebut merasa seperti bergetar dalam sensitivitasnya.

Pagi itu, seekor kupu-kupu melayang lembut mendekati tumbuhan putri malu. Dengan kelembutan, ia hinggap di salah satu daunnya. Sentuhan ringan dari sayap kupu-kupu menyentuh daun itu, dan seperti sihir, tumbuhan itu merespons dengan cepat. Daun-daun itu merapat, mengubah diri menjadi bentuk yang lebih kecil, seolah-olah ingin bersembunyi dari pandangan.

"Kenapa kamu malu-malu, dear putri malu?" bisik kupu-kupu dengan lembut.

Tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan kupu-kupu itu, tetapi keajaiban ini adalah bagian dari pesona alam. Sentuhan ringan atau gerakan lembut saja sudah cukup untuk merangsang tumbuhan ini. Itulah keunikan dari tumbuhan putri malu yang membuatnya menarik perhatian semua makhluk yang melintas.

Saat matahari mencapai puncaknya di langit, daun-daun tumbuhan putri malu perlahan-lahan mulai kembali ke bentuk semula. Mereka membuka diri, memperlihatkan keindahan mereka kepada dunia.

Dalam cerita yang singkat ini, proses terjadinya rangsangan pada tumbuhan putri malu adalah keindahan alami yang menunjukkan bagaimana alam mempunyai cara untuk merespons terhadap lingkungannya. Sentuhan lembut, sinar matahari, atau bahkan hembusan angin, semuanya menjadi bagian dari dialog yang ajaib antara tumbuhan dan alam sekitarnya.

Rangsangan pada Hewan

Sentuhan: Hewan seperti kucing merespons sentuhan yang lembut dengan berbagai cara, seperti berguling-guling atau menggerakkan ekor mereka.

Suara: Bunyi-bunyian tertentu bisa menjadi rangsangan untuk hewan. Contohnya, anjing yang merespons suara peluit sebagai sinyal untuk melakukan perintah tertentu.

Cahaya: Burung-burung sering kali merespons perubahan cahaya sebagai tanda untuk memulai atau mengakhiri aktivitas tertentu, seperti bernyanyi di pagi hari atau bersiap untuk beristirahat di malam hari.

Bau: Hewan memiliki indera penciuman yang sensitif. Bau makanan atau bahaya dapat menjadi rangsangan yang memicu respons perilaku tertentu pada hewan.

Rangsangan Internal: Misalnya, lapar atau haus adalah rangsangan internal yang mendorong hewan untuk mencari makanan atau minuman.

Rangsangan pada Tumbuhan

Cahaya: Proses fotosintesis pada tumbuhan dimulai oleh rangsangan cahaya. Tanaman mengarahkan pertumbuhan dan orientasi daun-daunnya berdasarkan arah cahaya matahari.

Air: Kekeringan tanah adalah rangsangan yang memicu respons tumbuhan untuk menggerakkan akarnya lebih dalam ke dalam tanah untuk mencari air.

Sentuhan: Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tumbuhan putri malu adalah contoh unik di mana sentuhan atau rangsangan fisik membuat daun-daunnya merespons dengan menutup atau menyusut.

Kimia: Zat kimia tertentu, seperti hormon atau senyawa-senyawa tertentu, bisa menjadi rangsangan yang memicu perubahan dalam pertumbuhan atau proses biokimia pada tumbuhan.

Suhu: Perubahan suhu yang ekstrem atau fluktuasi suhu dapat menjadi rangsangan bagi tumbuhan untuk mengubah respons pertumbuhan atau melindungi diri, misalnya dengan menggugurkan daun pada musim dingin.

Istilah Terkait

Reseptor (Receptor): Struktur atau organ pada organisme yang menerima dan merespons rangsangan tertentu dari lingkungan eksternal atau internal.

Respons (Response): Reaksi atau perubahan yang terjadi dalam organisme sebagai hasil dari rangsangan yang diterima, bisa berupa respons fisik, kimia, atau perilaku.

Stimulasi (Stimulation): Proses atau efek dari memberikan rangsangan pada organisme atau sistem biologis, menghasilkan respons atau perubahan dalam perilaku, fisiologi, atau lingkungan.

Sensor (Sensor): Alat atau struktur biologis yang mendeteksi atau merasakan rangsangan, seperti sensor pada organisme atau perangkat buatan yang digunakan untuk mengukur atau mendeteksi lingkungan sekitarnya.

Sensitivitas (Sensitivity): Kemampuan organisme atau sistem biologis untuk merespons atau mendeteksi rangsangan tertentu, menunjukkan seberapa responsifnya organisme terhadap perubahan lingkungan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata rangsangan, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai rangsangan secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “rangsangan” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.