Cari Arti Kata

polistiren

Apa itu polistiren? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari polistiren. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian polistiren adalah:

Subjek Definisi
BSE Fisika Kelas 10 ? polistiren : polimer sintetis yang satuan pembentuknya adalah gugus eter (BSE: Fisika 1 SN09)
Definisi ?

Polistiren, atau sering disebut juga sebagai styrofoam, adalah jenis polimer yang ringan, tahan terhadap panas, dan sering digunakan dalam pembuatan berbagai produk, seperti kotak pendingin, bungkus, dan sebagai bahan isolasi. Ini adalah polimer termoplastik yang terbentuk dari monomer styrene.

Polistiren memiliki kegunaan yang luas karena sifatnya yang ringan, tahan terhadap kelembaban, dan dapat diubah bentuknya dengan mudah. Namun, kelemahannya adalah polistiren sulit diuraikan oleh alam dan bisa mencemari lingkungan jika tidak didaur ulang dengan benar.

Dalam bentuk busa, polistiren menjadi material populer karena kemampuannya sebagai isolator termal yang baik, membuatnya digunakan dalam konstruksi bangunan dan dalam kemasan untuk melindungi barang-barang rapuh dari kerusakan.

Pneggunaan Kata

Industri Pembuatan Plastik: Polistiren merujuk pada jenis polimer yang digunakan dalam pembuatan berbagai produk plastik. Ini bisa termasuk produk-produk seperti gelas plastik, wadah makanan, mainan, dan banyak lagi.

Konstruksi: Dalam bidang konstruksi, polistiren sering kali digunakan sebagai bahan isolasi termal. Ini dapat hadir dalam bentuk panel atau lembaran yang digunakan untuk isolasi dinding, atap, atau struktur bangunan lainnya.

Kemasan: Polistiren juga sering digunakan dalam industri kemasan sebagai bahan pelindung. Anda mungkin menemui polistiren dalam bentuk busa untuk melindungi barang-barang rapuh atau sensitif selama transportasi.

Seni dan Kerajinan: Beberapa orang menggunakan polistiren sebagai bahan dasar dalam proyek seni atau kerajinan tangan. Polistiren bisa dipahat, dipotong, atau diubah bentuknya untuk membuat berbagai karya seni.

Cerita

Suatu hari di laboratorium, Andri duduk dengan bungkam, mata yang menatap ke dalam kehampaan sambil berpikir tentang eksperimennya yang terhenti. Saat itulah, langkah ringan menghampiri—Alexa, teman sejawatnya yang bersemangat.

"Dikalahkan oleh pemikiran ilmiah lagi, ya?" tanya Alexa sambil tersenyum ramah, menaruh beberapa tabung cairan berwarna-warni di atas meja.

Andri mengangkat kepalanya, terkejut, "Oh, hei Alexa. Yah, aku agak tersesat dalam pikiranku tentang reaksi yang harus kukerjakan."

"Sekarang, bagaimana jika kita mencoba sesuatu yang menarik?" tanya Alexa sambil menarik perhatian Andri ke tabung-tabung cairan di mejanya. "Aku ingin membuat polistiren!"

Wajah Andri berubah bingung. "Polistiren? Apa itu? Bagaimana kita bisa membuatnya?"

Alexa tersenyum cerah, mulai menjelaskan. "Polistiren adalah jenis plastik yang sering kita lihat dalam berbagai produk sehari-hari. Kita bisa membuatnya dari zat kimia yang ada di sini. Ini adalah polimer yang ringan, kuat, dan memiliki banyak kegunaan, dari bungkus hingga bahan isolasi."

Andri menatap tabung-tabung cairan dengan rasa ingin tahu yang tumbuh. "Tapi bagaimana kita bisa mengubah cairan ini menjadi polistiren?"

Alexa menjelaskan sambil memetik satu tabung. "Nah, kita memulainya dengan monomer styrene di sini." Dia menunjukkan cairan bening dalam tabung. "Kemudian, dengan reaksi kimia tertentu, kita bisa menggabungkan molekul-molekul ini menjadi rantai panjang, membentuk polistiren."

Andri mulai menangkap ide di balik reaksi kimia yang dijelaskan Alexa. Wajahnya bersinar dengan keingintahuan. "Itu luar biasa! Jadi, kita menciptakan polistiren dengan menggabungkan molekul-molekul ini?"

Alexa mengangguk antusias. "Ya, itulah dasarnya! Kita perlu mengatur reaksi kimia dengan hati-hati dan memeriksa prosesnya dengan teliti untuk mendapatkan polistiren yang konsisten dan berkualitas tinggi."

Andri tersenyum, energi baru menyala di matanya. "Aku tertarik untuk mencoba ini. Terima kasih, Alexa, telah membuka mataku pada proses ini!"

Dua teman sejawat itu kemudian duduk bersama, mulai merencanakan percobaan mereka untuk menciptakan polistiren. Dengan cairan kimia di tangan mereka dan semangat pengetahuan yang membara, mereka bersiap untuk menjalani perjalanan ilmiah yang menarik, menciptakan polistiren dari reaksi kimia yang mendebarkan.

Istilah Terkait

Polimer (Polymer): Merujuk pada molekul besar yang terbentuk dari pengulangan struktur kecil yang disebut monomer. Polistiren adalah salah satu contoh polimer yang terbuat dari monomer styrene.

Termoplastik (Thermoplastic): Jenis polimer yang bisa dipanaskan dan membentuk ulang bentuknya ketika dipanaskan secara berulang. Polistiren termasuk dalam kategori termoplastik.

Styrene (Stirena): Merupakan monomer yang digunakan dalam pembuatan polistiren. Styrene adalah bahan dasar yang bergabung untuk membentuk rantai panjang menjadi polistiren.

Isolasi Termal (Thermal Insulation): Proses atau bahan yang digunakan untuk mengurangi atau mencegah perpindahan panas dari satu tempat ke tempat lain. Polistiren sering digunakan sebagai bahan isolasi termal karena sifat ringannya dan kemampuannya dalam mengurangi aliran panas.

Daur Ulang (Recycling): Proses mengambil bahan yang sudah dipakai dan mengolahnya menjadi bahan baru yang dapat digunakan kembali. Dalam konteks lingkungan, daur ulang polistiren sangat penting untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata polistiren, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai polistiren secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “polistiren” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.