Cari Arti Kata

point of interest – (Multimedia)

Apa itu point of interest? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari point of interest. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian point of interest adalah:

Subjek Definisi
fotografi ? point of interest (POI) : terjemahan bebasnya adalah "titik yang menarik", yaitu lokasi titik tertentu yang memungkinkan seseorang menemukan hal yang menarik pada sebuah foto, atau singkatnya adalah objek utama dari sebuah foto.
Definisi ?

Dalam dunia multimedia, istilah “point of interest” merujuk pada titik atau area tertentu dalam suatu gambar atau video yang dianggap memiliki nilai signifikan atau menarik. Pada dasarnya, “point of interest” adalah fokus utama yang diinginkan atau yang dapat menarik perhatian pemirsa. Sebagai contoh, dalam sebuah foto kota metropolitan, gedung pencakar langit mungkin menjadi “point of interest” karena keindahannya atau nilai arsitekturnya yang menonjol.

Pentingnya memahami konsep “point of interest” dalam multimedia adalah untuk menciptakan komposisi visual yang menarik dan efektif. Dengan menentukan dengan jelas “point of interest,” pembuat konten multimedia dapat memandu pemirsa ke area yang dianggap paling relevan atau menonjol dalam karya mereka.

Dalam hal ini, pemahaman yang baik mengenai “point of interest” sangat diperlukan untuk menciptakan pengalaman visual yang menarik bagi pemirsa. Dengan menekankan pada “point of interest,” sebuah karya multimedia dapat lebih efektif menyampaikan pesan atau cerita kepada penontonnya.

Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa “point of interest” bersifat relatif dan dapat bervariasi tergantung pada konteks serta tujuan dari suatu produksi multimedia. Sebuah “point of interest” yang efektif dalam video mungkin berbeda dengan yang diinginkan dalam sebuah foto, dan pemahaman konteks menjadi kunci dalam menentukan titik fokus yang sesuai.

Contoh

  1. “Migrant Mother” oleh Dorothea Lange (1936)
    • Point of Interest: Wajah ibu yang sedang merenung, dikelilingi oleh dua anaknya yang bersandar padanya. Ekspresi wajah ibu tersebut menjadi “point of interest” karena berhasil menggambarkan kesulitan hidup pada masa Depresi Besar di Amerika Serikat.
  2. “Afghan Girl” oleh Steve McCurry (1984)
    • Point of Interest: Wajah seorang gadis Afghanistan dengan mata yang sangat menonjol. Mata yang intens dan ekspresi wajahnya menjadi “point of interest,” menciptakan daya tarik dan kekuatan emosional dalam potret ini.
  3. “The V-J Day in Times Square” oleh Alfred Eisenstaedt (1945)
    • Point of Interest: Ciuman pasangan yang merayakan berakhirnya Perang Dunia II. Ciuman tersebut menjadi “point of interest” karena merefleksikan kegembiraan dan kelegaan pada momen bersejarah, menangkap atmosfer euforia di Times Square.

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
FotografiDalam fotografi, “point of interest” merujuk pada titik fokus utama yang menarik perhatian pemirsa dalam sebuah gambar.Sebuah foto alam dengan gunung yang menjadi “point of interest” karena keindahannya yang menonjol.
Multimedia DigitalDalam desain grafis atau video, “point of interest” adalah area yang diutamakan untuk menarik perhatian pemirsa.Dalam animasi, karakter utama sering kali menjadi “point of interest” untuk memandu pemirsa melalui cerita.
PariwisataDalam peta atau panduan pariwisata, “point of interest” adalah lokasi menarik atau landmark yang layak dikunjungi.Museum Louvre di Paris menjadi salah satu “point of interest” yang disorot dalam peta wisata kota.
Teknologi NavigasiDalam navigasi GPS, “point of interest” bisa menjadi referensi penting untuk membantu pengguna menemukan lokasi tertentu.Restoran terkenal atau stasiun kereta api dapat diidentifikasi sebagai “point of interest” dalam sistem navigasi.
Penelitian IlmiahDalam penelitian ilmiah, “point of interest” mungkin merujuk pada temuan atau data kunci yang menjadi fokus utama penelitian.Dalam studi epidemiologi, penyebaran penyakit dapat menjadi “point of interest” untuk menentukan pola dan dampaknya.
Pemasaran ProdukDalam pemasaran, “point of interest” adalah fitur atau manfaat produk yang diunggulkan untuk menarik perhatian konsumen.Dalam iklan mobil, keamanan tinggi atau efisiensi bahan bakar dapat menjadi “point of interest” yang dipromosikan.
Penulisan ArtikelDalam penulisan, “point of interest” adalah gagasan atau informasi kunci yang menonjol dalam suatu artikel.Dalam artikel tentang teknologi terbaru, inovasi terkini dalam kecerdasan buatan bisa menjadi “point of interest” yang menarik pembaca.
Fotografi JurnalistikDalam fotografi berita, “point of interest” sering kali merujuk pada elemen yang menggambarkan inti dari suatu kejadian.Dalam liputan demonstrasi, ekspresi emosi pada wajah seorang demonstran bisa menjadi “point of interest” yang mencerminkan suasana.

Istilah Terkait

Fokus Utama (Main Focus): Area atau elemen dalam suatu karya multimedia yang menjadi pusat perhatian utama.

Sentralitas Visual (Visual Centrality): Konsep mengenai sejauh mana suatu elemen atau area menarik perhatian visual dalam suatu komposisi.

Tumpuan Perhatian (Attentional Anchoring): Proses menetapkan suatu elemen atau area sebagai pusat perhatian untuk memandu pengamatan pemirsa.

Pokok Cerita (Narrative Centerpiece): Elemen kunci dalam sebuah cerita atau presentasi yang menjadi pusat fokus untuk mengembangkan narasi.

Pusat Kepentingan (Center of Interest): Lokasi atau elemen tertentu yang disoroti untuk menarik perhatian dalam konteks artistik atau desain.

Marka Bumi (Landmark): Lokasi terkenal atau titik referensi yang dapat dijadikan acuan dalam navigasi atau peta.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata point of interest, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai point of interest secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “point of interest” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.