Cari Arti Kata

pembungkus

Apa itu pembungkus? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari pembungkus. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian pembungkus adalah:

Subjek Definisi
Bidang Nuklir ? pembungkus : ialah seperangkat komponen yang diperlukan untuk menjamin dipenuhinya syarat-syarat pembungkusan. Dalam pengertian pembungkus termasuk wadah bahan absorbsi kerangka, penahan radiasi, peralatan pendinginan, penyerap goncangan dan isolasi panas. (batan.go.id)
Kamus Definisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ? pembungkus : pem.bung.kus
[n] alat untuk membungkus; barang yang dipakai untuk membalut
Malaysia (Dewan) ? pembungkus 1. : bahan (kertas, kain, daun, dsb) utk membungkus sesuatu; 2. orang (syarikat dsb) yg membungkus;
3 . sesuatu yg digunakan utk atau dlm kerja membungkus: mesin ~ gula-gula.
Definisi ?
Sinonim pembungkus n pelapis, pembalut, penyalut, sampul, sarung;

Pembungkus adalah sesuatu yang secara harfiah melingkupi atau melapisi suatu objek dengan maksud untuk melindunginya, membungkusnya, atau mengemasnya. Dalam konteks yang lebih luas, pengertian pembungkus juga mencakup segala jenis material atau bahan yang digunakan untuk tujuan tersebut. Sebagai contoh, ketika kita membeli suatu barang, seringkali kita akan menemui pembungkus berupa kertas, plastik, atau karton yang melindungi barang tersebut dari kerusakan atau pencurian. Demikian pula, pada level industri, pembungkus sering digunakan untuk mengemas produk secara massal sebelum didistribusikan ke konsumen akhir. Jadi, secara sederhana, pembungkus adalah segala sesuatu yang digunakan untuk melindungi atau mengemas barang atau objek lainnya sehingga dapat dipindahkan atau disimpan dengan aman.

Padanan Terkait

BahasaPadananContoh
InggrisWrapperThe candy wrapper was discarded on the sidewalk.
IndonesiaPembungkusPembungkus kado yang indah membuat hadiah terlihat lebih menarik.
MalaysiaPembalutPembalut makanan ini terbuat dari plastik yang tahan air.
SpanyolEnvoltorioEl envoltorio del regalo estaba decorado con un lazo.
PrancisEmballageL’emballage du produit était endommagé lors de la livraison.
JermanVerpackungDie Verpackung des Produkts war beschädigt.
ItaliaInvolucroL’involucro del caramello era colorato e attraente.
PortugisEmbalagemA embalagem do produto estava danificada na entrega.
BelandaVerpakkingDe verpakking van het product was beschadigd bij levering.
RusiaОбёртка (Obyortka)Обёртка конфеты была брошена на тротуаре.
Arabتغليف (Taghleef)تم رمي غلاف الحلوى على الرصيف.
Mandarin包装 (Bāozhuāng)产品的包装在交付时受损。

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
PackagingDalam konteks pengemasan barang atau produk untuk tujuan distribusi atau penjualan.Pembungkus plastik digunakan untuk melindungi makanan dari kontaminasi.
KadoPenggunaan pembungkus untuk membungkus hadiah atau kado.Aku membuka pembungkus kado dengan hati-hati untuk melihat apa yang ada di dalamnya.
MakananPembungkus yang digunakan untuk melindungi makanan atau mengemas makanan.Pembungkus aluminium digunakan untuk membungkus sisa makanan yang tersisa.
PerhiasanPembungkus yang biasanya digunakan untuk melindungi perhiasan atau barang berharga.Kotak pembungkus perhiasan itu terlihat begitu mewah dengan hiasan berlian di atasnya.
FarmasiPenggunaan pembungkus dalam industri farmasi untuk melindungi obat-obatan.Dokter memberikan saya obat dalam pembungkus blister untuk memudahkan dosis harian.
ElektronikPembungkus yang digunakan untuk mengemas produk elektronik.Saya menyimpan semua kotak dan pembungkus elektronik agar barang-barang saya terlindungi.
TransportasiPenggunaan pembungkus dalam pengemasan barang untuk pengiriman atau transportasi.Pembungkus kardus yang kuat diperlukan untuk mengirimkan barang secara internasional.
LingkunganUpaya untuk menggunakan pembungkus ramah lingkungan atau daur ulang.Restoran itu mulai menggunakan pembungkus daur ulang untuk mengurangi limbah plastik.

Istilah Terkait

Kantong (Bag) : Sebuah wadah fleksibel yang biasanya terbuat dari plastik atau kertas untuk menyimpan atau membawa barang.

Pelindung (Protector) : Sesuatu yang digunakan untuk melindungi barang dari kerusakan atau bahaya.

Penutup (Cover) : Material yang digunakan untuk menutupi atau melindungi suatu objek.

Kantung (Pouch) : Sejenis tas kecil atau kantung yang biasanya terbuat dari plastik atau kain dan digunakan untuk menyimpan barang.

Alas (Wrapper) : Material yang digunakan untuk membungkus atau melapisi suatu objek.

Pembalut (Wrapping) : Proses atau tindakan membungkus atau melapisi suatu objek dengan material tertentu.

Amplop (Envelope) : Selembar kertas atau material lain yang digunakan untuk menyimpan surat atau dokumen, seringkali dilengkapi dengan segel.

Referensi: Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Referensi: Kamus Dewan Bahasa dan Pustaka (DBP)

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata pembungkus, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai pembungkus secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “pembungkus” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.