Cari Arti Kata

operation

Apa itu operation? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari operation. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian operation adalah:

Subjek Definisi
Medis EN (kuliahbahasainggris.com) ? operation = Operasi
Nuklir Batan ? operation : operasi : Seluruh kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dibangunnya instalasi nuklir pada kondisi aman, termasuk kegiatan perawatan, pemuatulangan bahan bakar, inspeksi internal, dan kegiatan lain. (Sumber : batan.go.id – jika ada rumus, kunjungi website sumber.)
Definisi ?

Operasi, dalam konteks yang luas, adalah serangkaian tindakan atau prosedur yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam berbagai bidang, baik itu militer, matematika, teknologi, kedokteran, atau bisnis, konsep operasi memiliki makna yang khas. Operasi bisa merujuk pada aksi fisik yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti dalam operasi militer di mana pasukan bergerak untuk mencapai kemenangan atau dalam konteks bedah di mana tindakan dilakukan untuk memperbaiki kondisi medis seseorang. Namun, operasi juga bisa merujuk pada proses atau tindakan yang lebih abstrak, seperti dalam operasi matematika di mana operasi aritmatika dilakukan untuk mengolah angka atau dalam operasi bisnis di mana strategi dilaksanakan untuk mencapai keuntungan.

Pengertian operasi dapat sangat bervariasi tergantung pada konteksnya. Secara umum, operasi adalah rangkaian kegiatan terencana yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam konteks bisnis, misalnya, operasi mencakup semua aktivitas yang terlibat dalam menjalankan sebuah perusahaan, mulai dari produksi barang atau layanan hingga distribusi dan pemasaran. Di bidang militer, operasi merujuk pada tindakan yang dilakukan oleh pasukan untuk mencapai keunggulan taktis atau strategis atas lawan mereka. Sementara itu, dalam matematika, operasi adalah manipulasi simbol atau objek sesuai dengan aturan tertentu, seperti dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian.

Dalam esensi yang lebih luas, operasi adalah tentang melakukan tindakan yang terorganisir dan terencana untuk mencapai hasil yang diinginkan. Baik itu dalam konteks fisik atau abstrak, operasi mengandung arti bahwa ada suatu proses yang dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali terlibat dalam berbagai operasi tanpa menyadarinya, mulai dari memasak makanan di dapur hingga merencanakan perjalanan liburan.

Dengan demikian, “operasi” adalah konsep yang melibatkan tindakan terencana dan terorganisir untuk mencapai tujuan tertentu, dan maknanya dapat bervariasi tergantung pada konteksnya.

Padanan Terkait

BahasaPadananContoh
InggrisOperationThe operation was successful.
IndonesiaOperasiOperasi tersebut berhasil.
MalaysiaOperasiOperasi itu berjaya.
SpanyolOperaciónLa operación fue un éxito.
PrancisOpérationL’opération a été un succès.
JermanOperationDie Operation war erfolgreich.
ItaliaOperazioneL’operazione è stata un successo.
RusiaоперацияОперация прошла успешно.
Cina (Mandarin)手术手术很成功。
Arabعمليةكانت العملية ناجحة.
Jepang手術手術は成功しました。
Korea수술수술이 성공적이었습니다.

Analogi

Jadi, gini analoginya, bayangkan kamu sedang merencanakan sebuah pesta besar. Nah, “operasi” itu seperti persiapan dan pelaksanaan pesta itu. Pertama-tama, kamu harus membuat daftar tamu, menentukan tema, memilih tempat yang tepat, dan membeli semua perlengkapan yang diperlukan. Ini seperti perencanaan operasi di mana segala sesuatunya disusun dengan rapi sebelum tindakan dilakukan.

Kemudian, saat pesta dimulai, kamu harus mengatur semua detailnya agar semuanya berjalan lancar. Kamu harus memastikan makanan dan minuman tersedia, musik diputar dengan baik, dan tamu-tamu merasa nyaman. Ini mirip dengan pelaksanaan operasi di mana langkah-langkah yang direncanakan diterapkan dengan hati-hati untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Terakhir, setelah pesta selesai, kamu harus membersihkan semua barang dan memastikan bahwa semuanya kembali seperti semula. Ini seperti tahap pasca-operasi di mana pasien dirawat dan lingkungan operasi dipulihkan ke kondisi semula setelah tindakan selesai.

Jadi, dalam analogi ini, “operasi” bisa dibayangkan seperti merencanakan, melaksanakan, dan menyelesaikan sebuah pesta besar dengan semua langkah yang terorganisir dengan baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
MiliterMerujuk pada tindakan atau operasi yang dilakukan oleh pasukan militer untuk mencapai tujuan tertentu.Operasi militer dilakukan untuk merebut kembali wilayah yang diduduki oleh musuh.
KedokteranMengacu pada tindakan medis yang dilakukan oleh dokter untuk diagnosis, pengobatan, atau pembedahan.Pasien menjalani operasi jantung untuk memperbaiki kerusakan katup.
BisnisMenyiratkan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menjalankan perusahaan atau bisnis.Perusahaan mengadakan operasi penjualan besar-besaran untuk menarik pelanggan baru.
MatematikaMerujuk pada manipulasi simbol atau objek sesuai dengan aturan tertentu, seperti dalam aritmatika.Operasi penjumlahan dan pengurangan digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika.
TeknologiMengacu pada proses atau tindakan yang dilakukan dalam pengembangan atau pemeliharaan teknologi.Operasi pemeliharaan rutin dilakukan pada sistem komputer untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.
AstronomiMerujuk pada serangkaian tindakan atau eksperimen yang dilakukan dalam penelitian atau observasi astronomi.Operasi pengamatan dilakukan untuk mengamati gerhana bulan yang langka.
HukumMengacu pada tindakan atau langkah hukum yang dilakukan untuk menegakkan aturan atau mencapai keadilan.Operasi penyelidikan dilakukan oleh polisi untuk menangkap tersangka kejahatan.
PenerbanganMerujuk pada serangkaian tindakan yang dilakukan sebelum, selama, dan setelah penerbangan pesawat.Operasi penerbangan dilakukan oleh awak kabin untuk memastikan keselamatan penumpang selama penerbangan.

Istilah Terkait

Proses (Process): Serangkaian langkah atau aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Tindakan (Action): Sesuatu yang dilakukan untuk mencapai hasil atau efek tertentu.

Eksperimen (Experiment): Serangkaian tindakan atau prosedur yang dilakukan untuk menguji suatu hipotesis atau mendapatkan data.

Langkah (Step): Satu bagian dari serangkaian tindakan atau proses yang diambil untuk mencapai tujuan tertentu.

Operatif (Operative): Sesuatu yang berkaitan dengan atau berfungsi dalam operasi atau proses tertentu.

Intervensi (Intervention): Tindakan yang dilakukan untuk memengaruhi atau merubah suatu kondisi atau situasi.

Rutinitas (Routine): Serangkaian kegiatan yang dilakukan secara teratur atau berulang sesuai dengan prosedur atau jadwal yang ditentukan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata operation, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai operation secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “operation” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.