Cari Arti Kata

neolib – (Ekonomi / Bisnis)

Apa itu neolib – (Ekonomi / Bisnis)? yang dimaksud dengan neolib – (Ekonomi / Bisnis) itu adalah kata yang memiliki artinya, silahkan ke tabel berikut untuk penjelasan apa arti makna dan maksudnya.


Pengertian neolib adalah:

Subjek Definisi
Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id) ? neolib (Neo Liberal) : Adalah suatu paham yang merumuskan suatu cara dalam perbaikan ekonomi bagi negara berkembang yang di terapkan oleh lembaga-lembaga yang terlibat dalam Konsensus Washington untuk membatu krisis ekonomi di Amerika Latin (yaitu negara-negara Meksiko, Brasil , Argentina). Kemudian Rumusan ini juga diterapkan kepada negara-negara berkembang lainnya yang juga mengalami krisis ekonomi. Konsesus Washington itu dirumuskan oleh Departemen Keuangan Amerika Serikat, Bank Dunia (World Bank), International Monetary Fund (IMF) dalam suatu pertemuan di Washington pada pertengahan tahun 80 an. Konsensus Washington tersebut terdiri atas 10 (sepuluh ) kebijakan yang perlu diterapkan oleh negara yang mengalami krisis ekonomi. Kesepuluh kebijakan tersebut adalah :
1. Disiplin fiskal (fiscal policy). Pemerintah negara berkembang diminta untuk menjaga anggarannya agar tetap surplus. Namun bila sistim fiskalnya tertekan hebat, masih ditoleransi mengalami defisit asal tidak melebihi 2 % dari PDB (Produk Domestik Bruto).
2. APBN (belanja pemerintah) seyogianya diprioritaskan untuk memperbaiki distribusi pendapatan. Pemerintah disarankan untuk banyak membiayai proyek-proyek atau program-program untuk menaikkan pendapatan kelompok miskin. Agar indeks Gini menrurun.
3. Sektor fiskal (perpajakan) perlu direformasi,terutama dengan melakukan perluasan objek pajak dan wajib pajak (broaden the base).
4. Sektor finansial perlu diliberalisasikan. Para penabung arus tetap mendapat suku bunga riil positif (positive real interest rate) dan hindari perlakuan suku bunga khusus kepada debitur tertentu.
5. Dalam penentuan kurs mata uang, seyogianya dilakukan dengan mempertimbangkan daya saing (competitiveness) dan kredibilitas. Kurs yang terlalu kuat se-olah olah kredibel, tapi tidak membantu daya saing produk-produk eksport. Sebaliknya bila kurs terlalu lemah, kredibilitas perekonomian akan runtuh.
6. Perdagangan sebaiknya diliberalisasikan. Pemerintah harus menghapus berbagai hambatan yang bersifat kuantitatif agar arus perdagangan bisa lancar dan efisien.
7. Hendaknya investasi asing tidak didiskriminasikan. Perlakukanlah investasi asing sama dengan investasi domestik, karena keduanya sama-sama diperlukan untuk mendorong perekonomian dan menciptakan lapangan kerja.
8. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seyogianya di privatisasikan. Tujuannya untuk menaikkan efisiensi dan membantu pembiayaan defisit APBN.
9. Lakukan deregulasi atau hilangkan segala macam bentuk retriksi atau berbagai hambatan bagi perusahaan baru untuk masuk pasar. Buatlah iklim kompetisi di pasar.
10. Pemerintah perlu menghormati dan melindungi hak cipta (property right) agar menumbuhkan iklim innovatif.(2).(Sumber : NN).
Definisi ?

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “neolib – (Ekonomi / Bisnis)” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber. Untuk memahami lebih lanjut anda dapat membeli buku glosarium di toko buku terdekat maupun website toko buku online.


Istilah Umum | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata neolib – (Ekonomi / Bisnis) | artinya apaan sih? | apa maksud perkataan neolib – (Ekonomi / Bisnis) | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia