mediasi

Apa itu mediasi? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari mediasi. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian mediasi adalah:

SubjekDefinisi
PKn / Pendidikan KewargaNegaraan ?mediasi : proses pengikutsertaan pihak ketiga dalam penyelesaian suatu perselisihan sebagai penasihat.
IPS / Ilmu Pengetahuan Sosial ?mediasi : Bentuk akomodasi yang digunakan oleh pihak-pihak yang sedang bersilisih dalam proses mencari solusinya, tetapi belum mampu mencapai proses akhir penyelesaian sehingga membutuhkan pihak ketiga.

mediasi : cara penyelesaian masalah dengan mengambil jalan tengah melalui mediator.


mediasi : hampir menyerupai arbitration. Pada mediasi (mediation), diundangnya pihak ketiga itu hanya sebagai penasihat belaka; tugas pihak ketiga adalah memberi nasihat agar para pihak yang bertikai melakukan perdamaian

Sosiologi ?mediasi (mediation) : cara untuk mencapai sebuah kompromi melalui pihak ketiga yang bersifat netral dan berfungsi sebagai penasehat.

mediasi : Cara penyelesaian sengketa dengan menggunakan pihak ketiga yang keputusan-keputusannya tidak mengikat.


mediasi : suatu proses yang dilakukan oleh mediator untuk membantu para pihak yang bersengketa dalam bernegosiasi dan berkomunikasi sehingga tercipta kesepakatan baru


mediasi : adalah cara untuk mencapai sebuah kompromi melalui pihak ketiga, tetapi pihak ketiganya netral.


mediasi : Melarai pertikaian yang dilakukan pihak ketiga tetapi tidak memihak.


mediasi : Penghentian pertikaian oleh pihak ketiga dengan diberikan keputusan yang mengikat


mediasi : Penyelesaian konflik melalui pihak ketiga yang netral sebagai penasehat.


mediasi : suatu usaha untuk mengendalikan konflik dengan cara menunjuk pihak ketiga.


mediasi : Upaya pihak ketiga untuk menolong pihak yangberkomflik.


mediasi, yaitu penyelesaian konflik melalui pihak ketiga yang dipilih oleh kedua belah pihak yang bertikai. Dan menjadi penengah

Hukum ?mediasi : Kesepakatan tertulis para pihak, sengketa atau beda pendapat diselesaikan melalui bantuan seorang atau lebih penasehat ahli maupun melalui seorang mediator yang netral
Peradilan Agama ?mediasi : Cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan para pihak dengan dibantu oleh mediator.
Hubungan Internasional ?mediasi : Cara perundingan yang berbeda dengan jasa baik, karena pihak ketiga dalam mediasi terdapat intervensi yag lebih nyata.
Bentuk Akomodasi ?mediasi (Mediation) : Hampir mirip arbitrasi, ada pihak ketiganya. Netral dan tidak bisa memutuskan. Ia hanya bisa mengusahakan jalan damai tetapi tidak mempunyai wewenang untuk menyelesaikan masalah.

mediasi (mediation) : Mediasi adalah bentuk akomodasi yang hampir sama dengan arbitrasi yaitu mengundang pihak ketiga yang netral untuk mendamaikan dan menyelesaikan pertentangan di antara orang atau kelompok tersebut. Pihak ketiga dalam hal ini sifatnya hanya sebagai penasihat dan tidak mempunyai kedudukan atau wewenang untuk membuat keputusan seperti halnya yang terjadi dalam arbitrasi.


mediasi (mediation) : Mediasi hampir sama dengan arbitrasi. Akan tetapi, dalam hal ini fungsi pihak ketiga hanya sebagai penengah dan tidak memiliki wewenang dalam penyelesaian sengketa.


mediasi : Mediasi merupakan penyelesaian konflik yang dilakukan melalui suatu jasa perantara yang bersikap netral. Pada mediasi, terdapat pihak yang berusaha untuk mempertemukan pihak-pihak yang bertikai antara dua belah pihak.


mediasi : Penyelesaian konflik yang dilakukan melalui suatu jasa perantara yang bersikap netral.
Contoh = Jika ada sepasang suami-istri yang mau bercerai pasti ada pihak ketiga sebagai penasehat .

Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (KEMSOS) ?mediasi : Diversi dalam bentuk perantaraan yang dilakukan oleh polisi untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan korban dan perlindungan terhadap anak sebagai pelaku, dalam upaya menyelesaikan persoalan yang timbul akibat perbuatan anak
Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (KEMSOS) ?mediasi : Kegiatan untuk menyalurkan kepentingan berbagai pihak, baik kepentingan organisasi atau lembaga penyedia pelayanan maupun antara pihak yang membutuhkan dengan pemilik sumber , sehingga tercipta suatu sistem konsultasi dan advokasi keluarga yang mengungtungkan kepentingan sasaran
KamusDefinisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ?mediasi : me.di.a.si
[n] proses pengikutsertaan pihak ketiga dalam penyelesaian suatu perselisihan sebagai penasihat
Definisi ?mediasi : proses penyertaan pihak ketiga dalam penyelesaian suatu perselisihan.
Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata mediasi, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai mediasi secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “mediasi” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.

Iklan Sponsor