Cari Arti Kata

lori

Apa itu lori? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari lori. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian lori adalah:

Subjek Definisi
Perkeretaapian ? lori : Lori adalah kendaraan angkut dengan atau tanpa penggerak sendiri yang dapat diangkat dari rel di jalan bebas oleh tenaga yang ada pada kendaraan tersebut dalam waktu tidak lebih dari 2 menit, dan digunakan untuk memeriksa prasarana serta membawa petugas dan/atau material kerja. (PD 19 Jilid II) (kereta-api.co.id)
Kamus Definisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ? lori : lo.ri
[n]
(1) gerobak yang berjalan di atas rel;
(2) mobil pengangkut barang


[n] burung yang mirip dengan burung nuri
Malaysia (Dewan) ? lori I sj kenderaan besar utk mengangkut barang-barang di darat: ~ balak;
~ hantu
lori yg beroperasi di tapak binaan, ladang dsb tanpa cukai jalan, insurans dsb.


lori II sj burung nuri.
Definisi ? lori : kb, gerobak tebu yang berjalan di rel; kb, burung yang mirip dengan burung nuri.

Lori merupakan kendaraan bermotor yang dirancang khusus untuk mengangkut barang dengan kapasitas besar. Lori seringkali digunakan dalam berbagai sektor industri, termasuk logistik, konstruksi, dan manufaktur. Secara sederhana, lori dapat diartikan sebagai kendaraan beroda banyak yang didesain untuk membawa beban besar. Lori umumnya memiliki struktur yang kokoh dan dilengkapi dengan ruang kargo yang luas untuk mengakomodasi barang-barang berukuran besar atau jumlah yang signifikan.

Kamu dapat membayangkan lori sebagai ‘pekerja keras’ di dunia transportasi, yang bertugas untuk membawa berbagai jenis muatan dari satu tempat ke tempat lainnya. Akan tetapi, pentingnya lori dalam rantai pasok modern tidak dapat diabaikan. Lori memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam memperlancar arus barang dan material di berbagai sektor industri. Dengan kemampuannya untuk membawa beban besar, lori memainkan peran penting dalam mendukung keberlanjutan aktivitas ekonomi.

Dengan demikian, dalam konteks transportasi dan logistik, lori menjadi elemen integral yang menunjang efisiensi dan efektivitas distribusi barang. Pemahaman mengenai peran serta fungsi lori menjadi hal menariknya ketika kita melihat bagaimana kendaraan ini turut berkontribusi dalam memastikan ketersediaan berbagai produk di pasar dengan tepat waktu.

Beberapa jenis kendaraan yang termasuk dalam kategori lori meliputi truk, tronton, fuso, dan pick-up bak terbuka. Kendaraan-kendaraan ini didesain khusus untuk keperluan pengangkutan barang dalam jumlah besar. Truk, sebagai contoh, memiliki berbagai ukuran dan kapasitas, dan sering digunakan dalam berbagai industri seperti distribusi, konstruksi, dan logistik.

Tronton adalah varian dari truk yang memiliki kapasitas muatan yang lebih besar dan sering digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar antar kota atau bahkan antar pulau. Fuso, juga merupakan jenis truk, biasanya digunakan untuk pengangkutan barang dalam skala menengah hingga besar.

Sementara itu, pick-up bak terbuka umumnya digunakan untuk keperluan pengangkutan barang dalam skala yang lebih kecil. Meskipun kapasitasnya tidak sebesar truk atau tronton, pick-up ini tetap menjadi opsi yang populer dalam kegiatan distribusi barang di tingkat lokal.

Jadi, berbagai kendaraan seperti truk, tronton, fuso, dan pick-up bak terbuka dapat disebut sebagai lori, masing-masing mempunyai peran dan kapasitas muatan yang sesuai dengan kebutuhan pengangkutan yang beragam.

Padanan Kata

  1. Inggris: Truck
  2. Spanyol: Camión
  3. Prancis: Camion
  4. Jerman: Lastwagen
  5. Italia: Camion
  6. Portugis: Camião
  7. Belanda: Vrachtwagen
  8. Rusia: Грузовик (Gruzovik)
  9. Cina (Mandarin): 卡车 (Kǎchē)
  10. Jepang: トラック (Torakku)

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
TransportasiLori digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar dari satu tempat ke tempat lain.Sebuah lori mengirimkan pasokan barang ke pusat distribusi.
KonstruksiDalam industri konstruksi, lori membawa material konstruksi seperti batu, pasir, dan kayu.Lori membongkar material konstruksi di lokasi proyek.
LogistikLori memainkan peran kunci dalam rantai pasok dan distribusi barang ke berbagai titik penjualan.Perusahaan logistik menggunakan lori untuk mengirim pesanan pelanggan.
PerindustrianDalam sektor manufaktur, lori digunakan untuk mengangkut barang jadi dari pabrik ke gudang penyimpanan.Lori membawa produk-produk elektronik dari pabrik ke pusat distribusi.
Pengangkutan SampahLori sampah bertugas mengumpulkan dan mengangkut limbah dari tempat-tempat berbeda ke tempat pembuangan akhir.Lori sampah mengangkut limbah rumah tangga ke tempat pengolahan limbah.
PertanianPetani menggunakan lori untuk mengangkut hasil panen dari ladang ke pasar atau tempat penyimpanan.Lori membawa hasil panen sayuran dari kebun ke pasar lokal.
Distribusi BarangLori digunakan untuk mendistribusikan barang-barang ke berbagai toko dan pusat perbelanjaan.Lori distribusi mengantarkan produk-produk ke toko-toko di seluruh kota.
Bantuan BencanaDalam situasi bencana, lori sering digunakan untuk mengangkut bantuan seperti makanan dan obat-obatan ke lokasi yang terkena dampak.Lori membawa bantuan kemanusiaan ke daerah terdampak gempa bumi.

Istilah Terkait

Truk (Truck): Kendaraan bermotor dengan kapasitas muatan yang dirancang untuk mengangkut barang.

Kargo (Cargo): Barang atau muatan yang diangkut oleh lori atau kendaraan pengangkut lainnya.

Logistik (Logistics): Manajemen dan perencanaan pergerakan dan penyimpanan barang, termasuk penggunaan lori dalam rantai pasok.

Pengangkutan Barang (Freight Transport): Proses mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain menggunakan berbagai jenis kendaraan, termasuk lori.

Pusat Distribusi (Distribution Center): Tempat penyimpanan sementara yang digunakan untuk mendistribusikan barang ke berbagai tujuan menggunakan lori.

Muatan Bersama (Consolidated Load): Penggabungan muatan dari beberapa pengirim atau penerima yang berbeda dalam satu lori untuk efisiensi pengiriman.

Referensi: KBBI – Lori

Referensi: PRPM – Lori

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata lori, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai lori secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “lori” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.