Cari Arti Kata

lawless crowd

Apa itu lawless crowd? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari lawless crowd. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian lawless crowd adalah:

Subjek Definisi
Kelompok ? lawless crowd : Yaitu kerumunan orang-orang yang berlawanan dengan hukum, misalnya: acting mobs, yakni kerumunan orang-orang yang bermaksud mencapai tujuan tertentu dengan menggunakan kekuatan fisik. Contoh lain: immoral crowd, seperti formal audience, tetapi bersifat menyimpang.
Definisi ?

Dalam konteks yang lebih luas, “lawless crowd” adalah istilah yang merujuk pada kerumunan atau massa yang kehilangan kendali atas perilaku mereka dan tidak tunduk pada hukum atau aturan yang mengatur tindakan mereka. Pengertian ini sering kali terkait dengan situasi di mana orang-orang berkumpul dalam jumlah besar dan, akibatnya, kehilangan rasa tanggung jawab individual serta kepatuhan terhadap norma-norma sosial yang ada. Ketika sebuah kerumunan menjadi “lawless”, itu berarti mereka tidak lagi mematuhi aturan-aturan yang biasanya mengatur perilaku manusia dalam keadaan normal. Lawless crowd bukanlah semata-mata sekumpulan orang, tetapi lebih merupakan representasi dari hilangnya kontrol dan ketertiban di antara mereka. Akan tetapi, penting untuk dicatat bahwa tidak semua kerumunan berujung pada keadaan “lawless”; banyak kerumunan dapat tetap menjaga keteraturan dan mengikuti norma-norma sosial, terlepas dari ukurannya. Dalam konteks keamanan publik, penanganan kerumunan yang berpotensi menjadi “lawless” memerlukan strategi yang cermat dan pengawasan yang ketat untuk mencegah terjadinya kekacauan atau tindakan yang melanggar hukum.

Padanan Terkait

BahasaPadananContoh
InggrisLawless crowdThe lawless crowd turned violent.
IndonesiaKerumunan liarKerumunan liar itu menjadi kacau.
MalaysiaKerumunan tanpa undang-undangKerumunan tanpa undang-undang itu menimbulkan kekacauan.
SpanyolMultitud descontroladaLa multitud descontrolada se volvió violenta.
PerancisFoule sans loiLa foule sans loi est devenue violente.
JermanGesetzlose MengeDie gesetzlose Menge wurde gewalttätig.
ItaliaFolla senza leggeLa folla senza legge è diventata violenta.
PortugisMultidão sem leiA multidão sem lei ficou violenta.
BelandaWetteloze menigteDe wetteloze menigte werd gewelddadig.
RusiaБеззаконная толпа (Bezzakonnaya tolpá)Беззаконная толпа стала насильственной.
Cina (Mandarin)无法无天的人群 (Wúfǎwútiān de rénqún)无法无天的人群变得暴力。
Arabحشد بلا قانون (Hashd bila qanun)تحول الحشد بلا قانون إلى عنف.

Penggunaan kata

KonteksDeskripsiContoh
Keamanan PublikMengacu pada situasi di mana kerumunan besar kehilangan kendali dan tidak mematuhi hukum atau aturan, berpotensi menimbulkan kekacauan atau tindakan kriminal.Polisi harus mengendalikan kerumunan liar yang berkumpul di pusat kota.
Acara PublikDigunakan untuk merujuk pada kerumunan yang tidak terkendali selama acara publik, seperti konser atau festival, dapat menimbulkan risiko keamanan bagi peserta dan pengunjung lainnya.Pengatur acara harus memiliki rencana darurat untuk menghadapi kemungkinan kerumunan tanpa undang-undang.
Unjuk RasaMenunjukkan kerumunan yang bersifat protes atau demonstrasi, yang dapat berakhir dalam kekacauan dan bentrokan dengan kekuatan keamanan atau kelompok lainnya.Unjuk rasa damai bisa berubah menjadi kerumunan tanpa undang-undang jika tidak diawasi dengan ketat.
Kegaduhan JalananMerujuk pada situasi di mana kerumunan besar mengganggu ketertiban umum di jalan-jalan kota, mungkin dengan tindakan vandalisme atau pelemparan benda-benda.Polisi harus segera menanggapi laporan tentang kehadiran kerumunan liar di jalan-jalan utama.
Kontrol MassaMenggambarkan situasi di mana pihak berwenang kesulitan mengendalikan atau mengatur perilaku sebuah kerumunan yang besar dan tidak terorganisir.Diperlukan taktik khusus untuk mengendalikan kerumunan tanpa undang-undang selama perayaan besar.
Kericuhan OlahragaDigunakan untuk menyebut kerumunan yang tidak terkendali di acara olahraga, sering kali terjadi setelah pertandingan yang kontroversial atau di mana rivalitas antara pendukung terasa kuat.Kerumunan liar meletus di stadion setelah tim tuan rumah kalah dalam pertandingan penting.
Kehilangan KontrolMerujuk pada situasi di mana individu-individu dalam kerumunan kehilangan kendali diri mereka dan bertindak secara impulsif atau kekerasan, terlepas dari hukum atau aturan yang berlaku.Polisi harus segera mengambil tindakan jika kerumunan mulai terlihat tidak terkendali.
Ancaman KeamananMenandakan situasi di mana kerumunan yang tidak terkendali dapat membahayakan keselamatan publik atau menyebabkan kerugian materiil, memerlukan intervensi segera dari pihak berwenang.Penyelenggara harus siap untuk menghadapi ancaman dari kerumunan tanpa undang-undang selama acara besar.

Istilah Terkait

Anarki Massa (Mass Anarchy): Keadaan di mana kerumunan besar kehilangan kendali dan mengabaikan hukum atau otoritas, sering kali berujung pada tindakan kekerasan atau kekacauan.

Kerusuhan Publik (Public Riot): Gangguan massal yang melibatkan kerumunan besar yang tidak terkendali, sering kali menyebabkan kerusakan properti dan kekacauan jalanan.

Perusakan Massal (Mass Destruction): Tindakan merusak yang dilakukan oleh kerumunan besar yang tidak terkendali, sering kali mengakibatkan kerugian besar terhadap properti publik atau swasta.

Bentrokan Kerumunan (Crowd Clash): Pertikaian atau konflik fisik yang terjadi antara kelompok-kelompok dalam sebuah kerumunan besar yang kehilangan kendali.

Kericuhan Massal (Mass Turmoil): Keadaan kekacauan yang diakibatkan oleh kerumunan besar yang tidak terkendali, sering kali disertai dengan tindakan kekerasan dan penjarahan.

Pembajakan Jalanan (Street Hijacking): Pengambilalihan atau pengendalian jalanan oleh kerumunan besar yang tidak tunduk pada hukum atau peraturan yang berlaku.

Revolusi Sosial (Social Revolution): Perubahan besar-besaran dalam struktur sosial atau politik suatu masyarakat yang dipicu oleh gerakan massal yang tidak terkendali dan menentang otoritas yang ada.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata lawless crowd, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai lawless crowd secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “lawless crowd” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.