Lompat ke konten

krisis subprime mortgage – (Ekonomi / Bisnis)

Apa sih yang dimaksud dengan kata atau istilah krisis subprime mortgage? Glosarium.org mengumpulkan beberapa pengertian atau arti dari kata tersebut pada beberapa kamus dan subjek berikut ini: Leksikon Bank Indonesia, Ekonomi & Bisnis, dll.

Kita sajikan artinya menggunakan tabel berdasarkan bidang maupun kamusnya, dengan maksud untuk mempermudah penjelasan kata krisis subprime mortgage.

Pengertian krisis subprime mortgage adalah:

SubjekDefinisi
Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id) ?krisis subprime mortgage : Adalah krisis diAmerika Serikat,berawal dari kebijakan pemerintah yang cenderung ekspansif.

Kebijakan pemerintah yang akomodatif beberapa tahun sebelum terjadinya krisis telah memicu maraknya praktik penyaluran kredit berisiko tinggi. Lebih jauh lagi, meningkatnya insentif pinjaman (seperti kemudahan syarat mengajukan pinjaman) yang didukung tren jangka panjang peningkatan harga rumah telah mendorong debitur untuk mengajukan kredit KPR yang lebih berisiko, dengan berharap dapat melakukan refinancing pada suku bunga yang lebih rendah.

Gagal bayar dan tindakan pengambilalihan (foreclosure) meningkat secara dramatis sejalan dengan berakhirnya periode suku bunga tetap di awal pinjaman, sementara adjustable rate mortgage (ARM) menjadi lebih tinggi. Kredit subprime memberi kontribusi besar pada peningkatan pemilikan rumah dan besarnya permintaan di sektor properti. Tingginya permintaan akan rumah memicu harga rumah meningkat . Persyaratan kredit yang cukup longgar dan ekspektasi bahwa harga rumah akan terus meningkat mendorong banyak debitur kategori subprime untuk mengajukan kredit dengan ARM. Kredit ini memberi kemudahan bagi debitur dengan memberlakukan suku bunga rendah untuk satu periode waktu tertentu (initial grace period), yang diikuti dengan pemberlakuan suku bunga pasar untuk periode berikutnya. Di pertengahan tahun 2007, terjadi krisis yang dipicu oleh gagal bayar di kelompok subprime, yang kemudian memicu pecahnya bubble di sektor properti. Pada September 2008, rata-rata harga rumah di AS telah turun 20% dari level tertingginya di pertengahan tahun 2006. Penurunan harga rumah membuat debitur tidak dapat melakukan refinancing sehingga banyak yang tidak mampu membayar cicilan bulanan yang semakin besar.

Banyaknya debitur yang gagal membayar cicilan rumahnya membuat bank / kreditur mengambil alih kepemilikan rumah sehingga angka foreclosure dan supply rumah untuk dijual meningkat.

Gagal bayar di sektor subprime menyebabkan nilai aset MBS (Morgage Backed Securities) jatuh dan mendorong bank investasi terbesar di AS mengalami kerugian besar. Selama September 2008 Lehman Brothers menyatakan bangkrut, sementara Bear Sterns dan Merril Lynch diambil alih kepemilikannya oleh bank lain. Kolapsnya 3 dari 5 bank investasi terbesar di AS, menambah ketidakstabilan di pasar keuangan global. Dua bank investasi lainnya yaitu Morgan Stanley dan Goldman Sachs memilih beralih menjadi bank komersial. Penurunan nilai aset MBS mendorong investor pemegang CDS (Credir Default Swap) mengalami kerugian cukup besar. Perusahaan asuransi seperti American International Group (AIG), MBIA dan Ambac menghadapi potensi kerugian yang cukup besar dari kepemilikan CDS saat mulai terjadi default pada KPR di AS. Bahkan AIG memerlukan bantuan dari Pemerintah karena memiliki eksposur yang besar senilai 440 miliar dolar AS.(2)(Sumber : Bank Indonesia)

Definisi ?

Jika kesulitan untuk melihat tabel pada pengguna peramban mobile, saya sarankan untuk mencoba mengusap slide tabelnya ke arah kiri atau menggunakan mode lanskap agar tabel menjadi lebih lebar.

Mengenai definisi kata-kata yang ada pada situs ini semuanya memiliki sumber, oleh karena itu, bagi yang membutuhkan sumber artinya, dapat menghubungi pihak website ini melalui email, facebook, twitter, dan juga Youtube Channel. Akan tetapi dibutuhkan waktu setidaknya satu minggu prosesnya.

Semoga bermanfaat ulasan sederhana ini mengenai arti dari kata krisis subprime mortgage. Dalam kesempatan selanjutnya mungkin kata ini akan dilengkapi dengan contoh penggunaan kata dan juga penjelasan yang lebih lengkap dan interaktif melalui video.

Jangan lupa juga Subscribe Youtube channel kita di Glosarium Online ya guys! untuk Update kata-kata menarik, viral dan populer yang ada di situs ini.


Penjelasan singkat | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata krisis subprime mortgage | artinya apaan sih? | apa maksud kata-kata | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia | Kata-kata viral


krisis subprime mortgage ekonomi bisnis