Cari Arti Kata

Jutek – (Gaul)

Apa itu Jutek? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari Jutek. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian Jutek adalah:

Subjek Definisi
Definisi ? Jutek : Sering banget dengar ini. Kata ini sering dipake Pekerja Seks Komersil (PSK) di awal tahun 2000-an buat nyebut pria sombong dan jarang senyum. Kata ini akhirnya jadi kata umum yang dipake buat menunjuk orang yang judes, galak dan nggak ramah.

Dalam Kategori ini glosarium.org membahas beragam kamus: Kata kata populer dan dipakai sehari-hari sebagai istilah gaul, dan lain-lain.

Jutek, sebuah istilah yang melekat dalam budaya sehari-hari di Indonesia, menyiratkan sikap yang cenderung dingin, terkesan cuek, atau kurang ramah dalam berinteraksi sosial. Istilah ini biasanya merujuk pada seseorang yang tampak agak acuh tak acuh atau kurang ekspresif dalam berekspresi emosi atau komunikasi. Istilah “jutek” sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang kurang responsif, terkadang diinterpretasikan sebagai keengganan untuk berpartisipasi dalam interaksi sosial yang hangat.

Dalam konteks kebudayaan Indonesia, “jutek” bisa menjadi respons alami dari beberapa individu yang mungkin lebih suka mempertahankan jarak dalam berkomunikasi atau menunjukkan ketidaknyamanan mereka secara verbal atau non-verbal. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kepribadian, suasana hati, atau bahkan lingkungan sekitar.

Secara keseluruhan, istilah “jutek” mencerminkan sikap yang kurang ramah, meskipun perlu diingat bahwa setiap orang memiliki gaya komunikasi yang berbeda. Hal menariknya, penggunaan istilah ini juga sering kali tergantung pada konteksnya. Beberapa orang mungkin memahami “jutek” sebagai sikap yang jelas negatif, sementara yang lain melihatnya sebagai ekspresi kepribadian yang sah.

Seperti warna-warna dalam spektrum emosi, konsep “jutek” merupakan bagian dari keberagaman dalam cara kita berinteraksi dan berekspresi. Hal ini bisa menjadi cerminan dari preferensi personal dan perbedaan budaya di masyarakat.

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
Di Lingkungan KeluargaKetika seseorang merasa kesal atau agak cuek terhadap anggota keluarga, mungkin menunjukkan sikap “jutek” dalam menanggapi permintaan atau interaksi.Saat diminta membantu pekerjaan rumah, dia hanya mengangguk tanpa berkomentar.
Di Tempat KerjaDalam suasana kerja, sikap “jutek” bisa tercermin dari kurangnya responsivitas terhadap rekan kerja atau kesan kesal ketika diminta untuk melakukan tugas tertentu.Rekan kerja merasa bahwa dia terlalu jutek ketika ditanya tentang proyek mereka.
Dalam PertemananSeseorang bisa dianggap “jutek” jika mereka kurang antusias atau tidak responsif dalam menjaga hubungan sosial dengan teman-temannya.Dia terlihat jutek karena jarang merespons pesan dari teman-temannya.
Di Sekolah atau KampusKetika seorang siswa atau mahasiswa menunjukkan sikap kurang peduli atau kurang ramah terhadap teman sekelas atau sesama mahasiswa.Dia terkenal sebagai siswa yang agak jutek di kelas.
Dalam Interaksi SosialDalam konteks sosial yang lebih luas, “jutek” bisa diartikan sebagai kurangnya inisiatif untuk berpartisipasi dalam percakapan atau kegiatan bersama.Dia terlihat jutek karena hanya duduk sendiri di acara tersebut.
Saat Marah atau KesalTerkadang, seseorang bisa terlihat “jutek” saat mereka sedang marah atau kesal, menunjukkan ketidakpuasan atau ketidaksenangan mereka.Setelah percakapan itu, dia terlihat jutek sepanjang hari.
Dalam Pencarian BantuanSaat meminta bantuan atau informasi, respons yang minim atau sikap acuh tak acuh dari orang lain dapat dianggap sebagai sikap “jutek”.Saya merasa dia agak jutek karena tidak memberikan informasi yang jelas.
Di Media SosialKetika seseorang terlihat kurang responsif atau acuh tak acuh terhadap komentar atau pesan di media sosial, bisa dianggap sebagai sikap “jutek” secara virtual.Dia tidak pernah merespons komentar di postingan Instagramnya.

Istilah Terkait

Sombong (Arrogant): Menunjukkan sikap yang berlebihan atau superior dalam interaksi sosial, terkadang terlihat acuh tak acuh terhadap orang lain.

Dingin (Cold): Merujuk pada perilaku yang terasa tidak hangat atau emosional dalam komunikasi, cenderung menunjukkan ketidakpedulian terhadap perasaan orang lain.

Cuek (Indifferent): Menyiratkan ketidakpedulian atau ketidaktertarikan terhadap situasi atau orang lain, sering kali tanpa ekspresi emosi yang jelas.

Pendiam (Reserved): Menggambarkan seseorang yang cenderung lebih tertutup atau kurang aktif dalam berinteraksi sosial, kadang-kadang terkesan kurang responsif.

Tidak ramah (Unfriendly): Menunjukkan kurangnya kehangatan atau keramahan dalam interaksi sosial, bisa terlihat dari respons yang minim atau sikap yang kurang terbuka terhadap orang lain.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata Jutek, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai Jutek secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “Jutek” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.