institusionalisasi

Apa itu institusionalisasi? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari institusionalisasi. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian institusionalisasi adalah:

Subjek Definisi
Antropologi ? institusionalisasi : Proses pelembagaan nilai-nilai dalam masyarakat.
IPS / Ilmu Pengetahuan Sosial ? institusionalisasi : proses pembentukan pranata sosial dari sejumlah norma yang ada
Definisi ?

“Institusionalisasi adalah proses yang mengubah suatu praktik atau gagasan menjadi lembaga atau norma yang mapan dalam suatu masyarakat atau organisasi. Dalam konteks ini, institusionalisasi menunjukkan bagaimana suatu konsep atau kegiatan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari struktur dan rutinitas yang ada. Hal menariknya, institusionalisasi seringkali melibatkan pembentukan aturan, kebiasaan, dan prosedur yang mengatur perilaku dan interaksi antara individu dalam sebuah sistem. Contohnya, pengertian institusionalisasi dalam konteks politik bisa merujuk pada pembentukan lembaga-lembaga seperti parlemen atau pengadilan yang menjadi bagian integral dari pemerintahan suatu negara. Sementara dalam lingkup sosial, institusionalisasi mungkin mencakup praktik-praktik budaya seperti pernikahan atau sistem pendidikan formal. Dengan demikian, institusionalisasi bukan hanya tentang keberadaan fisik lembaga, tetapi juga tentang pembenaran dan pengukuhan dari norma dan nilai-nilai yang dipegang oleh masyarakat atau organisasi tersebut.”

Padanan Kata

BahasaPadananContoh
InggrisInstitutionalizationThe institutionalization of democracy is crucial.
IndonesiaInstitusionalisasiInstitusionalisasi pendidikan telah dilakukan.
MalaysiaInstitusiInstitusi pendidikan memainkan peranan penting.
SpanyolInstitucionalizaciónLa institucionalización de la democracia es crucial.
PerancisInstitutionnalisationL’institutionnalisation de la démocratie est cruciale.
JermanInstitutionalisierungDie Institutionalisierung der Demokratie ist wichtig.
ItaliaIstituzionalizzazioneL’istituzionalizzazione della democrazia è cruciale.
PortugisInstitucionalizaçãoA institucionalização da democracia é crucial.
BelandaInstitutionaliserenDe institutionalisering van democratie is cruciaal.
RusiaИнституционализацияИнституционализация демократии имеет ключевое значение.
Tionghoa制度化民主的制度化是至关重要的。
Arabتأسيستأسيس الديمقراطية أمر بالغ الأهمية.

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
PolitikMerujuk pada proses pengesahan atau pembentukan lembaga-lembaga pemerintahan atau aturan yang menjadi bagian penting dari struktur politik suatu negara.Institusionalisasi demokrasi melalui pembentukan badan legislatif yang demokratis.
EkonomiMengacu pada pembentukan atau pengakuan formal atas aturan, kebijakan, dan praktik yang mengatur aktivitas ekonomi dalam suatu sistem ekonomi.Institusionalisasi pasar bebas dalam sebuah negara memungkinkan adanya persaingan yang sehat antara pelaku usaha.
SosialMenyiratkan proses di mana norma, nilai-nilai, atau kebiasaan tertentu diterima secara luas oleh masyarakat dan dianggap sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.Institusionalisasi pernikahan sebagai lembaga sosial yang mengatur hubungan antara dua individu.
PendidikanMenggambarkan proses pembentukan dan pengakuan resmi atas lembaga-lembaga pendidikan serta praktik-praktik yang berkaitan dengan penyampaian pengetahuan dan keterampilan.Institusionalisasi sistem pendidikan formal memungkinkan akses yang lebih luas terhadap pendidikan bagi masyarakat.
HukumMerujuk pada proses formalisasi dan pengukuhan aturan hukum serta lembaga-lembaga penegakan hukum dalam suatu sistem hukum.Institusionalisasi sistem peradilan yang independen adalah penting untuk menegakkan keadilan dalam masyarakat.
Budaya dan TradisiMengacu pada proses di mana nilai-nilai budaya, tradisi, atau adat istiadat tertentu menjadi terintegrasi secara luas dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.Institusionalisasi upacara adat sebagai bagian penting dari perayaan budaya tahunan.
Lingkungan dan KeberlanjutanMenyiratkan pembentukan atau pengakuan formal atas praktik-praktik yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dalam kegiatan ekonomi, sosial, dan politik.Institusionalisasi kebijakan perlindungan lingkungan dalam hukum lingkungan suatu negara merupakan langkah penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.
Organisasi dan BisnisMenggambarkan proses pembentukan dan pengukuhan formal atas aturan, kebijakan, dan struktur organisasi yang mengatur operasi dan interaksi dalam konteks bisnis atau organisasi.Institusionalisasi budaya kerja yang inklusif dan kolaboratif di perusahaan dapat meningkatkan kinerja dan kepuasan karyawan.

Istilah Terkait

Pembiasaan (Customization) : Proses di mana suatu praktik atau kegiatan menjadi rutin dan diterima secara luas dalam suatu kelompok atau masyarakat.

Regulasi (Regulation) : Tindakan formal atau kebijakan yang ditetapkan untuk mengontrol atau mengatur perilaku atau aktivitas dalam suatu organisasi atau masyarakat.

Normalisasi (Normalization) : Proses di mana suatu konsep atau perilaku menjadi umum, diterima, dan dianggap sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Legitimasi (Legitimization) : Pengakuan formal atau pengukuhan atas keabsahan atau keberadaan suatu praktik, kebijakan, atau lembaga dalam masyarakat.

Stabilitas (Stabilization) : Keadaan di mana suatu sistem, struktur, atau kebijakan telah menjadi kokoh, tidak berubah-ubah, dan terintegrasi dengan baik dalam lingkungan atau masyarakat.

Penetapan (Establishment) : Proses formalisasi atau pembentukan suatu lembaga, aturan, atau kebiasaan dalam suatu sistem atau masyarakat.

Inkorporasi (Incorporation) : Penggabungan atau pengintegrasian suatu gagasan, praktik, atau lembaga ke dalam struktur yang lebih besar, seperti dalam masyarakat atau organisasi.

Referensi: Institusionalisasi

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata institusionalisasi, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai institusionalisasi secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “institusionalisasi” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.