indigenous

Apa itu indigenous? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari indigenous. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian indigenous adalah:

Subjek Definisi
Antropologi ? indigenous : atau Penduduk asli : Dalam hal ini khusus mengacu pada penduduk pribumi di sebuah wilayah dan cara hidup mereka.
Definisi ?

Indigenous adalah istilah yang merujuk kepada populasi asli suatu daerah atau wilayah yang telah berdiam di sana sejak zaman dahulu kala. Mereka memiliki ikatan yang kuat dengan tanah, budaya, dan tradisi nenek moyang mereka. Kamu bisa bayangkan mereka sebagai akar yang tumbuh dalam keberadaan suatu tempat sebelum banyak hal lain berkembang di sana.

Komunitas indigenous hadir di berbagai belahan dunia, seperti suku-suku di Amerika, Aboriginal di Australia, Maori di Selandia Baru, dan banyak lagi. Mereka sering memiliki cara hidup yang erat terkait dengan alam sekitar, memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana serta menjaga keseimbangan lingkungan.

Keunikan budaya mereka terletak pada tradisi lisan, seni, bahasa, dan pola pemikiran yang diwariskan dari generasi ke generasi. Namun, seringkali, komunitas indigenous menghadapi tantangan seperti hilangnya hak atas tanah, penindasan budaya, dan ketidaksetaraan dalam berbagai aspek kehidupan.

Akan tetapi, semakin banyak kesadaran tentang pentingnya melestarikan budaya mereka serta memperjuangkan hak-hak mereka. Ini menginspirasi gerakan global untuk mendukung keberlanjutan komunitas indigenous, menjaga keberagaman budaya, dan memperjuangkan pengakuan atas hak-hak mereka.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa komunitas indigenous adalah kelompok penduduk asli suatu wilayah dengan ikatan kuat terhadap budaya, tanah, dan tradisi mereka yang khas. Meskipun menghadapi tantangan, semangat mereka dalam mempertahankan warisan budaya dan hak-hak mereka telah menjadi sorotan penting dalam perjuangan untuk keadilan dan keberlanjutan global.

Contoh Global

NamaAsalDeskripsi/Sejarah Singkat
MaoriSelandia BaruMaori adalah penduduk asli Selandia Baru yang memiliki warisan budaya yang kaya, termasuk tradisi seni ukir dan tarian haka yang terkenal. Mereka memiliki kepercayaan kuat pada konsep “whakapapa” yang menghubungkan semua makhluk hidup dan alam semesta.
NavajoAmerika SerikatNavajo merupakan suku asli Amerika yang tinggal di wilayah barat daya Amerika Serikat. Mereka dikenal dengan keahlian dalam kerajinan tangan, terutama anyaman, serta kepercayaan kuat pada spiritualitas yang terkait dengan alam.
AboriginalAustraliaAboriginal adalah penduduk asli Australia yang memiliki sejarah budaya yang kaya dan kompleks. Mereka memiliki hubungan yang dalam dengan tanah dan tradisi lisan yang memainkan peran penting dalam menjaga warisan budaya mereka.
InuitArktik (Kanada, Greenland, Alaska, Rusia)Inuit adalah kelompok indigenous yang tinggal di wilayah Arktik. Mereka terkenal akan keahlian dalam bertahan hidup di lingkungan yang keras serta tradisi seperti pemburuan ikan paus dan penggunaan igloo sebagai tempat tinggal.

Contoh Indonesia

NamaAsalDeskripsi/Sejarah Singkat
Orang Asli PapuaPapuaOrang Asli Papua, terutama suku-suku seperti Dani, Asmat, dan suku-suku lainnya, adalah penduduk asli Papua. Mereka memiliki kekayaan budaya yang meliputi seni ukir, tradisi tarian, dan kepercayaan spiritual yang kuat pada alam sekitar mereka.
Suku MentawaiSumatera BaratSuku Mentawai tinggal di Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat. Mereka memiliki tradisi unik dalam seni tato tradisional, serta kepercayaan kuat pada keterhubungan antara manusia dan alam.
DayakKalimantanDayak adalah kelompok etnis besar yang tersebar di Kalimantan. Mereka memiliki warisan budaya yang kaya, termasuk seni ukir, tradisi rumah panjang, dan kepercayaan yang terkait dengan alam sekitar dan roh nenek moyang.

Istilah Terkait

Pribumi (Native) : Pribumi merujuk pada penduduk asli atau kelompok etnis yang berasal dari suatu wilayah tertentu. Mereka memiliki hubungan historis yang panjang dengan daerah tempat mereka tinggal.

Asli (Aboriginal) : Aboriginal merujuk pada populasi atau suku yang merupakan penduduk asli dari suatu tempat, sering kali memiliki warisan budaya, bahasa, dan tradisi unik yang diwariskan dari nenek moyang mereka.

Adat Istiadat (Customs) : Adat istiadat mengacu pada praktik budaya, tradisi, aturan perilaku, dan sistem nilai yang diterapkan oleh komunitas indigenous. Adat istiadat mencerminkan nilai-nilai dan cara hidup tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Tanah Adat (Ancestral Land) : Tanah adat adalah wilayah atau tanah yang secara tradisional dihuni atau dimiliki oleh komunitas indigenous. Wilayah ini memiliki makna penting secara budaya, spiritual, dan historis bagi komunitas tersebut.

Pengetahuan Tradisional (Traditional Knowledge) : Pengetahuan tradisional merujuk pada pengetahuan, keahlian, dan praktik yang diturunkan dari generasi ke generasi di kalangan komunitas indigenous. Ini mencakup pengetahuan tentang tanaman obat, sistem pengetahuan ekologis, cerita-cerita tradisional, dan lain-lain.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata indigenous, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai indigenous secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “indigenous” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.