Lompat ke konten

hakim

    Apa sih yang dimaksud dengan kata atau istilah hakim? Glosarium.org mengumpulkan beberapa pengertian atau arti dari kata tersebut pada beberapa kamus dan subjek lainnya.

    Kita sajikan artinya menggunakan tabel berdasarkan bidang maupun kamusnya, dengan maksud untuk mempermudah penjelasan kata hakim.

    Pengertian hakim adalah:

    SubjekDefinisi
    PKn / Pendidikan KewargaNegaraan ?hakim : Aparat penegak hukum/pejabat peradilan negara yang diberi wewenang oleh Undang-Undang untuk mengadili/ memutus suatu perkara.
    Hukum ?hakim : Seseorang yang mempunyai fungsi memeriksa dan memutus (mengadili) suatu perkara
    Pemerintahan ?hakim : orang yang memutuskan (mengadili) perkara.
    Peradilan Agama ?hakim : adalah pejabat yang melaksanakan tugas kekuasaan kehakiman (Pasal 11 angka 1 UU No. 7/1989). Hakim adalah pegawai negeri sehingga baginya berlaku Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian (Penjelasan Pasal 12 ayat (1) UU No. 7/1989).
    Peradilan (translationpapersbali.com) ?hakim (judge) : adalah pejabat peradilan negara yang diberi wewenang oleh undang-undang untuk mengadili.
    KamusDefinisi
    Bahasa Indonesia (KBBI) ?hakim : ha.kim
    [n]
    (1) orang yang mengadili perkara (dalam pengadilan atau mahkamah): keputusan — tidak dapat diganggu gugat;
    (2) pengadilan: perkaranya sudah diserahkan kepada –;
    (3) juri; penilai (dalam perlombaan dsb)


    [n] orang pandai-pandai, budiman, dan ahli; orang yang bijak

    Malaysia (Dewan) ?hakim I 1. pegawai yg dilantik utk mengadili sesuatu perbicaraan dlm mahkamah: ~ yg membicarakannya mendapati dia bersalah dan menjatuhkan hukuman penjara;
    H~ Besar
    ketua hakim;
    menjadi ~ sendiri melakukan sekehendak hati terhadap orang yg dianggap bersalah;
    dihadapkan ke muka ~ dihadapkan ke mahkamah;
    2. orang yg dilantik mengadili sesuatu pertandingan (permainan dsb), pengadil: tiga orang guru telah dilantik menjadi ~ dlm peraduan bahas antara sekolah-sekolah;


    hakim II Ar orang yg pandai-pandai, orang yg ahli (yg bijaksana).

    Definisi ?hakim : kb, orang yang mengadili perkara dalam pengadilan atau mahkamah; pengadilan; juri dalam pertandingan; orang yang pandai dan bijaksana; yang memberi keputusan.


    Jika kesulitan untuk melihat tabel pada pengguna peramban mobile, saya sarankan untuk mencoba mengusap slide tabelnya ke arah kiri atau menggunakan mode lanskap agar tabel menjadi lebih lebar.

    Mengenai definisi kata-kata yang ada pada situs ini semuanya memiliki sumber, oleh karena itu, bagi yang membutuhkan sumber artinya, dapat menghubungi pihak website ini melalui email, facebook, twitter, dan juga Youtube Channel. Akan tetapi dibutuhkan waktu setidaknya satu minggu prosesnya.

    Semoga bermanfaat ulasan sederhana ini mengenai arti dari kata hakim. Dalam kesempatan selanjutnya mungkin kata ini akan dilengkapi dengan contoh penggunaan kata dan juga penjelasan yang lebih lengkap dan interaktif melalui video.

    Jangan lupa juga Subscribe Youtube channel kita di Glosarium Online ya guys! untuk Update kata-kata menarik, viral dan populer yang ada di situs ini.

    Cari Kata hakim di web lain?

    Penjelasan singkat | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata hakim | artinya apaan sih? | apa maksud kata-kata | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia | Kata-kata viral