Cari Arti Kata

hak tanggungan – (Ekonomi / Bisnis)

Apa itu hak tanggungan – (Ekonomi / Bisnis)? yang dimaksud dengan hak tanggungan – (Ekonomi / Bisnis) adalah kata yang memiliki artinya, silahkan ke tabel. hak tanggungan – (Ekonomi / Bisnis) biasanya ada dalam kamus atau glossary berikut ini untuk penjelasan apa arti makna dan maksudnya.


Pengertian hak tanggungan adalah:

Subjek Definisi
Keuangan (OJK). ? hak tanggungan : penjaminan atas barang tidak bergerak dan atau kapal berukuran tertentu serta barang-barang yang ditentukan oleh pemerintah yang diberikan debitur kepada kreditur untuk jaminan utangnya; penjaminan dibuktikan dengan akta pembebanan hak tanggungan (APHT) (hypothecation).
Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id) ? hak tanggungan : Menurut ketentuan Undang Undang No.4 tahun 1996 tanggal 9 April 1996, Hak Tanggungan adalah Hak Jaminan yang dibebankan atas Hak atas Tanah sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang No.5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, berikut atau tidak berikut benda-benda lain yang merupakan satu kesatuan dengan tanah itu, untuk pelunasan hutang tertentu, yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada kreditur tertentu terhadap kreditur-kreditur lain.

Hak atas tanah yang dapat dibebankan Hak Tanggungan adalah : a) Hak Milik
b) Hak Guna Usaha
c) Hak Guna Bangunan
d) Selain Hak atas tanah sebagai mana disebut diatas, Hak Pakai atas tanah Negara yang menurut ketentuan yang berlaku wajib didaftarkan dan menurut sifatnya dapat di pindah-tangankan, dapat juga dibebani Hak Tanggungan

Hak Tanggungan ditegaskan dalam Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT) yaitu akta yang dibuat oleh PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah), dan dalam akta dicantumkan:
1. Nama dan identitas pemegang dan pemberi Hak Tanggungan
2. Domisili dari pihak-pihak pada butir 1.
3. Penunjukan secara jelas utang atau utang-utang yang dijamin oleh dengan Hak Tanggungan.
4. Nilai tanggungan.
5. Uraian yang jelas mengenai objek Hak Tanggungan.

APHT didaftarkan oleh PPAT kepada Kantor Agraria setempat. APHT dicatat pada Buku Hak Tanggungan yang di selenggarakan oleh Kantor Agraria serta dicatat pula pada Sertifikat bukti hak atas tanah yang bersangkutan. Kepada penerima Hak Tanggunag diterbitkan “Sertifikat Hak Tanggungan“ oleh Kantor Agraria yang bersangkutan yang mempunyai irih-irih dengan kata-kata:
“DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA”, yang mempunyai kekuatan eksekutorial sesuai ketentuan yang berlaku.(5)
(Sumber: UU No. 4 tahun 1996 tentang Hak Tanggungan)

Definisi ?


semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “hak tanggungan – (Ekonomi / Bisnis)” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber. Untuk memahami lebih lanjut anda dapat membeli buku glosarium di toko buku terdekat maupun website toko buku online. misalnya beli buku ke Gramedia




Info sponsor! Jika anda tertarik, anda dapat mengikuti kelas online (bimbingan belajar online) atau bisa juga disebut kursus online maupun les private. yang saya lampirkan di bagian bawah atau sisi web ini.
- Squline, platform belajar bahasa asing live dengan instruktur yg profesional.


Istilah Umum | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata hak tanggungan – (Ekonomi / Bisnis) | artinya apaan sih? | apa maksud perkataan hak tanggungan – (Ekonomi / Bisnis) | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia


Bantu Perpanjang Hosting Glosarium.ORG sampai 3 tahun ke depan. Via KitaBisa