Lompat ke konten

firewall – (Teknologi Informasi)

Apa sih yang dimaksud dengan kata atau istilah firewall? Glosarium.org mengumpulkan beberapa pengertian atau arti dari kata tersebut pada beberapa kamus dan subjek berikut ini: TIK, Blogger, Hacking, Internet, Jaringan Komputer, Kemanan Digital, Linux, OpenStack, Sistem Operasi, Teknologi Informasi, dll.

Kita sajikan artinya menggunakan tabel berdasarkan bidang maupun kamusnya, dengan maksud untuk mempermudah penjelasan kata firewall.

Pengertian firewall adalah:

SubjekDefinisi
TIK ?firewall : kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan
Jaringan Komputer ?firewall : adalah sebuah sistem atau group sistem yang menjalankan kontrol akses keamanan diatara jaringan internet yang aman dan jaringan yang untrused seperti interner.


firewall : Berfungsi sebagai pembatas akses dari dan ke port tertentu. Contohnya adalah meblokir akses ke internet yang dilakukan oleh aplikasi tertentu pada sistem operasi.


firewall : Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang menginzinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman.


firewall : Firewall adalah sebuah software yang berfungsi untuk memblok jenis lalu lintas tertentu. Misalnya firewall bisa memblokir lalu lintas dari port tertentu dan membiarkan yang lainnya lewat, atau bisa juga membiarkan lalu lintas dari port tertentu dan memblokir yang lainnya.


firewall : Firewall adalah system keamanan pada sebuah jaringan, firewall dapat berupa perangkat keras maupun perangkat lunak. Tugas firewall adalah mencegah yang tak berizin agar tidak dapat masuk ke dalam jaringan.


firewall : Firewall dirancang untuk menjaga sistem komputer dari akses pihak luar yang tidak berhak. Firewall dapat diimplementasikan dalam hardware, software, atau gabungan keduanya. Firewall banyak digunakan untuk menjaga pengguna Internet yang tidak berhak mengakses jaringan privat yang terhubung Internet, khususnya Intranet.
Sebuah perusahaan dengan Intranet yang membolehkan pekerjanya mengakses Internet biasanya menginstal firewall untuk menjaga sumberdaya data dari akses pihak luar dan mengontrol sumber daya luar yang dapat diakses oleh pekerja. Semua pesan yang masuk dan keluar intranet melewati firewall yang akan memeriksa apakah setiap pesan yang tidak sesuai dengan kriteria keamanan sistem. Terdapat beberapa teknik firewall:
* Packet filter. Dengan teknik ini, setiap paket yang masuk dan keluar jaringan akan diterima atau ditolak berdasar aturan yang telah dibuat sebelumnya. Penyaringan paket ini cukup efektif dan transparan, tetapi sulit untuk mengkonfigurasinya.
* Application gateway. Teknik ini mengaplikasikan mekanisme keamanan untuk aplikasi khusus, seperti FTP dan Telnet server. Teknik ini sangat efektif, tetapi dapat menyebabkan penurunan kinerja.
* Circuit-level gateway. Teknik ini menggunakan mekanisme keamanan ketika koneksi TCP (Transmission Control Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol ) dilakukan. Sekali koneksi dilakukan, paket dapat mengalir antara host tanpa pengecekan lebih lanjut.
* Proxy server. Teknik ini menangkap semua pesan yang keluar dan masuk jaringan. Proxy server menyembunyikan alamat jaringan sebenarnya.
Dalam praktek, firewall diimplementasikan menggunakan beberapa teknik sekaligus.


firewall : Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.


firewall : Suatu device hardware atau program yang menolong mencegah akses yang tak berwenang ke sebuah komputer melalui koneksi jaringan. Firewall memantau dan menyaring paket-paket yang dikirimkan dan diterima, yang menyediakan rintangan di antara sebuah komputer atau suatu jaringan dan dunia luar.

Linux ?firewall : a security system consisting of a combination of hardware and software that limits the exposure of a computer or computer network to attack from crackers; commonly used on local area networks that are connected to the internet. Firewalls can be implemented in either hardware or software, or a combination of both.


firewall : hardware dan/atau software dengan fungsi untuk melindungi terhadap modus komunikasi yang diperkenankan berdasarkan kebijakan sekuriti yang ditentukan.


firewall : Merupakan sebuah layanan keamanan tambahan, yang dapat digunakan untuk melindungi komputer ataupun jaringan dari hal yang membahayakan.

Hacking ?firewall : adalah sebuah software program yang dipasang pada sebuah jaringan dan bertugas menjadi penghalang bobolnya akses untuk kepentingan jahat layaknya sebuah saringan. Semua aktivitas keluar dan masuk ke jaringan harus melalui penyaringan ini hingga akses tertentu yang berbahaya bisa dibatasi. Saringan ini juga bisa digunakan untuk mencegah adanya pencurian data berharga dari dalam jaringan oleh pihak lain dari luar jaringan.bisa digunakan untuk mencegah adanya pencurian data berharga dari dalam jaringan oleh pihak lain dari luar jaringan.


fire wall (dinding api) : program yang dipakai untuk melindungi server dari “tamu-tamu” tak diundang yang memasuki file-filenya.


fire wall : yaitu sebuah sistem atau perangkat keamanan khususnya pada jaringan komputer yang bertugas untuk menjaga lalu lintas data di dalam jaringan komputer berjalan dengan aman, dan dalam waktu bersamaan juga mencegah lalu lintas data yang tidak aman untuk masuk di dalam jaringan komputer.

Internet ?firewall : Kombinasi dari hardware dan software yang berfungsi untuk memishkan suatu jaringan menjadi dua atau lebih untuk menjaga keamanan data.


firewall : Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.


firewall : Sebuah software program yang dipasang pada sebuah jaringan dan bertugas memproteksi sistem komputer dengan tujuan mengamankan Network Internal. Kadang-kadang membutuhkan layanan Proxy untuk mengizinkan suatu akses pada Web.


firewall : Sistem keamanan dalam internet yang berfungsi untuk melindungi sebuah jaringan yang kecil terhadap jaringan yang lebih luas.

Blogger ?firewall : Proteksi keamanan biasanya berbentuk software atau hardware.


firewall : Sebuah software program yang dipasang pada sebuah jaringan dan bertugas memproteksi sistem komputer dengan tujuan mengamankan Network Internal. Kadang-kadang membutuhkan layanan Proxy untuk mengizinkan suatu akses pada Web.

Sistem Operasi (OS) ?firewall : dinding pembatas. Kombinasi dari hardware maupun softwareyang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.


firewall : Software yang dikombinasikan dengan hardware khusus yang menciptakan 'dinding pembatas' agar orang luar yang tidak berhak boleh mengakses suatu laman.

Kemanan Digital ?firewall : Sebuah alat yang melindungi komputer anda dari koneksi tak dikenal ke/dari jaringan lokal dan Internet (securityinabox.org)
OpenStack ?firewall : Digunakan untuk membatasi komunikasi antara host dan/atau node, dilaksanakan di Compute menggunakan iptables, arptables, ip6tables, dan iptables.
Definisi ?firewall : adalah ukuran keamanan yang terdiri dari melindungi jaringan Anda dari penyusup. Hal ini terutama penting jika Anda berencana untuk menghubungkan jaringan Anda ke Internet. Ada dua jenis firewall: hardware dan software. |


firewall : Sebuah software program yang dipasang pada sebuah jaringan dan bertugas memproteksi sistem komputer dengan tujuan mengamankan Network Internal. Kadang-kadang membutuhkan layanan Proxy untuk mengizinkan suatu akses pada Web. |


firewall : Sistem kemanan jaringan yang membantu mencegah hacker atau program jahat memperoleh akses ke komputer user melalui jaringan/internet.


Jika kesulitan untuk melihat tabel pada pengguna peramban mobile, saya sarankan untuk mencoba mengusap slide tabelnya ke arah kiri atau menggunakan mode lanskap agar tabel menjadi lebih lebar.

Mengenai definisi kata-kata yang ada pada situs ini semuanya memiliki sumber, oleh karena itu, bagi yang membutuhkan sumber artinya, dapat menghubungi pihak website ini melalui email, facebook, twitter, dan juga Youtube Channel. Akan tetapi dibutuhkan waktu setidaknya satu minggu prosesnya.

Semoga bermanfaat ulasan sederhana ini mengenai arti dari kata firewall. Dalam kesempatan selanjutnya mungkin kata ini akan dilengkapi dengan contoh penggunaan kata dan juga penjelasan yang lebih lengkap dan interaktif melalui video.

Jangan lupa juga Subscribe Youtube channel kita di Glosarium Online ya guys! untuk Update kata-kata menarik, viral dan populer yang ada di situs ini.


Penjelasan singkat | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata firewall | artinya apaan sih? | apa maksud kata-kata | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia | Kata-kata viral


firewall teknologi informasi