Cari Arti Kata

figuran

Apa itu figuran? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari figuran. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian figuran adalah:

Subjek Definisi
Linguistik ? figuran : Tokoh pendukung dalam drama atau film.
Tari Dan Drama Tari ? figuran (Bs. Bel. Figurrant : tokoh) : adalah pemain yang peranannya tidak penting atau pemain pendukung dari sebuah drama, film atau sandiwara.


figuran (Ing.) : peran pendukung untuk memperkuat atau menunjang keberadaan tokoh utama dalam menciptakan suasana atau jelinan peristiwa dalam sebuah drama atau sandiwara atau pertunjukan dramatik lainnya.
Perfilman ? figuran : pemain pembantu. (sumber www.enjang.com)
Kamus Definisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ? figuran : fi.gu.ran
[n] pemain (film, sandiwara) yang memegang peran yang tidak berarti: dalam film itu ia menjadi pemain ~ saja, bukan pelaku utama
Definisi ? figuran : kb, pemain sandiwara, drama, film yang memerankan peranan tidak berarti.

Figuran adalah seseorang yang tampil di latar belakang dalam produksi film, acara TV, atau panggung untuk memberikan ilusi keberadaan dalam adegan tertentu. Mereka tidak memiliki peran utama dalam cerita atau adegan tersebut, tetapi hadir untuk mengisi ruang dan memberikan nuansa ke suasana. Figuran bisa menjadi bagian dari keramaian di tempat umum, seperti di kafe atau jalan raya, atau mereka dapat berperan sebagai bagian dari adegan yang lebih spesifik, seperti polisi, dokter, atau pelanggan di toko.

Figuran biasanya tidak memiliki dialog yang signifikan atau peran yang membutuhkan interaksi mendalam dengan karakter utama. Mereka ditempatkan di latar belakang untuk membuat adegan terlihat hidup dan nyata. Meskipun tidak mendapat sorotan utama, peran sebagai figuran tetaplah penting dalam menciptakan keseluruhan pengalaman visual dalam produksi film, acara TV, atau teater.

Padanan kata “figuran” dalam bahasa Inggris adalah “extra” atau “background actor.” Istilah ini merujuk kepada seseorang yang tampil di latar belakang atau berperan sebagai bagian dari keramaian dalam produksi film, acara TV, atau teater untuk memberikan kesan keberadaan dalam adegan tanpa memiliki peran utama dalam cerita.

Penggunaan Kata

Film dan Televisi: Figuran adalah orang-orang yang tampil di latar belakang dalam adegan film atau acara TV untuk memberikan kesan keramaian atau situasi tertentu.

Teater: Figuran dapat digunakan dalam pertunjukan teater untuk mengisi ruang dalam adegan dan memberikan nuansa atau atmosfer yang diperlukan.

Metafora atau Analogi: Kadang-kadang, kata “figuran” digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk merujuk kepada seseorang yang hadir atau berperan dalam suatu situasi tanpa memiliki peran utama atau berpengaruh secara signifikan. Misalnya, dalam percakapan tentang sebuah acara atau kejadian, seseorang dapat disebut “figuran” jika mereka hadir tetapi tidak terlibat secara substansial.

Bidang Pekerjaan atau Bisnis: Dalam beberapa konteks, “figuran” juga bisa merujuk kepada seseorang atau sesuatu yang ada sebagai pelengkap atau bagian yang tidak terlalu penting dari suatu proses atau peristiwa. Misalnya, dalam sebuah rencana bisnis, elemen-elemen yang kurang penting untuk tujuan tertentu bisa disebut sebagai “figuran”.

Selebriti Yang Pernah Jadi Figuran

Raffi Ahmad: Sebelum menjadi salah satu entertainer terkenal di Indonesia, Raffi Ahmad pernah menjadi figuran dalam beberapa produksi televisi.

Dewi Persik: Sebelum terkenal sebagai penyanyi dan aktris, Dewi Persik juga memulai karirnya sebagai figuran dalam sejumlah sinetron dan acara televisi.

Nagita Slavina: Sebelum menjadi sosialita dan artis terkenal, Nagita Slavina pernah menjadi figuran dalam beberapa acara televisi.

Olga Syahputra: Almarhum Olga Syahputra, sebelum menjadi komedian terkenal, juga pernah menjadi figuran dalam beberapa acara TV.

Ayu Ting Ting: Sebelum menjadi penyanyi dan aktris populer, Ayu Ting Ting juga memiliki pengalaman sebagai figuran dalam beberapa produksi televisi.

Pekerjaan Figuran

Berperan Sebagai Latar Belakang: Figuran sering kali berperan sebagai bagian dari latar belakang dalam adegan. Mereka bisa menjadi bagian dari keramaian di tempat umum, seperti di jalanan, taman, kafe, atau acara publik lainnya.

Mengisi Ruang dalam Adegan: Figuran juga bertugas untuk mengisi ruang dalam adegan dengan berbagai aktivitas yang sesuai dengan suasana yang diinginkan oleh sutradara. Misalnya, sebagai pengunjung di restoran, penonton di stadion, atau pelanggan di toko.

Menjadi Bagian dari Adegan Spesifik: Terkadang, figuran diberi peran yang lebih spesifik, seperti polisi, petugas medis, atau anggota kerumunan dalam adegan tertentu.

Mendukung Proses Produksi: Mereka harus patuh terhadap instruksi sutradara dan koordinator figuran untuk memastikan keselamatan, waktu, dan keberhasilan adegan yang diinginkan. Ini termasuk menjaga konsistensi adegan dari take ke take, serta menjaga aliran kerja produksi tetap lancar.

Beradaptasi dengan Instruksi Sutradara: Figuran harus siap menerima instruksi dan adaptasi yang mungkin diperlukan sesuai arahan sutradara. Hal ini termasuk penempatan yang berbeda dalam adegan, melakukan aktivitas yang diarahkan, atau merespons situasi yang terjadi di sekitar mereka.

Cerita

	Fanny duduk di tepi tempat tidur, matanya terpaku pada layar ponselnya yang menyala. Sorot mata ceria dan senyumannya merekah begitu kabar dari pihak produksi sinetron yang dia impikan datang. Namun, kabar tersebut tidak sepenuhnya sesuai ekspektasinya. Dia tidak dipecat, malah diberi kesempatan baru.
	
	Sejak kecil, Fanny telah terpesona oleh dunia akting. Ia merasa memiliki bakat alami dan passion yang kuat dalam dunia seni peran. Setelah lulus dari sekolah teater, dia merasa siap untuk memulai karirnya sebagai seorang aktris. Namun, takdir berkata lain saat kabar dari pihak produksi datang.
	
	"Kamu diterima sebagai figuran," bunyi kalimat yang terpampang di email yang dia terima. Awalnya, kekecewaan menghampirinya. Dia merasa telah siap menjadi bagian dari para pemain utama, bukan sekadar figuran di belakang layar.
	
	Namun, ketika kekecewaannya mereda, Fanny menyadari bahwa ada hikmah besar di balik keputusan ini. Dia memutuskan untuk memandangnya sebagai kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang industri yang menjadi mimpinya. Fanny menggenggam kesempatan ini dengan sepenuh hati. Dia datang ke lokasi syuting dengan semangat yang tak kalah dari pemain utama.
	
	Sehari demi sehari, Fanny menyaksikan proses pembuatan sebuah sinetron dari sudut pandang yang berbeda. Dia belajar tentang koordinasi antara sutradara, pemain utama, dan semua elemen produksi lainnya. Dia menyerap segala pelajaran yang bisa diambil, membaur dengan tim, dan secara bertahap merasa seperti bagian tak terpisahkan dari proses kreatif tersebut.
	
	Melalui pengalamannya sebagai figuran, Fanny menyaksikan berbagai situasi di belakang layar yang mungkin tidak dia dapatkan jika langsung menjadi pemain utama. Dia belajar menghargai setiap aspek produksi, memahami pentingnya kerja sama tim, dan merasakan getir manisnya perjuangan dalam mencapai hasil yang sempurna.
	
	Dan akhirnya, ketika waktu yang tepat tiba, kesempatan untuk peran yang lebih besar pun datang. Kali ini, Fanny siap dengan bekal pengalaman yang ia peroleh. Ketenangan dan keyakinannya saat audisi terpancar, dan dia berhasil memukau pihak produksi dengan penampilannya. Hasilnya, Fanny tidak hanya mendapatkan peran yang diimpikannya, tapi juga mendapatkan apresiasi dan penghargaan karena dedikasi dan perjuangannya yang luar biasa.
	
	Kisah Fanny adalah cerminan dari kekuatan kesabaran, kerja keras, dan kebijaksanaan dalam menerima setiap kesempatan yang datang. Pengalaman sebagai figuran bukanlah suatu kekurangan, melainkan langkah awal yang berharga dalam meniti karir di dunia akting yang ia cintai.

Istilah Terkait

Komparse (Background Actor/Extra) : Komparse adalah istilah dalam bahasa Jerman yang mirip dengan figuran dalam bahasa Indonesia. Mereka adalah individu yang berperan sebagai latar belakang atau massa dalam produksi film, acara TV, atau teater.

Mass Scene (Massive Crowd Scene) : Mass Scene merujuk pada adegan dalam produksi film atau televisi yang melibatkan kerumunan atau massa yang besar. Dalam adegan ini, figuran atau komparse berperan untuk menciptakan ilusi keramaian yang dibutuhkan.

Day Player : Day player adalah istilah dalam industri hiburan yang merujuk kepada aktor yang diperkerjakan untuk satu hari atau beberapa hari dalam suatu produksi tanpa memiliki peran yang signifikan dalam cerita.

Featured Extra : Seorang featured extra adalah seorang figuran yang mungkin memiliki sedikit sorotan atau tampil secara lebih mencolok dalam adegan daripada figuran lainnya, meskipun tidak memiliki peran yang substansial.

Atmosphere (Atmospheric Performances) : Istilah “atmosphere” merujuk kepada kontribusi figuran atau komparse dalam menciptakan nuansa atau atmosfer tertentu dalam adegan. Mereka memberikan warna dan kehidupan yang diperlukan untuk membuat adegan terasa nyata.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata figuran, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai figuran secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “figuran” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.