Cari Arti Kata

figur

Apa itu figur? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari figur. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian figur adalah:

Subjek Definisi
Linguistik ? figur : Idola, orang yang menjadi teladan bagi orang lain, tokoh wujud, bentuk.
Pemerintahan ? figur : tokoh atau gambaran, sosok tubuh.
Tari Dan Drama Tari ? figur (bs. Bel. Figuur) : adalah sosok wujud dari seseorang yang tampil di atas pentas, figure dapat dipahami sebagai sebuah penampilan individu yang memiliki karakteristik yang khas.
Kamus Definisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ? figur : fi.gur
[n]
(1) bentuk; wujud;
(2) tokoh: peran ini merupakan — sentral yang menjadi pusat perhatian
Definisi ? figur : kb, wujud, tokoh, bentuk.

Figur dalam bahasa Indonesia merujuk pada representasi gambaran atau patung dari objek, makhluk hidup, atau benda dengan bentuk yang menyerupai aslinya. Istilah ini sering digunakan dalam seni, sastra, dan juga dalam bahasa sehari-hari. Figur dapat berupa gambar, patung, atau deskripsi yang memvisualisasikan atau merepresentasikan sesuatu. Dalam seni lukis, misalnya, figur dapat merujuk pada penggambaran manusia atau hewan dalam berbagai pose dan ekspresi.

Dalam dunia sastra, figur juga merujuk pada penggunaan gaya bahasa atau istilah kiasan untuk menyampaikan ide atau makna secara lebih kuat atau lebih mengesankan. Contohnya, metafora, simile, personifikasi, atau metonimi adalah beberapa bentuk figuratif yang sering digunakan dalam penulisan untuk memberikan gambaran yang lebih kuat atau memudahkan pemahaman.

Figur juga bisa ditemukan dalam percakapan sehari-hari. Misalnya, jika seseorang mengatakan “matahari terbenam seperti bola api”, itu adalah contoh simile atau perumpamaan yang menggambarkan bagaimana matahari terlihat seperti bola api saat terbenam.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa figur dalam bahasa Indonesia mencakup representasi visual atau deskriptif yang menyerupai aslinya, baik dalam seni, sastra, maupun dalam percakapan sehari-hari.

Padanan Kata

Bahasa Inggris: “figure”
Bahasa Spanyol: “figura”
Bahasa Prancis: “figure”
Bahasa Jerman: “Figur”
Bahasa Italia: “figura”
Bahasa Portugis: “figura”
Bahasa Belanda: “figuur”
Bahasa Rusia: “фигура” (figura)
Bahasa Tionghoa: “形象” (xíngxiàng)
Bahasa Jepang: “図” (zu)

Penggunaan Kata

Seni Visual: Dalam seni lukis, patung, dan seni visual lainnya, “figur” merujuk pada representasi visual dari manusia, hewan, atau objek lainnya dalam bentuk gambar, patung, atau karya seni lainnya yang menggambarkan bentuk yang menyerupai aslinya.

Sastra: Dalam sastra, “figur” merujuk pada penggunaan gaya bahasa atau kiasan seperti metafora, simile, atau personifikasi untuk menyampaikan ide atau makna dengan cara yang lebih kuat atau lebih mengesankan.

Percakapan Sehari-hari: Dalam percakapan, kata “figur” bisa merujuk pada penggunaan perumpamaan atau analogi untuk menjelaskan sesuatu dengan lebih visual atau lebih mudah dipahami.

Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan: Dalam konteks pendidikan atau ilmu pengetahuan, “figur” bisa merujuk pada representasi grafis atau angka dalam tabel, diagram, atau grafik untuk memperjelas informasi atau data.

Keberadaan Publik: Terkadang, “figur” juga dapat merujuk pada figur publik atau tokoh terkenal dalam masyarakat, seperti tokoh politik, selebriti, atau figur lainnya yang memiliki pengaruh atau kehadiran yang signifikan.

Figur Politik Terkenal

Joko Widodo (Jokowi): Sebagai presiden Indonesia pada periode 2014-2019 dan kembali terpilih untuk periode kedua pada 2019-2024, Jokowi adalah figur politik yang sangat dikenal. Dia dikenal karena gaya kepemimpinannya yang sederhana dan dekat dengan rakyat, serta upayanya dalam menggalakkan program pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Prabowo Subianto: Sebagai tokoh politik yang aktif dalam kancah politik Indonesia selama beberapa dekade, Prabowo Subianto juga menjadi figur yang cukup diperbincangkan. Ia menjadi kandidat presiden pada pemilihan presiden tahun 2014 dan 2019 dan juga terlibat dalam berbagai isu politik dan sosial di Indonesia.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok): Sebelum terlibat kontroversi hukum pada 2017, Ahok adalah Gubernur DKI Jakarta yang sangat kontroversial dan berpengaruh. Dia dikenal karena gaya kepemimpinannya yang tegas dan transparan, serta kebijakan-kebijakan yang dia terapkan di Jakarta.

Istilah Terkait

Metafora (Metaphor): Metafora adalah suatu istilah atau ekspresi yang digunakan untuk menggambarkan suatu konsep atau ide dengan mengaitkannya dengan konsep atau ide lain yang sebenarnya tidak terkait secara literal. Contohnya, “hidup adalah sebuah perjalanan.”

Simile (Simile): Simile adalah bentuk perbandingan yang menunjukkan kesamaan antara dua hal yang berbeda dengan menggunakan kata-kata seperti “seperti” atau “bagai”. Contohnya, “Dia kuat seperti singa.”

Personifikasi (Personification): Personifikasi adalah penggunaan konsep atau objek non-manusia dengan cara yang menyerupai manusia, memberikan atribut atau sifat manusia kepada benda atau hewan. Contohnya, “Angin berbisik lembut.”

Metonimi (Metonymy): Metonimi adalah penggantian kata atau frasa dengan kata atau frasa lain yang berhubungan secara erat secara konseptual atau kontekstual. Contohnya, “Membaca Shakespeare” untuk merujuk pada membaca karya-karya Shakespeare.

Alusi (Allusion): Alusi adalah penggunaan referensi atau petunjuk singkat terhadap orang, tempat, peristiwa, atau karya sastra lainnya yang terkenal. Ini bertujuan untuk memberikan kedalaman atau makna tambahan pada suatu karya tulis. Contohnya, “Dia memiliki kekuatan seperti Hercules.”

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata figur, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai figur secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “figur” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.