faksi

Apa itu faksi? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari faksi. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian faksi adalah:

SubjekDefinisi
Politik (arti & contoh)? faksi : golongan atau kelompok orang dalam suatu partai/organisasi yang sering berdebat atau bertikai demi kepentingan mereka
faksi : golongan, kelompok orang dalam partai politik
faksi : kelompok dalam partai politik
faksi : Kelompok di dalam suatu partai politik yang umumnya anggotanya para politikus yang mencoba menonjolkan diri dengan cara cara oportunistis atau dengan cara mendorong perpecahan di dalam partai politiknya bahkan di dalam negara secara keseluruhan
Pemilu ?faksi : Kelompok dalam partai politik
Perbukuan ?faksi : Adalah sebuah karya berbentuk cerita namun ditulis dengan data yang akurat. Buku jenis Faksi misalnya, dongeng para Nabi. sejarah sahabat Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi was salam dan semisalnya.
fiksi : Naskah fiksi adalah sebuah naskah yang mempunyai presentasi nyata dan tidak nyata 50:50. Naskah fiksi ini adalah naskah cerita. Seperti novel, cerpen dan aneka jenis dongeng lainya.
KamusDefinisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ?faksi : fak.si
[n Pol] kelompok di dalam suatu partai politik, yang umumnya anggotanya para politisi yang mencoba menonjolkan diri dengan cara-cara oportunistis atau dengan cara mendorong perpecahan di dalam partai politiknya, bahkan di dalam negara secara keseluruhan
Definisi ?faksi : kb, kelompok orang dalam partai politik yang sering berdebat untuk mempertahankan kepentingan golongannya.

Faksi, ya? Jadi begini, faksi itu kayak pecahan-pcahan kecil dalam sebuah kelompok yang punya pandangan atau tujuan yang sama. Mereka ini kayak sub-grup gitu di dalam suatu komunitas atau organisasi yang punya ide, kepentingan, atau visi yang serupa. Jadi, misalnya, dalam dunia politik, ada faksi-faksi yang mewakili ideologi yang berbeda di dalam suatu partai politik. Masing-masing faksi punya gagasan atau cara pandang yang bisa beda-beda, tapi tetep ada tujuan akhir yang sejenis.

Biasanya, faksi-faksi ini punya paham yang nggak selalu cocok satu sama lain, jadi kadang-kadang bisa ada persaingan atau konflik di antara mereka. Tapi, ada juga waktu di mana mereka bisa bekerja sama demi mencapai tujuan akhir yang sama.

Dalam sejarah atau dalam konteks politik, faksi ini bisa jadi bener-bener berpengaruh, bisa bikin perubahan besar atau bahkan mempengaruhi keputusan penting dalam suatu organisasi atau negara. Jadi, ya, mereka ini kayak kelompok-kelompok kecil yang jalanin misi sendiri tapi masih di bawah payung yang lebih besar, seperti kelompok besar atau partai.

Nah, jadi faksi itu kayak puzzle kecil yang nempel bareng-bareng di dalam gambaran besar yang sama, tapi punya bentuk dan warna yang beda-beda.

Padanan Kata

Inggris: Faction
Spanyol: Facción
Prancis: Faction
Jerman: Fraktion
Italia: Fazione
Rusia: Фракция (Fraktsiya)
Belanda: Factie
Portugis: Facção
Arab: فصيلة (Fasilah)
Cina (Mandarin): 派系 (Pài xì)

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
PolitikDigunakan untuk menggambarkan kelompok-kelompok kecil di dalam sebuah partai atau pemerintahan yang memiliki pandangan atau tujuan politik yang berbeda.Dalam sebuah partai politik, ada faksi-faksi yang mendukung kebijakan ekonomi yang berbeda-beda; faksi liberal, faksi konservatif, dan faksi progresif.
SosialMerujuk pada kelompok atau sub-grup di dalam masyarakat yang memiliki kepentingan atau tujuan tertentu yang sama, seperti dalam gerakan sosial atau aktivisme.Dalam gerakan lingkungan, terdapat faksi-faksi yang berfokus pada isu-isu tertentu seperti pemanasan global, pelestarian hutan, atau pengurangan limbah plastik.
SejarahMengacu pada kelompok-kelompok yang berperan dalam suatu periode sejarah yang memiliki ideologi atau kepentingan politik yang berbeda-beda.Pada zaman Revolusi Perancis, terdapat faksi-faksi seperti Girondins dan Jacobins yang memiliki pandangan berbeda terkait arah revolusi tersebut.
PerusahaanDapat merujuk pada kelompok atau divisi di dalam sebuah perusahaan yang memiliki visi atau strategi bisnis yang berbeda untuk mencapai tujuan perusahaan.Di perusahaan teknologi besar, terdapat faksi-faksi yang fokus pada pengembangan produk, sementara faksi lain lebih fokus pada strategi pemasaran dan penjualan.
Suku atau AgamaMenggambarkan kelompok-kelompok dalam sebuah suku atau agama yang memiliki keyakinan atau tradisi yang berbeda-beda di dalamnya.Dalam sebuah agama, terdapat faksi-faksi yang memiliki interpretasi yang berbeda terhadap teks suci dan tradisi keagamaan.

Contoh (sebagai contoh saja)

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP):

Faksi Megawati: Mendukung kebijakan dan arah partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri, pemimpin partai dan mantan presiden Indonesia.

Faksi Reformis: Mendorong perubahan dalam struktur dan kebijakan partai untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra):

Faksi Prabowo: Menyokong kebijakan dan gagasan yang diprakarsai oleh Prabowo Subianto, pendiri partai dan tokoh utama dalam partai tersebut.

Faksi Kaderisasi: Fokus pada pengembangan kader-kader partai yang kuat dan berkualitas.

Partai Golkar:

Faksi Ekonomi: Berorientasi pada kebijakan ekonomi dan pembangunan.

Faksi Tradisional: Mempertahankan nilai-nilai dan tradisi partai yang telah ada sejak lama.

Istilah Terkait

Klik (Clique) : Kelompok kecil orang yang saling terkait atau memiliki kepentingan bersama, seringkali bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Koalisi (Coalition) : Aliansi atau gabungan faksi, partai politik, atau kelompok dengan tujuan tertentu, biasanya untuk mencapai kekuatan atau kepentingan politik bersama.

Fraksi (Fraction) : Sekumpulan anggota atau kelompok yang terpisah dalam sebuah organisasi atau entitas yang lebih besar, biasanya dengan pandangan atau tujuan yang berbeda.

Blok (Bloc) : Sekelompok entitas politik atau negara yang bersekutu atau bersatu dalam menghadapi masalah atau kepentingan bersama, seringkali dalam konteks internasional.

Aliansi (Alliance) : Kesepakatan atau persekutuan antara dua atau lebih entitas untuk mencapai tujuan bersama atau melindungi kepentingan bersama, tanpa perlu adanya kesatuan atau penggabungan penuh.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata faksi, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai faksi secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “faksi” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.

Iklan Sponsor

Similar Posts