fabel

Apa itu fabel? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari fabel. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian fabel adalah:

Subjek Definisi
Linguistik ? fabel : Cerita tentang kehidupan manusia, yang para pelakunya adalah binatang.
Kamus Definisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ? fabel : fa.bel
[n Sas] cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang (berisi pendidikan moral dan budi pekerti): kancil merupakan tokoh utama dalam — Indonesia yang berperan sbg manusia yang cerdik
Malaysia (Dewan) ? fabel 1. cerita pendek yg bertujuan utk menyampaikan pengajaran moral, biasanya berwatakkan binatang;
2. cerita atau legenda tentang watak atau peristiwa sakti atau mitos.
Definisi ? fabel : cerita binatang yang menggambarkan watak dan perilaku manusia.
Fabel

Fabel adalah cerita pendek yang umumnya mengandung pelajaran moral atau pesan yang disampaikan melalui cerita tentang binatang, objek, atau makhluk lain yang bisa berbicara dan bertindak seperti manusia. Cerita fabel sering kali menggunakan karakter hewan untuk menggambarkan sifat-sifat manusia atau situasi kehidupan sehari-hari. Cerita fabel biasanya memiliki alur cerita yang sederhana dengan tujuan untuk mengajarkan nilai-nilai moral kepada pembaca. Salah satu contoh fabel terkenal adalah fabel Aesop, yang ditulis oleh Aesop, seorang pengarang klasik Yunani, yang sering menggunakan hewan sebagai tokoh utamanya.

Di Indonesia, ada beberapa fabel yang cukup terkenal, salah satunya adalah “Kancil dan Buaya”. Cerita ini menceritakan tentang seekor kancil cerdik yang berhasil mengelabui seekor buaya dengan kecerdikannya. Kancil menggunakan kecerdikannya untuk melewati sungai yang dihuni oleh buaya dengan cara memanipulasi buaya tersebut.

Selain itu, ada juga cerita tentang “Keong Emas”, yang bercerita tentang seorang putri yang berubah menjadi keong dan menawarkan kemakmuran bagi siapa pun yang bisa menemukannya.

Kedua cerita ini merupakan fabel yang populer di Indonesia dan sering digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak-anak.

Ciri

Karakter Binatang atau Benda yang Antropomorfik: Cerita fabel melibatkan binatang, objek, atau makhluk lain yang berperilaku seperti manusia. Mereka berbicara, berpikir, dan bertindak layaknya manusia.

Mengandung Pelajaran Moral atau Pesan: Cerita fabel selalu mengandung pesan atau pelajaran moral yang ingin disampaikan kepada pembaca. Pesan ini dapat tersembunyi di balik tindakan karakter dalam cerita.

Alur Cerita yang Sederhana: Cerita fabel umumnya memiliki alur cerita yang sederhana dan mudah diikuti, sering kali dengan plot yang dapat diprediksi.

Penekanan pada Nilai-Nilai Moral Universal: Pesan moral yang diungkapkan dalam fabel sering kali bersifat universal, berlaku untuk berbagai situasi dan zaman.

Tujuan Mendidik atau Menghibur: Selain menyampaikan pesan moral, cerita fabel juga dapat bertujuan menghibur atau mendidik pembaca, terutama anak-anak, dengan cara yang menarik dan mengasyikkan.

Penggunaan Metafora atau Allegori: Fabel sering menggunakan metafora atau allegori, di mana karakter binatang atau objek tersebut mewakili sifat atau karakter manusia tertentu.

Cerita

	Di tengah hutan yang rimbun, terdapat kerajaan hewan yang dipimpin oleh singa gagah Samba. Suatu hari, angin membawa kabar dari raja hutan itu kepada Putri Angsa yang cantik, Tiara. Pesan dari raja Samba adalah tentang pernikahan yang akan diselenggarakan di wilayahnya.
	
	Tori, sang utusan burung yang membawa pesan tersebut, mendarat dengan lembut di dekat danau tempat Tiara sering berkumpul bersama sahabat-sahabatnya. Dengan suaranya yang ceria, Tori berkata, "Hai, Putri Tiara, aku datang membawa pesan dari raja Samba. Kabar baik sedang menanti!"
	
	Tiara dengan penasaran mendekati Tori, "Oh, sungguh? Apa yang raja Samba katakan?"
	
	Tori dengan penuh semangat menjelaskan, "Raja Samba berencana untuk mengadakan pernikahan agung di wilayahnya! Anaknya yang gagah, Bima, akan menikahi Leona, singa betina yang sangat cantik dan baik hati."
	
	Kabar tersebut mengejutkan Tiara, namun dia juga merasa senang atas peristiwa bahagia yang akan terjadi. "Itu sungguh berita yang indah! Apakah aku dan teman-temanku diundang untuk merayakan pernikahan itu?"
	
	Tori mengangguk antusias, "Tentu saja! Raja Samba mengundang seluruh hewan dari hutan ini untuk turut serta dalam perayaan besar itu. Dia ingin menyatukan semua makhluk hutan dalam kebahagiaan."
	
	Tiara tersenyum, merasa senang bahwa semua hewan akan berkumpul dalam kegembiraan untuk merayakan pernikahan tersebut. "Kita harus mempersiapkan sesuatu yang istimewa untuk hadir di perayaan tersebut. Kita akan menyiapkan lagu-lagu indah dan tarian-tarian yang menggembirakan!"
	
	Bersama-sama, Tiara dan teman-temannya mulai merencanakan persiapan untuk perayaan pernikahan Bima dan Leona. Mereka memutuskan untuk membuat pertunjukan yang indah sebagai hadiah untuk pasangan muda itu.
	
	Pernikahan akhirnya tiba, dan seluruh hutan dipenuhi dengan suara tawa, nyanyian, dan tarian. Tiara dan teman-temannya memukau semua tamu dengan pertunjukan yang mereka persiapkan dengan penuh kasih dan keceriaan.
	
	Pesta pernikahan berlangsung dengan sukses, membawa kebahagiaan dan persatuan di antara semua makhluk hutan. Di tengah keceriaan itu, Tiara merasakan betapa pentingnya persahabatan dan kerjasama antar semua hewan, tak peduli betapa berbedanya mereka.
	
	Sejak saat itu, pernikahan agung itu tidak hanya menggambarkan cinta antara Bima dan Leona, tetapi juga mengukuhkan persatuan dan persahabatan di seluruh hutan, mengingatkan semua hewan akan kekuatan solidaritas dan perdamaian di antara mereka.

Istilah Terkait

Alegori (Allegory) : Alegori adalah penggunaan cerita atau gambaran kiasan yang menyampaikan pesan atau makna moral tersembunyi di balik cerita itu sendiri. Dalam fabel, karakter-karakter binatang atau objek sering kali menjadi alegori yang merepresentasikan sifat-sifat manusia atau situasi kehidupan.

Moral (Moral) : Moral adalah pesan atau pelajaran yang ingin disampaikan oleh cerita fabel. Hal ini menekankan nilai-nilai etika, perilaku, atau prinsip-prinsip yang diinginkan untuk dipahami atau diambil pelajaran oleh pembaca setelah membaca cerita tersebut.

Antropomorfisme (Anthropomorphism) : Antropomorfisme adalah pemberian sifat-sifat manusia kepada makhluk non-manusia seperti hewan, objek, atau fenomena alam. Dalam fabel, karakter-karakter binatang diberi sifat manusiawi seperti berbicara, berpikir, dan bertindak.

Ajaran (Teaching/lesson) : Dalam konteks fabel, ajaran merujuk pada pelajaran atau pesan yang ingin disampaikan melalui cerita tersebut. Ajaran ini sering kali mengandung nilai-nilai moral yang ingin diungkapkan kepada pembaca.

Kiasan (Figurative Language) : Kiasan adalah penggunaan bahasa yang tidak harfiah atau simbolis untuk menyampaikan makna yang lebih dalam. Dalam fabel, penggunaan karakter binatang atau objek sebagai representasi metaforis dari sifat-sifat manusia adalah salah satu bentuk kiasan yang umum.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata fabel, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai fabel secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “fabel” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.