endosemen – (Ekonomi / Bisnis)

Apa itu endosemen – (Ekonomi / Bisnis)? yang dimaksud dengan endosemen – (Ekonomi / Bisnis) adalah kata yang memiliki artinya, silahkan ke tabel. endosemen – (Ekonomi / Bisnis) biasanya ada dalam kamus atau glossary berikut ini untuk penjelasan apa arti makna dan maksudnya.


Pengertian endosemen adalah:

Subjek Definisi
Keuangan (OJK). ? endosemen : pengalihan hak kepada orang lain atas surat berharga yang dapat dialihkan (negotiable instrument), misalnya cek, wesel dengan cara membubuhkan nama dan tanda tangan di halaman belakang surat berharga tersebut (endorsement).
Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id) ? endosemen (endorsement) : Adalah suatu lembaga dalam hukum wesel, dengan mana hak tagih dari pemegang surat wesel dapat diperalihkan kepada pemegang berikutnya dengan cara sederhana yaitu dengan menanda-tangani surat wesel tersebut oleh pemegangnya di belakang surat wesel tersebut. Endosemen berasal dari Bahasa Perancis “endossement”, bahasa Inggrisnya “endorsement”, yang berarti pernyataan yang ditulis dibelakang surat berharga. Kata endos (Bahasa Perancis) artinya belakang. Pernyataan itu maksudnya untuk memindahkan hak tagih. Kebiasaan yang berlaku di Perancis dahulu ialah menuliskan suatu pernyataan dibelakang surat jika hak atas surat itu akan di peralihkan kepada orang lain. Kebiasaan itu diikuti terus dalam lalu lintas pembayaran dengan surat wesel (lettre de change).

Tedapat 4 macam endosmen (endorsement) sebagai berikut:
(1) Blank Endorsement : Adalah Endorsement atas intrument yang dapat diperdagangkan tanpa menyebut nama pihak yang menerima hak (payable to bearer).
(2) Special Endorsement Adalah Endorsement atas instrument yang dapat diperdagangkan kepada pihak lain tertentu dan pihak yang terakhir ini masih dapat memindahkannya kepada pihak lain lagi. Biasanya dicantumkan kata-kata “…..endorse to order of……..(name) ”
(3) Qualified Endorsement Adalah Endorsement dimana endosan tidak dapat dikenakan hak tagih balik (hak regres) karena dalam endorment sudah dicantumkan kata-kata “…..endorse to order of…..(name) without recourse”
(4) Restrictive Endorsement Adalah Endorsement yang bersifat menghentikan pemindahan hak. Disini endosan hanya meminta bantuan endorsee untuk menagihkan saja. Dalam instrument dicantumkan kata-kata “ For my/our account only”atau “For collection only”(7);(9).
(Sumber: Kepustakaan No.7 dan praktik perbankan)

Definisi ?

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “endosemen – (Ekonomi / Bisnis)” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber. Untuk memahami lebih lanjut anda dapat membeli buku glosarium di toko buku terdekat maupun website toko buku online. misalnya beli buku ke gramedia

Info sponsor! Jika anda tertarik, anda dapat mengikuti kelas online (bimbingan belajar online) atau bisa juga disebut kursus online maupun les private. yang saya lampirkan di bagian bawah atau sisi web ini.
- Glosarium.org: Pentingnya Privasi!


Istilah Umum | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata endosemen – (Ekonomi / Bisnis) | artinya apaan sih? | apa maksud perkataan endosemen – (Ekonomi / Bisnis) | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia