dunnage – (Kelautan)

Apa itu dunnage? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari dunnage. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian dunnage adalah:

Subjek Definisi
Pelayaran ? dunnage : adalah
1. sesuatu yang ditempatkan antar muatan, atau antara muatan dan lantai/dinding palka kapal, yang berfungsi sebagai penopang muatan untuk melindungi muatan.
2. terapan; ganjal; bahan-bahan pemisah muatan supaya jangan beradu/bersentuhan satu sama lain


dunnage : Suatu material dari jenis apa saja, baik permanen maupun sementara yang digunakan untuk menjaga tempat penyimpanan dan melindungi kargo selama perjalanan kapal.
Definisi ?

Dunnage dalam konteks perkapalan atau pelayaran merujuk pada bahan atau material yang digunakan untuk mengisi atau melindungi ruang kosong di dalam kapal atau kontainer selama proses pengiriman. Dalam bahasa sederhana, dunnage adalah istilah yang merujuk pada bahan penyangga yang dipakai untuk menjaga agar barang tidak bergeser atau rusak selama perjalanan laut. Bahan ini dapat berupa kayu, kantong kertas, atau bahkan bahan sintetis seperti plastik.

Penggunaan dunnage di dalam kapal atau kontainer memiliki peran yang sangat penting. Ketika kapal berlayar, terjadi gerakan yang tidak terduga akibat ombak dan getaran mesin. Tanpa dunnage, barang-barang di dalam kapal bisa bergeser atau bahkan rusak selama perjalanan, mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan bagi pemilik barang.

Selain melindungi barang, penggunaan dunnage juga dapat membantu dalam menjaga keamanan dan keseimbangan kapal. Dunnage dapat ditempatkan di sekitar barang-barang besar atau berat untuk mencegah pergeseran yang berpotensi mengganggu stabilitas kapal. Selain itu, penggunaan dunnage yang tepat juga dapat memudahkan proses bongkar muat barang di pelabuhan, karena barang akan tetap terjaga dalam posisi yang stabil dan terorganisir.

Dalam konteks regulasi perkapalan, penggunaan dunnage juga diatur oleh standar keamanan internasional untuk memastikan bahwa bahan yang digunakan aman dan sesuai dengan persyaratan lingkungan. Ini termasuk aturan terkait penggunaan bahan-bahan yang tidak mudah terbakar atau ramah lingkungan.

Dalam praktiknya, setiap jenis barang yang dikirim melalui kapal atau kontainer mungkin memerlukan jenis dunnage yang berbeda-beda, tergantung pada karakteristik dan kebutuhan khususnya. Oleh karena itu, pemilihan dan penggunaan dunnage yang tepat merupakan aspek penting dalam proses pengiriman barang melalui jalur laut.

Dengan demikian, dunnage dalam konteks perkapalan atau pelayaran adalah bahan penyangga yang penting untuk menjaga keamanan, kestabilan, dan integritas barang selama proses pengiriman laut. Melalui penggunaannya yang tepat, dunnage tidak hanya melindungi barang dari kerusakan, tetapi juga memastikan kelancaran proses pengiriman secara keseluruhan.

Contoh Jenis

  1. Kayu Dunnage: Kayu merupakan salah satu bahan dunnage yang paling umum digunakan. Biasanya terbuat dari potongan-potongan kayu yang ditempatkan di sekitar barang untuk menjaga agar tetap stabil selama perjalanan laut. Kayu dunnage biasanya tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, sesuai dengan kebutuhan pengemasan dan penyanggaan barang.
  2. Kantong Kertas Dunnage: Kantong kertas sering digunakan sebagai alternatif untuk dunnage kayu. Mereka terbuat dari kertas yang kuat dan tahan air, dan digunakan untuk mengisi ruang kosong di antara barang-barang yang dikirim. Kantong kertas dunnage efektif dalam mencegah pergeseran barang dan juga lebih ramah lingkungan daripada beberapa jenis dunnage lainnya.
  3. Plastik Dunnage: Plastik merupakan bahan dunnage lain yang sering digunakan dalam industri perkapalan. Plastik dunnage biasanya terdiri dari kantong plastik atau gulungan film plastik yang digunakan untuk membungkus dan melindungi barang selama pengiriman. Mereka biasanya digunakan untuk barang-barang yang memerlukan perlindungan tambahan terhadap kelembaban atau kerusakan fisik.
  4. Busa Dunnage: Busa adalah bahan dunnage lain yang digunakan untuk melindungi barang-barang yang rentan terhadap goresan atau benturan. Busa dunnage biasanya dipotong sesuai dengan bentuk barang dan ditempatkan di sekitarnya untuk menyerap dampak dan menjaga agar tetap aman selama perjalanan laut.
  5. Dunnage Karet: Dunnage karet atau karet berbentuk sebagai bahan dunnage yang elastis dan tahan lama. Mereka sering digunakan untuk menjaga barang-barang dalam posisi yang stabil dan juga dapat mengurangi getaran dan goncangan selama perjalanan laut.

Padanan Terkait

BahasaPadananCara Membaca (Jika Berlaku)Contoh
InggrisDunnageDunnage is used to secure cargo during shipping.
IndonesiaDunnageDunnage digunakan untuk menjaga barang selama pengiriman.
MalaysiaDunnageDunnage digunakan untuk mengekalkan barang semasa penghantaran.
SpanyolEstibaes-tee-bahLa estiba se utiliza para asegurar la carga durante el envío.
PerancisEnsachageahn-sah-jahL’ensachage est utilisé pour sécuriser la cargaison lors de l’expédition.
JermanLadungssicherunglah-doongs-see-kh-roongLadungssicherung wird verwendet, um die Ladung während des Transports zu sichern.
ItaliaStivaggiostee-vah-jee-ohLo stivaggio viene utilizzato per assicurare il carico durante la spedizione.
RusiaПоддон (Poddon)poh-dohnПоддоны используются для фиксации груза во время доставки.
Cina (Mandarin)包装垫木 (Bāozhuāng diànmù)bao-jwang dee-ahn-moo包装垫木用于在运输过程中固定货物。
Jepang荷崩れ止め (Nimotsuretodome)nee-moht-su-reh-toh-doh-meh荷崩れ止めは出荷時に貨物を固定するために使用されます。
Korea팔레팅 (Palleting)pahl-leh-tin팔레팅은 운송 중에 화물을 고정하는 데 사용됩니다.
Arabتنجيد البضائع (Tanajeed al-Badae)tan-jid al-ba-dai-ahتنجيد البضائع يُستخدم لتأمين الشحنات أثناء الشحن.

Analogi

Bayangkan Anda sedang mempersiapkan untuk melakukan perjalanan jauh dengan membawa banyak barang. Anda memiliki mobil yang cukup besar untuk membawa semua barang tersebut. Namun, sepanjang perjalanan, Anda menyadari bahwa barang-barang tersebut terus bergerak ke sana kemari dan membuat mobil terasa tidak stabil. Nah, di sinilah peran “dunnage” datang.

Jadi, gini analoginya, bayangkan “dunnage” seperti penataan dan penyangga barang di dalam mobil Anda. Misalnya, Anda menggunakan bantal, tumpukan koper, atau bahkan kotak kosong untuk menjaga agar barang-barang itu tetap diam dan terkunci dengan aman di tempatnya selama perjalanan. Ini membantu menjaga stabilitas mobil dan mencegah kerusakan pada barang yang Anda bawa. Dalam konteks perkapalan atau pelayaran, “dunnage” memiliki peran yang serupa dalam menjaga agar barang-barang tetap stabil dan terlindungi selama perjalanan laut.

Penggunaan Istilah

KonteksDeskripsiContoh
PerkapalanDunnage digunakan untuk menjaga barang tetap stabilDunnage digunakan untuk mengisi ruang kosong di dalam kapal agar barang tidak bergerak selama pelayaran.
PengepakanDunnage digunakan sebagai penyangga untuk barangPengepakan dunnage yang baik dapat mencegah kerusakan pada barang selama proses pengiriman.
KonstruksiDunnage digunakan untuk memperbaiki atau menyangga material bangunanDunnage sering digunakan dalam konstruksi untuk menyokong atau menahan material bangunan selama proses pembangunan.
LogistikDunnage digunakan untuk menjaga barang terorganisir dan amanDi pusat logistik, dunnage digunakan untuk menyusun barang secara rapi dan menjaga agar tetap aman selama penyimpanan dan pengiriman.
Industri OtomotifDunnage digunakan untuk melindungi komponen otomotifPabrik otomotif menggunakan dunnage untuk menyimpan dan melindungi bagian-bagian mobil selama proses manufaktur.
Industri ElektronikDunnage digunakan untuk mengemas dan melindungi komponen elektronikProdusen elektronik menggunakan dunnage khusus untuk mengemas dan melindungi komponen elektronik dari kerusakan selama pengiriman.
Industri FarmasiDunnage digunakan untuk mengemas dan menjaga keamanan produk farmasiDalam industri farmasi, dunnage digunakan untuk mengemas obat-obatan dan menjaga agar tetap aman selama distribusi.
Industri MakananDunnage digunakan untuk menjaga keamanan dan kualitas makananPada industri makanan, dunnage digunakan untuk mengemas dan mengangkut produk makanan agar tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Istilah Terkait

Pelindung (Protector) : Bahan atau struktur yang digunakan untuk melindungi barang dari kerusakan atau benturan selama proses pengiriman atau penyimpanan.

Pembungkus (Wrapping) : Material seperti kertas, plastik, atau busa yang digunakan untuk membungkus barang dengan tujuan melindungi dari goresan atau kerusakan.

Penyangga (Support) : Bahan atau struktur yang digunakan untuk menjaga barang tetap stabil dan terhindar dari pergeseran selama proses pengiriman atau penyimpanan.

Penstabil (Stabilizer) : Bahan atau perangkat yang digunakan untuk menjaga barang atau struktur agar tetap dalam posisi yang stabil dan tidak bergeser selama perjalanan atau penyimpanan.

Pengikat (Binder) : Alat atau bahan yang digunakan untuk mengikat atau mengencangkan barang-barang agar tetap dalam posisi yang diinginkan selama proses pengiriman atau penyimpanan.

Penjaga (Guard) : Bahan atau perangkat yang digunakan untuk menjaga agar barang tetap aman dan terlindungi dari kerusakan atau pencurian selama proses pengiriman atau penyimpanan.

Penyekat (Partition) : Struktur atau bahan yang digunakan untuk memisahkan atau membagi ruang dalam kontainer atau kendaraan pengiriman guna mengatur dan melindungi barang-barang yang berbeda selama proses pengiriman.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata dunnage, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai dunnage secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “dunnage” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.