Cari Arti Kata

double-double – (Olahraga)

Apa itu double-double? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari double-double. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian double-double adalah:

Subjek Definisi
Basket ? double-double : Adalah sebuah istilah dalam permainan bola basket saat seorang pemain berhasil mencetak 2 digit angka (10 poin keatas) untuk 2 kategori pencapaian dalam sebuah pertandingan. Beberapa kategori antara lain sebagai berikut : POINT, REBOUND, ASSIST, STEAL. Misalnya pemain berhasil mencetak 10 point dan 10 steal atau 25 rebound dan 11 steal.
Definisi ?

Dalam dunia olahraga, istilah “double-double” mengacu pada pencapaian yang mengesankan dari seorang atlet di lapangan. Artinya, seorang atlet mencatatkan angka dua digit dalam dua kategori statistik yang berbeda dalam satu pertandingan. Biasanya, double-double terjadi dalam olahraga bola basket dan bola voli, meskipun kadang-kadang dapat ditemukan dalam olahraga lainnya juga. Contohnya, dalam bola basket, seorang pemain dapat mencatatkan double-double dengan mengumpulkan sepuluh atau lebih poin dan sepuluh atau lebih rebound dalam satu pertandingan. Pengertian double-double adalah bahwa atlet tersebut berhasil secara signifikan dalam dua aspek permainan, mencerminkan keterampilan serbaguna dan kontribusi yang penting bagi timnya. Hal menariknya, pencapaian double-double sering kali menjadi indikator keunggulan atlet dalam mengendalikan permainan dan memberikan dampak positif pada hasil pertandingan.

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
Bola BasketPencapaian seorang pemain dalam mencatatkan dua digit atau lebih dalam dua kategori statistik yang berbeda, seperti poin dan rebound, dalam satu pertandingan.Pemain NBA mencatat double-double dengan mencetak 20 poin dan 15 rebound dalam satu pertandingan.
Bola VoliKetika seorang pemain mencatatkan sepuluh atau lebih angka dalam dua kategori statistik yang berbeda, seperti poin dan block, dalam satu pertandingan.Seorang pemain voli mencapai double-double dengan mencetak 15 poin dan 10 block dalam satu pertandingan.
Tenis MejaKetika seorang pemain berhasil mencetak dua digit atau lebih dalam dua kategori statistik, seperti poin dan smash, dalam satu pertandingan.Seorang pemain tenis meja mencatat double-double dengan mencetak 12 poin dan 10 smash dalam satu pertandingan.
BisnisMerujuk pada strategi pengembalian yang menghasilkan dua digit atau lebih dalam laba dan pertumbuhan bisnis dalam periode waktu tertentu.Perusahaan teknologi mencapai double-double dengan mencatatkan peningkatan laba sebesar 15% dan pertumbuhan pengguna sebesar 20% dalam satu tahun.
EkonomiPencapaian sebuah negara atau wilayah dalam mencatatkan pertumbuhan ekonomi dan penurunan tingkat pengangguran secara bersamaan dalam periode waktu tertentu.Negara tersebut mencapai double-double dengan mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 6% dan penurunan tingkat pengangguran sebesar 3% dalam setahun.
Game Sepak BolaKetika seorang pemain berhasil mencetak dua gol dan memberikan dua assist dalam satu pertandingan.Pemain sepak bola mencatat double-double dengan mencetak dua gol dan memberikan dua assist dalam satu pertandingan.
Keuangan PribadiMerujuk pada pencapaian individu dalam mencatatkan dua digit atau lebih dalam penghematan dan investasi dalam periode waktu tertentu.Seseorang mencapai double-double dengan berhasil menghemat 20% dari penghasilannya dan mencatatkan keuntungan investasi sebesar 15% dalam setahun.
Sains dan TeknologiKetika sebuah penelitian atau proyek menghasilkan dua pencapaian signifikan atau penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.Tim peneliti mencapai double-double dengan menemukan dua obat baru yang efektif dalam mengobati penyakit tertentu dalam satu tahun.

Istilah Terkait

Triple-double (Triple-double) : Pencapaian atlet dalam mencatatkan angka tiga digit atau lebih dalam tiga kategori statistik yang berbeda dalam satu pertandingan, sering kali ditemui dalam olahraga bola basket.

Hat-trick (Hat-trick) : Pencapaian seorang atlet atau pemain dalam mencetak tiga gol atau berhasil dalam tiga hal dalam satu pertandingan atau acara tertentu, khususnya dalam olahraga sepak bola atau hoki.

Quadruple-double (Quadruple-double) : Pencapaian atlet dalam mencatatkan angka empat digit atau lebih dalam empat kategori statistik yang berbeda dalam satu pertandingan, merupakan prestasi yang sangat langka dalam dunia olahraga.

Double-header (Double-header) : Dua pertandingan yang dijadwalkan atau dimainkan secara berturut-turut dalam satu hari oleh tim atau pemain yang sama, umumnya ditemukan dalam olahraga baseball atau softball.

Double fault (Double fault) : Kesalahan yang dilakukan oleh seorang pemain tenis saat dua kali berturut-turut gagal melakukan servis yang benar, mengakibatkan pemberian poin kepada lawan.

Double overtime (Double overtime) : Lanjutan pertandingan yang terjadi setelah periode perpanjangan waktu pertama berakhir imbang, biasanya ditemukan dalam olahraga bola basket atau hoki es.

Double play (Double play) : Tindakan dalam bisbol di mana dua pemain lawan berhasil dipaksa keluar dalam satu permainan oleh pemain bertahan, biasanya melalui kombinasi tangkapan dan lemparan untuk mencapai dua out.

Sumber Youtube

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata double-double, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai double-double secara menyeluruh.

Iklan Sponsor

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “double-double” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.